Gio Reyna, Christian Pulisic Baru Milik Borussia Dortmund

Asad Arifin | 21 Januari 2020 12:32
Pemain muda Dortmund, Gio Reyna, bersama Erling Haaland (c) Borussia Dortmund

Bola.net - Erling Haaland menjadi sorotan utama akhir pekan lalu, saat Dortmund menang dengan skor 3-5 atas Augsburg. Namun, ada pula sosok Gio Reyna yang mendapat debut bersama tim utama Dortmund.

Gio Reyna memulai laga dari bangku cadangan pada duel melawan Augsburg, 18 Januari 2020 di WWK Arena. Dia baru dimainkan pada menit ke-72. Pelatih Lucien Favre menarik Thorgan Hazard untuk menggantikan Gio Reyna.

Gio Reyna menjalani debutnya pada usia 17 tahun. Dia pun memecahkan rekor. Gio Reyna menjadi pemain asal Amerika Serikat yang paling muda menjalani debutnya di Bundesliga. Dia mengalahkan catatan Christian Pulisic.

Lantaran sama-sama berasal dari Amerika Serikat, nama Gio Reyna pun dibandingkan dengan Pulisic. Apalagi, kedua pemain bermain di posisi yang sama, gelandang serang atau winger. Keduanya juga dianggap punya potensi sama besarnya.

1 dari 1 halaman

Gio Reyna Menapaki Jejak Christian Pulisic

Gio Reyna bergabung dengan Dortmund pada 2018 lalu, saat usianya masih 16 tahun. Sebelumnya, Gio Reyna bermain untuk klub New York City. Gio Reyna tampil cukup bagus untuk New York City dengan menetak enam gol dari 10 laga.

Gio Reyna sempat bermain di tim Dortmund U-19 pada awal musim 2019/2020 ini. Pemain yang lahir pada 13 November 2002 tersebut mencetak empat gol dan tujuh assist dari 11 laga di Dortmund U-19. Catatan apik ini yang kemudian mengantarnya masuk ke tim utama pada putaran kedua Bundesliga.

"Gio Reyna punya talenta yang fantastis," kata asisten pelatih Dortmund, Jorg Heinrich dikutip dari Goal International.

"Dia memiliki banyak potensi dengan banyak kepercayaan diri. Saya pikir bakatnya mirip dengan Christian Pulisic, atau mungkin sedikit lebih baik. Tetapi kami ingin membuatnya tetap membumi karena kami telah melihat apa yang terjadi pada banyak pemain muda," sambungnya.

Pulisic sudah pindah ke Chelsea. Dia dilepas dengan harga yang sangat mahal, 64 juta euro. Belum satu musim pasca kepindahan Pulisci, kini Dortmund sudah punya penggantinya yakni Gio Reyna.

"Gio Reyna punya bakat yang sangat besar. Saya pikir dia akan melakukan banyak hal untuk sepak bola Amerika dalam lima atau 10 tahun ke depan,” kata CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke kepada The Athletic.

"Seperti Christian Pulisic, dia punya waktu untuk berkembang. Dia butuh waktu, tetapi dia memiliki semua yang harus dimiliki seorang pemain besar," kata Watzke.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR