Jual Mahal Erling Haaland, Dortmund 'Hedon' Boyong 8 Pemain Baru

Abdi Rafi Akmal | 10 Agustus 2022 07:00
Niklas Sule (c) AFP

Bola.net - Borussia Dortmund melakukan aktivitas transfer yang tidak biasa pada musim panas ini. Semenjak menjual Erling Haaland, Dortmund terbilang 'hedon' dengan mendatangkan banyak pemain.

Dortmund mengeluarkan biaya sampai 91 juta Euro di musim panas ini. Biaya sebesar itu untuk mendatangkan delapan pemain baru. Beberapa ada yang gratis, tetapi ada juga yang cukup mahal.

Cap 'hedon' ini pun dilekatkan lantaran Dortmund tidak pernah keluar duit sebanyak ini dalam tiga musim terakhir. Musim lalu hanya mengeluarkan 45 juta Euro, musim sebelumnya lagi tidak beda jauh, yaitu 50 juta Euro.

Kebebasan Dortmund belanja dengan duit sebanyak itu tidak lepas dari penjualan Haaland ke Manchester City. Penjualannya sendiri mencapai 60 juta Euro alias sudah membiayai lebih dari setengah jumlah dana yang dikeluarkan Dortmund pada aktivitas belanja musim panas.

Siapa saja pemain yang sudah berhasil didatangkan? Simak ulasan lengkapnya di bawah, yuk, Bolaneters!

1 dari 8 halaman

Sebastien Haller

Pemain baru Borussia Dortmund, Sebastien Haller. (c) Borussia Dortmund Official

Haller jadi pemain termahal yang didatangkan oleh Dortmund di musim panas. Harganya mencapai 31 juta Euro.

Harga tersebut memang termasuk wajar mengingat penampilannya yang terlampau impresif bersama Ajax Amsterdam selama satu setengah musim.

Bersama raksasa Eredivisie tersebut, Haller memainkan total 66 penampilan di seluruh ajang dan mencetak 47 gol. Ia juga telah mengoleksi tiga trofi, masing-masing dua gelar liga dan satu gelar Piala Belanda.

2 dari 8 halaman

Karim Adeyemi

Karim Adeyemi bergabung dengan Borussia Dortmund (c) BVB

Jika Haller adalah pemain gaek di posisi penyerang tengah, maka Adeyemi adalah pemain potensial. Umurnya masih 20 tahun saat diangkut dari RB Salzburg.

Meski begitu Dortmund sampai rela merogoh sampai 30 juta Euro untuk pemain yang sudah mengecap empat penampilan bersama timnas Jerman.

3 dari 8 halaman

Nico Schlotterbeck

Aksi Nico Schlotterbeck (kanan) dalam duel Hungaria vs Jerman di UEFA Nations League, Minggu (12/6/2022) dinia hari WIB. (c) AP Photo

Dortmund memboyong satu lagi pemain dengan banderol 30 juta Euro. Ia adalah Schlotterbeck, eks pemain SC Freiburg.

Pemain berusia 22 tahun sudah menunjukkan potensinya sejak masih muda. Sebab, di umurnya itu, ia sudah mencatatkan 66 penampilan di Bundesliga.

4 dari 8 halaman

Salih Ozcan

Dortmund mendatangkan Ozcan dengan harga yang lumayan murah, yaitu 5 juta Euro dari FC Koln. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini telah membantu para Koln menjuarai 2. Bundesliga pada musim 2018/19.

Selain itu, Ozcan juga aktif di timnas kelompok umur Jerman. Ia bahkan jadi bagian ketika timnas Jerman U-21 memenangi Piala Eropa U-21.

5 dari 8 halaman

Anthony Modeste

Pemain baru Borussia Dortmund, Anthony Modeste. (c) Borussia Dortmund Official

Selanjutnya ada Modeste, pemain berusia 34 tahun ini didatangkan khusus untuk menggantikan peran Haller yang dalam pemulihan kanker testis tidak lama setelah diresmikan jadi pemain Dortmund. Modeste datang dengan banderol 5 juta Euro.

Pengalaman adalah hal yang paling menonjol dari Modeste. Dia sudah pernah bermain di liga Prancis, Inggris, bahkan Cina. Total delapan klub yang sudah dibelanya sebelum berseragam Dortmund.

6 dari 8 halaman

Niklas Sule

Niklas Sule. (c) DF/Getty Images/Alexander Scheuber

Salah satu transfer mengejutkan Dortmund adalah berhasil mendatangkan Sule dari rival bebuyutan Bayern Munchen. Harganya gratis pula.

Pengalaman dan mentalitas juara Sule akan sangat penting bagi Dortmund. Selama lima tahun membela raksasa Bavarian, ada 14 trofi tim yang sudah dikoleksinya.

7 dari 8 halaman

Marcel Lotka

Sektor kiper tidak ketinggalan dicari wajah baru oleh Dortmund. Terpilihlah Lotka. Kiper berusia 21 tahun ini didatangkan secara gratis.

Lotka sudah mendapatkan debutnya di Liga Jerman bersama Hertha Berlin. Ia tampil sepuluh kali dari 11 pertandingan terakhir Herta di Liga Jerman musim lalu.

8 dari 8 halaman

Alexander Meyer

Sama-sama berposisi sebagai kiper, tetapi umurnya sudah 31 tahun. Sang kiper lebih banyak menghabiskan kariernya di 2. Bundesliga bersama SSV Jahn Regensburg, TSV Havelse dan FC Energi Cottbus.

Yang menarik adalah, Meyer belum pernah sekalipun menjalani debutnya di Bundesliga. dengan bergabungnya bersama Dortmund, bukan tidak mungkin ia akhirnya bisa mendapatkan debutnya di divisi teratas Liga Jerman.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR