Der Klassiker: Duel Antarlini Bayern Munchen vs Borussia Dortmund

Asad Arifin | 5 Maret 2021 15:02
Bayern Munchen vs Borussia Dortmund. (c) bolanet

Bola.net - Bayern Munchen akan menjamu sang rivalnya Borussia Dortmund pada lanjutan Bundesliga pekan ke-22 musim 2020/21. Laga antara dua tim elite Jerman ini akan digelar di Stadion Allianz Arena, Minggu (7/3/2021) dini hari WIB.

Laga Bayern Munchen vs Borussia Dortmund ini bisa disaksikan secara live streaming di Mola TV.

Kedua tim memiliki catatan yang memuaskan dari tiga laga terakhir. Pasalnya, Die Roten dan Die Borussen berhasil menang secara berturut-turut. Bayern Munchen kini tengah memimpin puncak klasemen Bundesliga dengan raihan 52 poin.

Jelang laga Die Klassiker, sorotan mata akan tertuju pada striker kedua klub. Robert Lewandowski, pemain dengan pencetak gol terbanyak Bundesliga akan diandalkan Munchen untuk mendobrak jantung pertahanan Dortmund.

Sementara di kubu rival, Erling Haaland akan jadi masalah serius bagi Munchen. Sebab, penyerang andalan Dortmund hanya membutuhkan 3,52 poin per golnya dan mempunyai 57,9 persen dari peluangnya.

Berikut ulasan duel antarlini Bayern Munchen kontra Borussia Dortmund.

1 dari 5 halaman

Kiper

Pada laga ini, kedua tim dapat menurunkan kiper terbaik mereka. Tim tuan rumah tetap akan mengandalkan Manuel Neuer dalam menjaga gawang Bayern Munchen.

Neuer memiliki catatan yang tidak terlalu baik musim ini, ia hanya mampu clean sheet sebanyak lima kali dan sudah kebobolan 32 gol dari 23 laga pertandingannya di Bundesliga.

Di kubu rival, Dortmund akan mengandalkan kiper cadangan mereka yakni Marwin Hitz setelah kiper utama mereka mengalami cedera. Marwin Hitz punya catatan yang agak lebih baik. Ia hanya kebobolan sebanyak lima kali dan memiliki clean sheet sebanyak empat kali.

2 dari 5 halaman

Bek

Mats Hummels bakal berduet dengan Emre Can di jantung pertahanan. Setelah di tiga laga terakhirnya menang secara beruntun, pelatih Edin Terzic tetap akan mengandalkan kedua pemain tersebut di lini belakang.

Bayern Munchen memiliki sejumlah pemain bertahan kelas dunia. Di bek sayap ada Alphonso Davies dan Niklas Sule yang sangat cerdik dalam menyisir sisi lapangan.

Sementara itu, duet antara David Alaba dengan Jerome Boateng tak perlu diragukan lagi. Terbukti, tembok pertahanan Bayern Munchen cuma kebobolan dua kali saja dari dua laga terakhir.

3 dari 5 halaman

Tengah

Pada laga nanti, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund kemungkinan besar akan memakai formasi yang sama yaitu 4-2-3-1.

Die Roten akan tetap mengandalkan tiga gelandang mereka yakni Joshua Kimmich, Leon Goretzka, dan Thomas Muller. Pelatih Hansi Flick memang gemar memakai sistem dua gelandang tengah pada formasi Munchen.

Sedangkan Die Borussen, bakal mengandalkan tiga gelandang terbaik mereka yakni Mahmoud Dahoud dan Thomas Delaney di posisi gelandang bertahan. Lalu, Marco Reus sebagai gelandang serang.

4 dari 5 halaman

Depan

Munchen punya Robert Lewandowski. Meski usianya sudah menginjak 32 tahun, ketajamannya masih ditakuti oleh tim lawannya. Musim ini, ia mencatatkan 28 gol dari 22 penampilannya. Lewandowski bakal membutuhkan bantuan Serge Gnabry dan Kingsley Coman untuk laga ini.

Sebaliknya, Dortmund akan mempercayakan kekuatan Erling Haaland. Pemain berusia 20 tahun itu sudah mengoleksi 27 gol dengan 8 asis dari 27 pertandingan di semua kompetisi musim 2020/21.

Haaland akan dibantu oleh Jadon Sancho dan Giovanni Reyna yang bertugas mengacak-acak pertahanan Munchen dari sisi sayap. Sejauh ini, Sancho sudah mencatatkan 11 asis dari 21 penampilan dengan enam gol. Sedangkan, Reyna sudah menorehkan tiga gol dengan lima asis dari 22 penampilan di Bundesliga.

5 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Bayern Munchen: Neuer (c); Sule, Boateng, Alaba, Davies; Kimmich, Goretzka; Gnabry, Müller, Coman; Lewandowski

Absen: Costa, Nianzou, Nubel, Tolisso

Pelatih: Hansi Flick

Borussia Dortmund: Hitz; Morey, Can, Hummels, Schulz; Dahoud, Delaney; Sancho, Reus (c), Reyna; Haaland

Absen: Akanji, Schmelzer, Witsel

Pelatih: Edin Terzic

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR