Der Klassiker: Head to Head Pemain Kunci Bayern Munchen vs Borussia Dortmund

Asad Arifin | 5 Maret 2021 14:57
Bayern Munchen vs Borussia Dortmund. (c) bundesliga

Bola.net - Bayern Munchen akan menjamu Borussia Dortmund pada laga pekan ke-24 Bundesliga, Minggu (7/3/2021) dini hari WIB. Laga bertajuk Der Klassiker ini akan digelar di Allianz Arena.

Laga Bayern Munchen vs Borussia Dortmund ini bisa disaksikan secara live streaming di Mola TV.

Munchen harus meraih kemenangan jika ingin menjauhkan poin dari peringkat kedua klasemen Bundesliga. Sedangkan, Dortmund sedang memiliki motivasi lebih dan catatan baik untuk mengejar ketertinggalan poin dari Munchen sebagai pimpinan klasemen.

Laga klasik ini dipastikan jadi momen penting bagi para pemain untuk membuktikan siapa yang terbaik di masing-masing posisi. Erling Haaland telah menunjukkan kapasitasnya sebagai ujung tombak berbahaya bagi Dortmund. Sementara, juru gedor Munchen, Robert Lewandowski tak perlu diragukan lagi kapasitasnya.

Berikut head to head kunci antara Bayern Munchen vs Borussia Dortmund.

1 dari 5 halaman

Erling Haaland vs Robert Lewandowski

Robert Lewandowski telah diakui dunia sebagai salah satu striker terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Pemenang FIFA Best Mens’s Player Award 2020 itu, berkontribusi sangat besar untuk terciptanya gol bagi tim.

Lewandowski mencetak 28 gol hanya dari 22 laga dan melesat begitu jauh dalam daftar top skor Bundesliga musim ini.

Dari kubu rivalnya, Dortmund memiliki Erling Haaland di lini serang. Mencetak 17 gol dari 18 penampilan Bundesliga. Striker sensasional milik Die Borussen masuk dalam radar Munchen sebagai pemain yang paling berbahaya dalam laga nanti.

Pada lima pertandingan terakhirnya, Haaland mencetak delapan gol dan satu asis.

2 dari 5 halaman

Jadon Sancho vs Thomas Muller

Berbicara mengenai Jadon Sancho, ia memang dalam kondisi yang tidak begitu baik sebelum jeda musim dingin. Wonderkid asal Inggris itu, gagal mencetak gol dalam 13 pertandingan.

Akan tetapi, Sancho mampu memperbaiki performanya dengan mencetak enam gol dan enam asis dalam 10 pertandingan sejak pergantian tahun.

Dortmund tetap akan menjadikan Sancho andalan sebagai penyambung serangan bagi Haaland. Di kubu Bayern, ada nama Thomas Muller yang memiliki catatan lebih sukses dibanding Sancho. Muller telah menorehkan 10 gol dan 11 asis dari 21 pertandingan.

Dengan julukan Raumdeuter, Muller jadi salah satu pemain setelah Lewandowski yang memiliki keterlibatan gol langsung paling banyak di Munchen.

3 dari 5 halaman

Joshua Kimmich vs Thomas Delaney

Beberapa musim terakhir Joshua Kimmich menjelma jadi pemain kunci Munchen. Mempunyai mentalitas tinggi, Kimmich berkembang sangat pesat di posisi gelandang bertahan.

Mengoleksi dua gol dan 10 asis hanya dari 17 penampilan Bundesliga, Kimmich juga jadi salah satu pemain yang memiliki rata-rata 100 sentuhan bola di setiap laga.

Misi Kimmich pada Der Klassiker nanti adalah berduel lawan Thomas Delaney. Gelandang Dortmund itu, memiliki pengalaman yang sedikit lebih banyak ketimbang Kimmich. Delaney si ‘Monster Hole-Filler’ memiliki persentase 93 persen sukses berduel di darat.

Ia juga memiliki peran sebagai penyeimbang dalam tim. Maka itu, Kimmich wajib waspada dalam duelnya di lini tengah bersama Delaney.

4 dari 5 halaman

Alphonso Davies vs Raphael Guerreiro

Bukan rahasia umum bagi pecinta sepak bola jika skema penyerangan selalu dimulai dari dua bek sayap. Baik Alphonso Davies maupun Raphael Guerreiro, keduanya merupakan contoh bek sayap dengan teknik dan kecepatan yang di atas rata-rata.

Davies si ‘RoadRunner’ memiliki kecepatan fantastis di Bundesliga. Dengan statistik 35,95 km/22,3 mph. pemain asal Kanadia itu, mempunyai bakat luar biasa dengan teknik mengolah bola yang baik. Ia mampu bermanuver dengan cepat dari sisi sayap, membuat Davies selalu jadi andalan Munchen.

Die Borussen juga tak kalah menakutkan di sisi bek sayap. Nama Guerreiro pada bek sayap jadi senjata mematikan bagi skema penyerangan Dortmund musim ini.

Walaupun, Guerreiro tidak bisa mengimbangi Davies dalam adu kecepatan. Namun, interaksinya dengan Sancho wajib diwaspadai oleh Munchen.

5 dari 5 halaman

Manuel Neuer vs Marwin Hitz

Dalam sebuah laga, seorang penjaga gawang dapat menjelma sebagai penentu kemenangan. Stabilitas pada lini pertahanan selalu identik dengan kokohnya penjaga gawang. Manuel Neuer adalah salah satu sosok tembok paling kokoh di posisi kiper.

Kiper andalan Munchen ini, memiliki kemampuan luar biasa dalam menghentikan tembakan dari striker lawan. Perannya di Munchen sebagai sweeper-keeper membuat Neuer selalu bergerak dan mampu mendistribusikan bola dengan baik ke depan.

Dari sisi Dortmund, Marwin Hitz sebagai pelapis dari Roman Burki telah membuktikan penampilan terbaiknya. Menorehkan tiga clean sheets bertutrut-turut termasuk penampilan di Piala DFB-Pokal, Hitz memberikan sedikit ketenangan bagi Mats Hummels pada lini pertahan Dortmund.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR