Maskot Bundesliga: Junter Si Lambang Semangat The Foals

Afdholud Dzikry | 23 November 2019 19:29
Maskor Borussia Moenchengladbach, Junter. (c) DFL

Bola.net - Selain stadion yang menjadi identitas, tiap klub biasanya juga memiliki maskot yang menjadi perwujudan identitas mereka. Maskot-maskot itu adalah nyawa dan jiwa stadion, simbol kebanggaan fanatik sepakbola, dan penggemar berat mereka biasanya adalah pendukung dengan usia termuda; merekalah maskot klub Bundesliga. Junter, adalah salah satu di antaranya.

Siapakah Dia?

Mascot Juenter of Moenchengladbach. (c) DFL

Junter (bentuk dialek lokal dari Gunter) adalah maskot sekaligus sosok kebanggaan bagi Borussia Monchengladbach dan penggemarnya. Nama dan nomor 10 di bagian belakang kostumnya adalah sebuah referensi kepada Gunter Netzer, salah satu pemain terbesar dalam sejarah klub. Dengan total 11 piala untuk dirayakan sejak hari 'lahir'-nya pada tahun 1965, Junter juga merupakan salah satu maskot paling sukses di Bundesliga.

Tapi apa yang sebenarnya dilakukan oleh sang maskot?

1 dari 2 halaman

Junter dan Kesibukannya

Faktanya, ada yang lebih dari hanya sekadar berjingkrak di stadion saat pertandingan kandang dan juga melambaikan kukunya. Bagi Junter, pertandingan kandang berarti tumpukan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Tetapi ketika dia berada di stadion, dikelilingi oleh para pemain, para penggemar dan -di atas segalanya-, dengan anak-anak, Junter adalah seekor kuda yang bahagia. Karena terlepas dari semua kesibukan di sekitarnya, hal yang paling ia pedulikan adalah anak-anak tersebut dapat bersenang-senang.

Tak diragukan lagi bahwa Junter memiliki pekerjaan yang berat. Sebelum pertandingan, ia menyambut penggemar tua dan muda yang sama di luar stadion, lalu dengan cepat kembali ke dalam untuk menenangkan anak-anak agar tidak tegang saat mengantar para pemain ke lapangan stadion raksasa Borussia-Park. Kemudian tiba saat untuknya menyambut para penggemar di stan, diikuti oleh perjalanan lain ke luar arena untuk inspeksi rutin Junter terhadap sosis bakar favoritnya di warung cepat saji dan kemudian lari kembali ke dalam.

Mascot Juenter of Moenchengladbach. (c) DFL

Selanjutnya, Junter harus memeriksa apakah para pemain Die Borussen melakukan pemanasan dengan benar. Biasanya bahkan tidak ada waktu bagi Junter untuk memberikan beberapa saran terakhir kepada Marco Rose sebelum sang nahkoda memulai pembicaraan pra-pertandingannya ke para pemain karena penyiar stadion tidak akan memulai jika Junter belum tampak kehadirannya.

Setelah itu, tak lama sebelum kick-off, Junter harus mempersiapkan dirinya untuk menyambut kedatangan tim tuan rumah di lapangan. Ketika semua itu selesai, ia berlari ke penggemar termuda Die Fohlen di Langnese Family Enclosures; suatu area di Borussia-Park yang disediakan khusus untuk keluarga. Di sana, ia mendukung tim kebanggaan yang bertanding sambil melatih nyanyian dengan kerumunan, dan ketika paruh waktu datang, saatlah baginya untuk berlari kembali.

Tapi yakinlah. Di tengah semua kesibukan ini, Junter tidak pernah berhenti memikirkan apa lagi yang bisa ia lakukan untuk anak-anak di klub tercintanya.

2 dari 2 halaman

Tahukah Kamu?

Junter memiliki kolomnya sendiri di majalah klub 'Fohlen-Echo' di mana ia memberikan pandangannya tentang topik terkait perkembangan sepak bola saat ini. Kuda hitam berambut putih tersebut juga mempunyai segmen 'Junter hats gesehen' -yang berarti 'Junter melihatnya'-di situs klub, di mana pertandingan saat ini maupun yang tercatat dalam sejarah ditinjau olehnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR