Duel Antarlini Stuttgart vs Borussia Dortmund: Siapa yang Lebih Diunggulkan?

Asad Arifin | 9 April 2021 14:34
Borussia Dortmund menang atas RB Leipzig pada pekan ke-15 Bundesliga 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Stuttgart akan bertemu dengan tim kuat Borussia Dortmund pada pekan ke-28 Bundesliga 2020/21. Duel ini bakal berlangsung di Stadion Mercedes-Benz Arena, Sabtu (10/4/2021) pukul 23.30 WIB.

Die Borussen akan bertandang ke markas Die Schwaben. Melihat posisi Dortmund yang kini berada di peringkat lima klasemen dan masih berjuang untuk memperebutkan tiket Liga Champions musim depan, laga ini pasti tak akan berjalan mudah bagi Dortmund.

Pasalnya, Dortmund kalah 2-1 dari Manchester City di leg pertama perempat final Liga Champions 2020/21 pada laga terakhirnya. Sedangkan Stuttgart siap tampil dengan percaya diri pada laga nanti, setelah di laga terakhirnya menang 1-0 dari Werder Bremen.

Lantas seperti apa duel antarlini yang akan terjadi pada dini hari nanti? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Kiper

Untuk posisi kiper, tuan rumah Stuttgart akan mempercayakan keahlian seorang Gregor Kobel. Peran Kobel dibawah mistar gawang sangatlah apik. Dari dua laga terakhirnya, ia tak pernah kebobolan.

Musim ini, ia berhasil mencatat lima clean sheet dari 27 laga pertandingan dan sudah kebobolan 41 gol di Bundesliga. Berkat penampilannya yang mengesankan, membuat pelatih Pellegrino Matarazzo akan mengandalkan Kobel pada laga nanti di posisi kiper.

Sedangkan dari kubu Dortmund, akan tetap mengandalkan kiper pelapis mereka yakni Marwin Hitz. Performa kiper berusia 33 tahun itu sangat baik musim ini. Sejauh ini, ia sudah menorehkan lima clean sheet dari 11 laga di Bundesliga dan sudah kebobolan 13 gol.

2 dari 5 halaman

Bek

Die Schwaben akan memakai sistem tiga bek dan bakal menurunkan bek terbaik mereka. Mereka adalah Konstantinos Mavropanos, Waldemar Anton, dan Marc-Oliver Kempf. Ketiga pemain tersebut akan menjadi tembok yang kokoh guna menghalau serangan dari penyerang Dortmund.

Sementara itu, Dortmund akan memakai sistem empat bek. Keempat bek itu akan dihuni oleh Emre Can di posisi bek kanan, Raphael Guerreiro di posisi bek kiri, dan duet Mats Hummels dengan Manuel Akanji di posisi bek tengah.

Kualitas pertahanan Die Borussen sulit dipandang remeh, pasalnya kerja sama dari keempat pemain tersebut sudah cukup baik.

3 dari 5 halaman

Tengah

Untuk lini tengah, Stuttgart akan mengandalkan Wataru Endo dan sang kapten Gonzalo Castro sebagai dua gelandang tengah yang berkualitas. Kedua gelandang tersebut akan ditemani oleh dua wing back mereka yakni Borna Sosa dan Tanguy Coulibaly.

Sedangkan Dortmund, akan tetap mempercayakan tiga gelandang terbaik mereka yakni Jude Bellingham, Thomas Delaney, dan Mahmoud Dahoud. Ketiga pemain tersebut sangat baik dalam hal bertahan maupun menyerang seperti menciptakan gol, asis, hingga sejumlah peluang.

Musim ini, Dahoud sudah memainkan 14 laga pertandingan dan berhasil mencetak satu gol di Bundesliga. Sedangkan Bellingham telah mencatat tiga asis dari 23 penampilannya di Bundesliga. Sementara itu, Delaney sudah bermain sebanyak 15 laga di Bundesliga.

4 dari 5 halaman

Depan

Di lini depan, Stuttgart diyakini bakal kembali mengandalkan sosok Sasa Kalajdzic. Sejauh ini, ia sudah menorehkan 13 gol dengan empat asis dari 26 laga penampilannya di Bundesliga.

Pemain berusia 23 tahun itu akan ditemani oleh gelandang serang mereka yakni Philipp Forster dan Mateo Klimowicz. Kedua pemain tersebut punya kemampuan dalam umpan-umpan panjang yang dapat memanjakan rekan setimnya dan sangat cerdik dalam menggiring bola.

Sedangkan Dortmund akan memainkan dua penyerang sayap yang cerdik yakni Marco Reus dan Thorgan Hazard dalam mendobrak pertahanan Stuttgart dari sisi lapangan. Sementara ujung tombak akan dihuni oleh Erling Haaland, sejauh ini ia sudah berhasil 33 gol di semua kompetisi.

5 dari 5 halaman

Perkiraan susunan pemain

VfB Stuttgart: Kobel; Mavropanos, Anton, Kempf; Coulibaly, Endo, Castro (c), Sosa; Forster, Klimowicz; Kalajdzic

Absen: Gonzalez, Mangala, Silas

Pelatih: Pellegrino Matarazzo

Borussia Dortmund: Hitz; Can, Akanji, Hummels, Guerreiro; Bellingham, Delaney, Dahoud; Reus (c), Haaland, Hazard

Absen: Moukoko, Sancho, Schmelzer, Witsel, Zagadou

Pelatih: Edin Terzic

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR