Kevin Volland, Bukti Bahwa Penyerang Lokal Masih Berjaya di Bundesliga

Serafin Unus Pasi | 13 Desember 2019 22:35
Kevin Volland (c) DFL

Bola.net - Sepanjang sejarah, Jerman dikenal sebagai penghasil striker-striker haus gol. Sejak era Gerd Muller hingga Timo Werner, setiap tahun selalu bermunculan striker-striker yang mewarnai persaingan di Bundesliga.

Seiring perkembangan jaman, Bundesliga mulai didatangi banyak pemain top dari seluruh dunia. Penyerang-penyerang ganas bergabung di Liga ini untuk membuktikan ketajaman mereka, sehingga ada persaingan ketat untuk meraih gelar top skor Bundesliga.

Beberapa tahun terakhir, tidak banyak striker asli Jerman yang mampu bersaing ketat untuk gelar top skor Bundesliga. Namun sejak musim lalu, nama Kevin Volland menjadi local hero di Bundesliga.

Di tahun keempatnya bersama Bayer Leverkusen, striker 27 tahun ini bisa dikatakan tampil sangat impresif. Ia membuktikan bahwa talenta lokal tidak kalah dengan penyerang-penyrang top di Bundesliga.

1 dari 2 halaman

Terbaik, Terbaik

Dengan 12 gol dan sembilan assist sejauh ini di tahun kalender, pemain berusia 27 tahun itu telah menahbiskan dirinya sebagai Penyerang Terbaik Jerman 2019.

Ia mungkin hanya dikenal sebagai titik fokus dari serangan Leverkusen, tetapi di luar perspektif tersebut Volland menawarkan kepada timnya peranan yang jauh lebih banyak daripada hanya sekedar menuntun si kulit bundar untuk menemukan jalannya ke bagian belakang gawang lawan.

Tingkat etos kerja yang luar biasa memberikan arti bahwa pemain kelahiran Marktoberdorf, Jerman itu biasanya adalah pemain pertama yang memberikan tekanan ke lawan ketika mereka menguasai bola, sementara sifat tidak mementingkan diri sendiri berarti ia membantu proses terciptanya gol untuk pemain seperti Kai Havertz, Leon Bailey dan Lucas Alario, sesering Volland mendapat manfaat dari assist mereka.

Perjalanan karier sebagai finisher mematikan hingga pada levelnya sekarang sungguh jauhlah dari kata mulus, setelah memulai semuanya di 2.Bundesliga bersama 1860 Munich dan kemudian mendapatkan kesempatan untuk melangkah ke level lebih tinggi bersama Hoffenheim. Leverkusen datang memanggil untuk menggunakan jasanya menjelang kampanye musim 2016/17 dan Volland telah meningkat pada output golnya dengan setiap musim yang ia lewati di BayArena.

Dengan total empat gol atas namanya di musim ini, besar kemungkinan pemain bernomor punggung 31 tersebut akan melampaui rekor pencapaian total gol dalam satu kampanye Bundesliga terbaiknya, yang sebelumnya tercatat sejumlah 14 gol.

Bahkan kalaupun tidak terjadi, ia selalu dapat melihat kembali tahun luar biasa yang membuktikan 2019 benar-benar tahunnya Kevin Volland, dan hanya Volland.

Di atas semua itu, sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol melawan semua 18 klub Bundesliga saat ini, Leverkusen tidak diragukan lagi pantas bersyukur karena Kevin "Si Rubah" Volland bermain untuk dan bukan melawan mereka.

2 dari 2 halaman

Gaya Bermain "Si Rubah"

Selain andal dalam mencetak gol, Volland juga ahli dalam menciptakan umpan terobosan terukur dan banyak di antaranya adalah umpan-umpan kunci yang dihasilkan pada momen-momen penting permainan.

"Si Rubah" juga rutin bergerak memotong ke dalam pertahanan lawan dari sisi kiri, dan dalam penyelesaian akhirnya ia sering men-chip bola melewati kiper.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR