Di Balik Hasil Buruk Dortmund, Inilah 4 Pemain yang Tampil di Bawah Performa Terbaik

Asad Arifin | 21 Januari 2021 13:45
Borussia Dortmund menang atas RB Leipzig pada pekan ke-15 Bundesliga 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Borussia Dortmund berada di urutan empat klasemen sementara Bundesliga musim 2020/2021. Dari 17 kali bermain Dortmund, hanya mampu mendapatkan sembilan kemenangan dan sudah enam kali mengalami kekalahan.

Dortmund yang dijagokan bakal menjadi pesaing utama Bayern Munchen justru tampil tidak konsisten. Dortmund bahkan harus memecat Lucien Favre dari posisi pelatih dan menunjuk Edin Terzic sebagai pengganti.

Pada lima pertandingan terakhir Dortmund hanya tercatat dua kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah. Kekalahan terbesar mereka musim ini pada tanggal 12 Desember 2020, kala menjamu VfB Stuttgart. Die Borussen dilibas telak 5-1 oleh VfB Stuttgart.

Hasil buruk yang didapat Dortmund pada musim ini tidak hanya salah pelatih. Beberapa pemain tidak tampil pada performa terbaiknya. Siapa saja mereka? Simak ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Jadon Sancho

Musim lalu Jadon Sancho mampu bermain cemerlang. Dia mengoleksi 17 gol dari 32 pertandingan yang dijalani. Permainan apiknya musim lalu dilirik klub besar Premier League, Manchester United.

Namun, di tengah kabar ketertarikan United performa Sancho justru menurun. Musim 2020/21 dirinya tampil 13 kali di Bundesliga dengan hanya mengoleksi dua gol.

Semenjak bergabung dengan Dortmund pada 31 Agustus 2017, Sancho menjelma jadi andalan bagi Die Borussen. Musim 2020/21 diakui bahwa dia menemui kesulitan dalam meningkatkan performa.

"Saya pikir setiap pemain memiliki fase di mana performa mereka sedikit menurun dan saya sedang mengalaminya,” ungkap Sancho, dilansir dari Goal International.

2 dari 4 halaman

2. Marco Reus

Pemain 31 tahun ini tidak menunjukkan performa yang diharapkan. Setelah diterpa badai cedera bahkan berbulan-bulan absen dari rumput hijau, Marco Reus kini sembuh tapi kesulitan menemukan performa terbaik

Dari semua 21 penampilan di semua kompetisi, Reus cuma mampu menghasilkan 4 gol dan 2 asis. Catatan tersebut dinilai yang terburuk semenjak Reus berkostum Die Borussen. Fans Dortmund kini menantikan aksi terbaik Reus agar timnya bisa kembali ke papan atas Bundesliga.

3 dari 4 halaman

3. Julian Brandt

Julian Brandt memiliki sedikit kesulitan pada awal musim ini. Ia keluar masuk starting line-up baik di Dortmund maupun di Jerman.

Pada musim 2019/20 statistik dari Julian Brandt sangat memukau. Ia membukukan tiga gol dengan menciptakan tembakan 0,9 per pertandingan. Mencetak tujuh asis dari 33 kali berlaga, serta akurasi umpan di tiap laga mencapai 84 persen. Brandt juga mencatatkan sukses dalam drible sebesar 72 persen.

Memasuki musim 2020/21 performa Julian Brandt menurun. Tercatat dari 16 laga sebagai gelandang serang, ia hanya mampu menghasilkan satu asis dan satu gol. Sejauh ini Brandt hanya mampu melakukan sukses drible diangka 55 persen, jauh dibandingkan tahun lalu.

4 dari 4 halaman

4. Mats Hummels

Dortmund sudah kebobolan 22 gol hanya dari 17 laga. Jadi, peran Mats Hummels bisa dikatakan tidak sebagus musim lalu. Penurunan perfoma Mats Hummel terlihat jelas dari jumlah kebobolan klubnya musim ini. Ia tidak mampu jadi benteng pertahanan yang kuat untuk Dortmund.

Kekalahan dari Leverkusen pada 20 Januari 2021, jadi bukti Mats Hummel tidak menunjukkan permainan terbaik.

Setelah bermain baik melawan Wolfsburg, Mats Hummel justru dalam kondisi inkonsisten melawan Leverkusen. Tercatat ia tidak mampu melakukan blok tembakan sama sekali. Ia juga melakukan kesalahan sebanyak dua kali sepanjang pertandingan.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR