Mencari Klub yang Tepat Bagi David Alaba Jika Jadi Tinggalkan Bayern Munchen

Dimas Ardi Prasetya | 13 Desember 2020 23:15
David Alaba (c) AP Photo

Bola.net - Masa depan David Alaba di Bayern Munchen saat ini masih belum jelas, dan ada beberapa klub yang dikaitkan dengan pemain serba bisa asal Austria tersebut.

Alaba membela skuat utama Bayern sejak tahun 2010 silam. Kini kontraknya di klub tersebut tersisa hingga musim panas 2021 saja.

Namun Alaba belum memperpanjang kontraknya. Dengan demikian, Alaba bisa bebas bernegosiasi dengan klub lain pada bulan Januari nanti. Jika itu terjadi, maka pemain 28 tahun itu bakal hengkang secara gratis.

Beberapa klub sudah dikaitkan dengan pemain berkaki kidal ini. Di antaranya Liverpool, Juventus, Chelsea, Real Madrid, Manchester United, Inter Milan, hingga Manchester City dan Barcelona.

Hal ini memang wajar saja. Alaba tak cuma serba bisa tapi juga pemain yang sangat berkualitas. Ia juga sangat berpengalaman dan memiliki mental juara.

Alaba kemungkinan besar akan cabut dari Bayern Munchen. Sekarang yang jadi pertanyaan, jika memang ia hengkang dari klub Bavaria itu, klub mana yang kira-kira cocok baginya?

Simak ulasannya berikut ini Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Liverpool

Liverpool dikaitkan dengan David Alaba sudah lama. Gosipnya makin kencang kala The Reds mengalami krisis di lini pertahanan mereka, khususnya setelah Virgil van Dijk mengalami cedera lutut parah. Disusul kemudian oleh Joe Gomez.

Liverpool cuma punya Joel Matip sebagai bek tengah murni. Ini sangat beresiko karena ia kerap cedera.

The Reds kerap menjadikan Fabinho sebagai rekan Matip. Ini tentu sangat merugikan karena ia sejatinya lebih dibutuhkan di lini tengah.

Ada anggapan bahwa Liverpool tak butuh bek tengah baru. Sebab jika Van Dijk dan Gomez pulih, maka mereka akan kelebihan pemain. Sebab di lini tersebut sudah ada beberapa pemain muda yang siap diorbitkan.

Namun Liverpool jelas masih membutuhkan Alaba. Sebab mereka sebelumnya tak mendatangkan pengganti bagi Dejan Lovren.

Lagipula, Alaba bisa dimainkan sebagai gelandang tengah atau gelandang bertahan. Di pos tersebut memang sudah penuh. Namun saat ini patut diingat bahwa ada situasi yang tak menentu juga terkait masa depan Georginio Wijnaldum. Kontraknya juga berakhir pada musim panas 2021 nanti.

James Milner juga tak akan berada di Liverpool untuk waktu yang lama. Kontraknya akan berakhir pada musim panas 2022 dan pada saat itu ia akan berusia 36 tahun.

Bagaimana dengan gajinya? Di Bayern ia disebut menerima gaji delapan juta euro per musim. Ada kabar Bayern siap menggajinya 12 juta euro per musim. Bagi Liverpool, jumlah itu tak akan jadi masalah, khususnya jika nanti mereka berpisah dengan Wijnaldum.

2 dari 5 halaman

Chelsea

Chelsea baru saja jor-joran di bursa transfer musim panas kemarin. Bahkan mereka memboyong beberapa bek sekaligus.

Salah satunya adalah Thiago Silva. Ia awalnya mengalami kesulitan namun sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Chelsea pun tampil kokoh di lini belakang.

Akan tetapi, masalahnya adalah Silva sudah berumur. Ia saat ini berusia 36 tahun.

Dengan usianya itu, dan dengan padatnya jadwal kompetisi, Silva tak mungkin bermain terus menerus. Jika ia tak bermain, Chelsea kehilangan pemimpinnya di lini belakang.

Bagaimana dengan bek tengah lainnya? Mereka bukan tipe-tipe bek pemimpin. Jadi Alaba akan jadi pemain yang tepat untuk menggantikan Silva.

Alaba juga tak akan kesulitan beradaptasi di Chelsea. Di sana ada kontingen Jerman seperti Antonio Rudiger, Kai Havertz, dan Timo Werner.

Soal gaji juga tak akan jadi masalah. Chelsea jelas mumpuni secara finansial. Pos gaji mereka akan semakin longgar jika mereka nanti jadi melepas Rudiger.

3 dari 5 halaman

Barcelona

Barcelona saat ini membutuhkan tenaga baru di sektor lini belakangnya. Memang masih ada nama-nama seperti Junior Firpo, Samuel Umtiti, dan Ronald Araujo.

Akan tetapi Firpo tampaknya akan dijual oleh Barca. Demikian juga dengan Umtiti. Sementar itu Araujo masih terlalu muda.

Barca juga tak bisa terus mengandalkan Gerard Pique. Saat ini ia sudah berusia 33 tahun. Ia mungkin tak akan bertahan di Camp Nou dalam dua musim ke depan.

Di sinilah David Alaba bisa dihadirkan oleh Barca. Ia bisa menjadi pemimpin baru bagi skuat Blaugrana, khususnya untuk barisan belakang.

Selain itu, Alaba juga bisa dimainkan di pos bek kiri. Saat ini Jordi Alba sudah berusia 31 tahun dan butuh pemain lain yang sanggup menggantikannya saat ia sedang absen.

Alaba juga akan sangat menguntungkan bagi Barca dari sisi finansial. Sebab ia bisa direkrut secara gratis. Blaugrana hanya perlu memikirkan soal gajinya saja.

Barcelona juga membutuhkan Alaba. Mereka akan membutuhkan pengalaman dan mental juaranya dalam misi berusaha untuk memenangkan lagi Liga Champions demi Lionel Messi.

4 dari 5 halaman

Real Madrid

Real Madrid juga butuh tenaga bek baru saat ini. Mereka juga butuh suntikan tenaga di lini tengah. Di dua lini itu ada dua pemain yang kini sudah cukup uzur yakni Sergio Ramos dan Luka Modric.

Ramos saat ini berusia 34 tahun. Dan meski menunjukkan bahwa performanya tak menurun, ia mungkin tak akan bertahan lama di Madrid.

Sedikit ke depan, ada Modric yang sudah berusia 35 tahun. Mungkin tak lama lagi ia akan segera cabut dari Madrid, atau bahkan mungkin pensiun.

Alaba bisa menjadi pengganti yang tepat bagi Ramos. Demikian pula sebagai pengganti bagi Modric.

Untuk urusan duit, Madrid sepertinya tak akan bermasalah untuk menggajinya. Beban gaji akan berkurang begitu Ramos dan Modric angkat kaki. Selain itu beberapa musim terakhir mereka juga tak jor-joran untuk menguras duit demi membeli pemain bintang dan menginvestasikannya untuk merekrut pemain-pemain muda.

5 dari 5 halaman

Manchester City

Manchester City memang sudah punya banyak bek. Di kiri saja sudah ada Benjamin Mendy dan Nathan Ake. Belum lagi Oleksandr Zinchenko.

Di bek tengah, ada Ruben Dias dan Aymeric Laporte. Ada juga John Stones. Ake juga bisa dimainkan sebagai bek tengah.

Jadi di mana David Alaba dibutuhkan di Man City? Saat ini Josep Guardiola butuh gelandang bertahan baru.

Mereka sudah punya Rodri dan Fernandinho. Akan tetapi nama terakhir ini sudah berusia 35 tahun. Kontraknya bersama Man City akan kedaluwarsa pada musim panas 2021 nanti.

Alaba akan sangat cocok menggantikan pos yang ditinggalkan oleh Fernandinho. Soal gaji juga tak akan jadi masalah bagi The Citizen. Selain itu ia juga tak akan kesulitan beradaptasi di City.

Sebab di sana ia akan bereuni dengan Guardiola. David Alaba sendiri sebelumnya pernah mengaku ia sangat senang dengan kehadiran pelatih asal Spanyol tersebut di Bayern. Sebab ia mendapat banyak ilmu darinya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR