Inilah 5 Pelatih Debutan di Bundesliga 2019/2020

Serafin Unus Pasi | 22 Agustus 2019 21:50
Derbystar Matchball 19/20 (c) DFL

Bola.net - Setelah absen sekitar dua bulan, kompetisi tertinggi di Jerman, Bundesliga kembali digelar. Sebanyak 18 klub mencoba untuk menunjukkan kebolehan mereka di level tertinggi.

Sama seperti musim-musim sebelumnya, para klub kontestan Bundesliga melakukan sejumlah perubahan dalam tim mereka. Mereka merekrut beberapa pemain baru untuk meningkatkan kekuatan mereka.

Tidak hanya merekrut pemain baru, beberapa klub juga merekrut pelatih baru di musim panas ini. Mereka berharap dengan kehadiran nahkoda baru, mereka bisa melewati musim 2019/2020.

Untuk musim panas ini, ada lima pelatih yang untuk kali pertama akan menjajal kerasnya kompetisi di Bundesliga. Mereka akan mengadu taktik mereka dengan pelatih-pelatih dengan jam terbang tinggi di Jerman.

Siapa sajakah juru taktik terseut? Simak informasinya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Pemimpin Baru Pasukan Serigala

Oliver Glasner menandatangani kontrak tiga tahun dengan VfL Wolfsburg untuk menggantikan Bruno Labbadia di musim 2019/20. Bagaimanakah kiprah Glasner sebelum menjadi pelatih Wolfsburg?

Glasner memulai karir sepakbolanya sebagai bek tengah di SV Ried sebelum pindah ke LASK Linz; dua klub yang berkompetisi di Bundesliga Austria. Ia tampil sebanyak 519 kali dengan mencetak 27 gol untuk kedua klub tersebut sebelum pensiun di 2004.

Glasner memulai karir kepelatihannya sebagai staf di Red Bull Salzburg. Juli 2012, ia diangkat menjadi asisten Roger Schmidt untuk tim utama. Setelah meraih kesuksesan di Salzburg yang finish urutan kedua di akhir musim 2013/14, ia direkrut sebagai pelatih utama oleh mantan klubnya semasa bermain, SV Ried, selama satu musim sebelum akhirnya pindah ke Linz pada tahun 2015 dan memandu klub tersebut kembali ke level tertinggi. Wolfsburg menjadi tim pertama yang ia latih di luar tanah kelahirannya, Austria.

2 dari 5 halaman

Orang Kepercayaan Ibu Kota

Hertha Berlin resmi menunjuk pelatih tim cadangan mereka, Ante Covic, sebagai pelatih utama menggantikan posisi Pal Dardai di Olympiastadion. Covic adalah mantan pemain Hertha yang pernah menghabiskan waktu selama 11 musim bersama klub. Setelah pensiun, ia menjadi pelatih U-15 Hertha dan telah melatih tim cadangan Die Alte Dame sejak 2013.

"Kami kembali memilih bagian dari (sejarah) kami sebagai pelatih. Ante adalah perwujudan dari semangat Hertha dan kami yakin ia akan memberikan seluruhnya kepada tim," sebut direktur olahraga, Michael Preetz.

"Kami katakan dari awal bahwa kami menginginkan pelatih dengan DNA Hertha, Ante Covic memahami itu lebih baik dari kandidat lain. Ia tahu pemain muda kita dan telah membentuk, dan mempersiapkan mereka ke jenjang profesional” tambahnya.

Sebagai pemain Covic pernah tampil bersama VfB Stuttgart, Nuremberg, VfL Bochum dan Saarbrücken. Seperti bos Bayern München saat ini - Niko Kovac, Covic lahir di Berlin dari orang tua Kroasia dan telah bermain untuk klub kota kelahirannya.

3 dari 5 halaman

Kunci Sukses di Balik Layar

Ajax Amsterdam mengejutkan dunia sepakbola ketika menghempaskan juara bertahan Liga Champions UEFA, Real Madrid. Sang pelatih, Erik ten Hag, banyak menerima sanjungan begitu pula tim muda mereka. Namun yang berperan sama pentingnya adalah sang asisten pelatih, Alfred Schreuder - mantan asisten Julian Nagelsmann di Hoffenheim yang musim ini kembali sebagai penerusnya.

Alfred mengetahui struktur tim secara keseluruhan, dengan keahliannya dalam hal strategi dan komunikasi, ia juga berkontribusi besar bagi kesuksesan Hoffenheim dalam beberapa tahun terakhir. Bagi Schreuder, mantan pemain tengah yang menghabiskan karir bermainnya di Belanda, ini hanyalah kali keduanya ia berada di pos pelatih. Sebelumnya ia pernah menghabiskan satu musim sebagai pelatih utama di FC Twente.

4 dari 5 halaman

Anak Emas Salzburg

Bos baru Borussia Mönchengladbach, Marco Rose, membawa prestasi berkilaunya dari Austria sebagai bekal mengarungi ketatnya persaingan di Bundesliga.

Gelar juara UEFA Youth League-nya bersama RB Salzburg diteruskan dengan kiprah impresif dalam membawa tim seniornya mencapai semi-final UEFA Europa League. Sebagai pemain, Rose pernah satu tim bersama pelatih Liverpool saat ini, Jürgen Klopp. Rose termasuk orang kepercayaan Klopp di FSV Mainz 05.

5 dari 5 halaman

Tugas Berat Mengembalikan Wibawa Si Biru Royal

Musim lalu bukanlah musim yang indah bagi FC Schalke 04. Gagal lolos ke kompetisi antarklub Eropa dan hampir terlempar ke divisi dua. David Wagner pun didatangkan untuk mengembalikan The Royal Blues ke papan atas Bundesliga.

Bagaimana perubahan Wagner dari menjadi pelatih tim muda Borussia Dortmund hingga menyeberangi lembah Ruhr untuk mengambil alih kemudi pelatih Schalke? Sebagai pemain, Wagner pernah menjadi bagian dari tim juara Schalke saat meraih trofi Piala UEFA di tahun 1997.

Karir kepelatihannya dimulai pada tahun 2007 kala menukangi tim junior Hoffenheim. Wagner menyeberang ke Inggris setelah 5 musim menjabat sebagai pelatih tim muda Dortmund. Di Inggris, ia berhasil membawa Huddersfield Town promosi ke Liga Primer.

"Dia adalah pelatih dengan pendekatan proaktif, timnya mengambil inisiatif, bekerja keras dan bermain dengan tempo. Dia juga memiliki kepribadian untuk membangun tim dan meningkatkan kualitas pemain dengan karakter individual." Ujar Jochen Schneider, Direktur Olahraga Schalke.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Most Viewed

{HITS_MAIN}