Manuel Neuer dan Kiper Terbaik Lainnya di Bundesliga 2020/21

Asad Arifin | 30 September 2020 15:12
Manuel Neuer (c) AP Photo

Bola.net - Bundesliga musim 2020/2021 untuk beberapa klub masih berjalan dengan misi yang sama, yaitu menjatuhkan dominasi Bayern Munchen. Sudah delapan musim beruntun, belum ada tim yang sanggup menyingkirkan Die Roten dari posisi puncak di akhir musimnya.

Bayern Munchen telah menjelma menjadi tim yang komplet di segala lininya. Khususnya penjaga gawang, Bayern Munchen masih berjaya berkat kontribusi dari andalannya Manuel Neuer. Selama delapan musim itu pula, Manuel Neuer masih kokoh berada di gawang Munchen.

Bahkan musim lalu menjadi kali kedua Manuel Neuer merasakan puncak kejayaan Bayern Munchen. Setelah musim 2012/13, Neuer kembali meraih treble winners keduanya musim lalu. Hal itu pun menegaskan bahwa dia merupakan salah satu kiper terhebat yang pernah ada.

Berkat pencapaiannya Neuer pun berhasil menjadi salah satu kandidat pemain terbaik Eropa bersama kompatriotnya Robert Lewandowski dan juga Kevin de Bruyne. Di bundesliga dirinya pun merupakan kiper jempolan dengan total telah bermain sebanyak 407 kali.

Namun, di Bundesliga bukannya tidak ada kiper hebat lainnya. Selain Manuel Neuer, nyatanya beberapa klub lain pun memiliki penjaga gawang yang tidak kalah hebat dari Neuer. Di musim 2020/21, sepertinya kiper-kiper ini pun siap kembali mencuri panggung Bundesliga.

Lalu siapa saja kiper-kiper terbaik di Bundesliga untuk musim 2020/21 ini? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

4. Yann Sommer

Kiper berkebangsaan Swiss ini merupakan salah satu alasan Borussia Monchengladbach finish di posisi empat musim lalu. Yann Sommer menjadi andalan dan tampil sebanyak 34 kali, dan berhasil mencatatkan tujuh kali clean sheets di Bundesliga.

Musim lalu Borussia Monchengladbach kebobolan sebanyak 40 kali, namun hal itu bisa saja terjadi lebih banyak jika tidak ada Yann Sommer. Tercatat Whoscored, Yann Sommer jatuh bangun mengamankan gawangnya dan berhasil melakukan total 118 kali saves.

Musim ini nampaknya Yann Sommer kembali harus kerja keras, apalagi timnya tampil buruk dan hanya meraih satu poin dari dua kali pertandingannya.

2 dari 4 halaman

3. Peter Gulacsi

Peter Gulacsi musim lalu menjadi benteng kokoh yang dimiliki RB Leipzig. Dia mengantarkan timnya mencapai semifinal Liga Champions dan membawa timnya finish di posisi ketiga. Total Gulacsi mencatatkan 42 kali permainan di semua ajang, dengan raihan 13 kali clean sheets.

RB Leipzig juga menjadi tim kedua yang paling sedikit kebobolan di Bundesliga, dengan hanya kemasukan 37 gol. Dari 32 kali kesempatan tampilnya di Bundesliga, Gulacsi mencatatakan 82 kali saves.

Musim ini kiper asal Hungaria tersebut telah kebobolan dua kali dan mencatatkan tiga kali saves di dua laga awal RB Leipzig.

3 dari 4 halaman

2. Roman Burki

Borussia Dortmund menjadi pesaing terdekat Bayern Munchen musim lalu dan finish di posisi kedua. Hal itu tidak terlepas dari penyelamatan-penyelamatan yang dilakukan Roman Burki.

Kiper asal Swiss ini mencatatkan 31 penampilan di Bundesliga musim lalu, dengan raihan 13 kali clean sheets terbanyak kedua di Bundesliga.

Kiper berusia 29 tahun ini dalam empat musim terakhir memang menjadi andalan Borussia Dortmund. Die Borussen pun menjadi tim yang selalu bersaing di papan atas. Musim ini Roman Burki pun masih menjadi andalan Dortmund untuk menggulingkan dominasi Bayern Munchen.

4 dari 4 halaman

1. Manuel Neuer

Di usianya yang telah menginjak 34 tahun, Manuel Neuer belum juga menunjukkan penurunan performa. Baik di timnas Jerman maupun Bayern Munchen, Neuer masih menjadi andalan. Musim lalu bahkan Neuer mampu mengantarkan Bayern Munchen berjaya di semua kompetisi.

Di Bundesliga, Manuel Neuer menjadi yang nomor satu dalam hal clean sheets. Neuer berhasil meraih 15 kali clean sheets dari 33 kali penampilannya. Berkat penampilannya, Bayern Munchen pun masih menjadi juara di Bundesliga dengan penjaga gawang yang sama.

Namun sayang, kiper nomor satu Bayern Munchen ini di pertandingan terakhir dibobol Hoffenheim sebanyak empat kali. Musim yang masih panjang nampaknya masih bisa dimanfaatkan Neuer untuk menegaskan dirinya sebagai kiper terbaik di Bundesliga.

Sumber: Transfermarkt, Whoscored

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR