FC Koln & SC Paderborn: Selamat Datang Kembali di Bundesliga!

Afdhol | 31 Mei 2019 11:24
Selebrasi FC Koln usai juarai Bundesliga 2. (c) DFL/Witters/ Thorsten Wagner

Bola.net - Di kasta kedua Bundesliga, drama menegangkan juga terjadi dalam perebutan tempat promosi. FC Koln dan SC Paderborn jadi dua tim yang memastikan untuk kembali ke kasta tertinggi liga Jerman musim 2019/20. Satu lagi klub yang mungkin akan promosi ke Bundesliga adalah Union Berlin. Mereka sedang berjuang melawan VfB Stuttgart agar bisa bermain di Bundesliga untuk yang pertama kalinya dalam sejarah klub.

Kepercayaan Diri The Billy Goats Musim 2017/18 jadi musim yang tak begitu mengesankan namun juga tak asing bagi FC Koln, mereka terlempar lagi dari Bundesliga untuk yang ke lima kalinya dalam kurun waktu 20 tahun.

Wajar bila publik menyematkan julukan tim yo-yo pada mereka. Namun ini juga membuktikan bahwa mereka adalah tim yang selalu bisa bangkit lagi dari keterpurukan. Dan semangat untuk bangkit itu datang dari 50.000 fans setia Effzeh yang senantiasa memberikan dukungan baik di kala bermain di RheinEnergieStadion mau pun bertandang di kandang lawan.

Seperti yang tercantum dalam lirik himne mereka yang berjudul ‘Mer stonn zo dir, FC Kölle’: 'durch dick und durch dünn' yang kurang lebih memiliki arti 'saat suka maupun duka'. Jadi, tidak ada yang perlu mereka takutkan lagi karena mereka tahu para fans akan selalu mendukung mereka apa pun yang terjadi.

Kepercayaan diri itulah yang menjaga konsistensi performa FC Koln. Singkatnya, mereka bahkan tak pernah berada lebih rendah dari posisi keempat di klasemen. Pekan ke-22 jadi pekan terakhir mereka bercokol di posisi kedua, setelah itu, mereka kokoh di puncak hingga akhirnya memastikan satu tiket kembali ke Bundesliga setelah mengalahkan Greuther Furth 0-4 di pekan ke-32.

Duet maut striker mereka, Simon Terodde dan Jhon Cordoba, juga berperan vital dengan total raihan 49 gol. Selain itu, musim ini juga jadi momen kembalinya sang striker favorit FC Koln, Anthony Modeste. Ia adalah striker andalan Effzeh yang pernah berjasa membawa mereka lolos ke Liga Europa pada musim 2016/17. Sebuah suntikan kepercayaan diri yang lain bagi The Billy Goats.

Momentum Sempurna SC Paderborn

Kisah nyata kadang terdengar seperti dongeng yang sulit dipercaya namun apa yang terjadi pada SC Paderborn di liga Jerman memang benar-benar terjadi. Enam musim terakhir menjadi perjalanan rollercoaster bagi klub yang dibentuk pada tahun 1907 ini. Kisah diawali dengan bahagia pada musim 2013/14 saat mereka berhasil promosi ke Bundesliga untuk pertama kalinya.

Kebahagiaan yang kemudian menjadi keterpurukan yang bertubi-tubi. Di musim berikutnya mereka kembali terlempar ke kasta kedua dan malapetaka pun tak berhenti sampai di situ. Musim demi musim mereka selalu terbenam ke kasta yang lebih bawah. Bahkan mereka hampir terlempar ke divisi empat pada musim 2016/17 saat finis di posisi ke-18 di Liga 3. Pergantian pelatih menjadi titik balik SC Paderborn. Steffen Baumgart mengambil alih kendali dan sejak saat itu SC Paderborn melejit bak roket, bangkit dari keterpurukan. Di musim 2017/18, mereka secara mengejutkan berhasil promosi ke 2. Bundesliga. Di musim 2018/19, mereka kembali melejit dan berhasil kembali ke kasta teratas Bundesliga untuk yang kedua kalinya. Gelandang serang, Philipp Klement, jadi pemain kunci dengan raihan 16 gol dan sembilan assist dalam 31 penampilan.

Semoga di musim depan nanti mereka mampu menjaga konsistensi dan mengakhiri perjalanan rollercoaster ini.

Asa di Ibu Kota

Satu lagi klub yang mungkin akan promosi ke Bundesliga adalah Union Berlin. Klub ibu kota ini mengantongi modal yang meyakinkan untuk bisa mewujudkan mimpi mereka bermain di Bundesliga untuk yang pertama kalinya setelah pada pertemuan pertama play-off berhasil mencetak dua gol tandang dan menahan sang tuan rumah, VfB Stuttgart. Pastinya para fans makin percaya diri untuk menggantungkan asa di langit ibu kota. Mampukah mereka mewujudkannya?.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR