Kaleidoskop Bundesliga 2020: Tahun Sempurna Bayern Munchen

Asad Arifin | 30 Desember 2020 20:56
Bayern Munchen menang 3-2 atas Borussia Dortmund, Minggu (8/11/2020) malam WIB. (c) Bundesliga

Bola.net - Lembaran terakhir di kalender 2020 berada di depan mata. 2021 sudah siap menyambut dengan segala tantangan dan harapan bagi dunia sepak bola.

Di Bundesliga, 2021 bakal menjadi momen penting. Bukan hanya di level domestik, kiprah klub-klub Bundesliga di Eropa juga sangat dinantikan.

Bundeliga punya empat wakil di babak 16 Besar Liga Champions: Gladbach, RB Leipzig, Dortmund, dan sang juara bertahan Bayern Munchen. Lalu, ada Hoffenheim dan Bayer Leverkusen yang tampil di Liga Europa.

Persaingan di level domestik pun cukup seru. Wolfsburg dan Bayer Leverkusen menggebrak di papan atas. Lalu, ada Stuttgart dan Union Berlin yang tampil luar biasa walau berstatus klub promosi.

Well, sebelum menikmati sajian dari tim-tim Bundesliga pada 2021, yuk kita ingat kembali momen penting di Bundesliga selama 2020. Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Cerita Indah Die Roten

Bayern Munchen akan mencatat 2020 sebagi salah satu tahun terbaik dalam sejarah klub. Sebab, Die Roten menyapu bersih semua gelar yang bisa diraih.

Bayern melanjutkan tradisi juara di Bundesliga. Die Roten juga mengalahkan Bayer Leverkusen di final DFB Pokal. Lalu, mereka juga menjadi juara Liga Champions usai menang atas PSG di final.

Setelah itu, Bayern Munchen juga merebut gelar Piala Super Eropa dan DFL Super Cup.

Bayern Munchen hanya sekali kalah di laga kompetitif pada 2020. Hasil buruk itu didapat saat mereka kalah dari Hoffenheim pada duel pekan ke-2 Bundesliga musim 2020/2021.

Hanya saja, lima gelar juara dan performa luar biasa Bayern tak cukup untuk mengantar Hansi Flick menjadi Pelatih Terbaik versi FIFA. Flick kalah bersaing dengan Jurgen Klopp yang membawa Liverpool juara Premier League.

2 dari 6 halaman

Berdamai dengan Pandemi

Seperti kompetisi di negera Eropa lainnya, Bundesliga juga sempat ditangguhkan pada Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Namun, Bundesliga kemudian mampu bangkit dan berdamai dengan situasi.

Bundesliga menjadi liga top Eropa pertama yang digelar di tengah pandemi. Laga derbi antara Borussia Dortmund melawan Schalke menjadi momen 'restart' Bundesliga. Dormund menang 4-0 di Signal Induna Park.

Satu momen ikonik terjadi pada duel itu. Saat Erling Haaland mencetak gol pada menit ke-29, dia melakukan selebrasi dengan berjoget tapi tidak bersentuhan dengan rekannya.

3 dari 6 halaman

Tahunnya LewanGOALski

2020 menjadi tahun yang indah bagi bomber Bayern Munchen, Robert Lewandowski. Bukan hanya sukses di level klub, pemain 31 tahun juga panen gelar secara individu.

Lewandowski mungkin kecewa karena gagal mendapat gelar Ballon d'Or, yang tahun ini tidak digelar. Namun, dia punya banyak gelar bergengsi lainnya.

Lewandowski menjadi The Best FIFA Men's Player 2020. Selain itu, dia juga menjadi pemain terbaik dunia versi Globo Soccer Award, Tuttosport Golden Player, FourFourTtwo Player of the Year, hingga The Guardian Best Footballer in The Wolrd.

Pada musim 2020/2021, Lewandowski telah mencetak 17 gol dari 13 laga di Bundesliga.

4 dari 6 halaman

Erling Haaland dan Kai Havertz

Selain Robert Lewandowski, nama Erling Haaland juga memberi warna tersendiri bagi Bundesliga pada 2020 ini. Dia bergabung dengan Dortmund pada awal tahun dan langsung memberi impresi yang bagus.

Haaland mencetak hattrick pada laga debutnya bersama Dortmund. Sepanjang 2020, Haaland telah mencetak 23 gol hanya dari 18 laga di Bundesliga. Haaland juga tampil bagus di Liga Champions dengan delapan golnya.

Sementara itu, Bundesliga harus merelakan Kai Havertz pergi pada 2020 ini. Bayer Leverkusen melepas Kai Havertz ke Chelsea dengan harga 80 juta euro. Kai Havertz menjadi transfer paling mahal di sejarah Leverkusen.

Selain Kai Havertz, Bundesliga juga harus merelakan Timo Werner pergi. Seperti Kai Havertz, eks bomber RB Leipzig itu juga pindah ke Chelsea.

5 dari 6 halaman

RB Leipzig Melanjutkan Sesansi

RB Leipzig dua musim beruntun meraih posisi runner-up di klasemen akhir Bundesliga. Namun, 2020 menjadi catatan istimewa bagi Die Roten Bullen.

Bukan hanya di Bundesliga, RB Leipzig juga tampil memikat di Liga Champions. Pasukan Julian Nagelsman menembus babak semifinal Liga Champions 2019/2020 lalu.

Musim ini, RB Leipzig juga lolos dari fase grup dengan menyisihkan Manchester United di fase grup.

RB Leipzig berkembang menjadi tim yang matang pada musim 2020/2021 ini. Walau kehilangan Timo Werner, RB Leipzig tetap solid dengan hadirnya Justin Kluivert, Alexandar Sorloth, dan Hwan Hee-chan.

6 dari 6 halaman

Kuncup yang Mekar

2020 menjadi tahun yang bagus bagi sejumlah pemain muda di Bundesliga. Ibarat bunga, ada banyak kuncup yang siap mekar usai ditempa sepanjang 2020.

Dortmund punya Gio Reyna dan Youssoufa Moukouko yang siap menggantikan nama Jadon Sancho andai memilih pindah. Moukouko menjadi fenomena tersendiri karena menjadi pemain paling muda yang menjalani debut di Bundesliga.

Florian Wirtz menjadi pemain kunci di Bayer Leverkusen pada usia 17 tahun. Saat Lard dan Sven Bender pensiun akhir musim nanti, Leverkusen sudah punya ikon baru pada diri Florian Wirtz.

Bayern Munchen, di tengah gempuran pemain bintang, juga melahirkan pemain muda. Nama Jamal Musiala kini menjadi sorotan. Pada usia 17 tahun, dia telah mencetak tiga gol di Bundesliga.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR