Muda dan Berbakat, 5 Pemain Ini Bisa Kejutkan Jerman Euro 2020

Asad Arifin | 18 November 2020 13:08
Florian Wirtz (c) Bundesliga

Bola.net - Timnas Jerman saat ini memang sudah banyak dihuni pemain terbaiknya. Dari 23 nama yang ada di skuatnya saat ini, para pemain tersebut menjadi andalan di klubnya masing-masing.

Namun kekalahan telak 6-0 melawan Spanyol di pentas UEFA Nations League dini hari tadi, membuat Joachim Loew harus membenahi skuatnya untuk mengarungi perjalanan panjang di Euro 2020 yang akan digelar pada 2021.

Dengan talenta mumpuni dan berbakat yang dimiliki Jerman, pelatih berusia 60 tahun itu tidak perlu pusing-pusing mencari pemain yang layak berada di skuatnya.

Tercatat, ada lima nama pemain muda dan berbakat asal Jerman yang terus menjadi perbincangan hangat di kasta tertinggi sepak bola Jerman yaitu Bundesliga.

Bahkan, bukan tak mungkin juga mereka bisa kejutkan skuat Der Panzer di Euro 2020 apabila benar-benar akan dipanggil Loew. Lantas, siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

1. Florian Wirtz

Walau baru berusia 17 tahun, Florian Wirtz sudah menghadirkan decak kagum berkat performanya bersama Bayer Leverkusen. Wirtz berhasil menambal peran yang ditinggalkan Kai Havertz yang hengkang ke Chelsea.

Wirtz dikenal sebagai playmaker yang mematikan karena mampu menyisir kedua sisi lapangan. Saat ini Wirtz sudah mengoleksi tiga gol dan empat assist dari 10 penampilannya di semua kompetisi bersama Leverkusen.

Tak hanya gemilang di klub, tapi Wirtz juga tampil apik di level timnas. Ia menjadi pemain debutan termuda yang mewakili timnas Jerman U-21.

2 dari 5 halaman

2. Jamal Musiala

Tak mau kalah dengan Florian Wirtz, Jamal Musiala pun menjadi perbincangan hangat di sepak bola Jerman berkat berbagai rekor yang sudah dipecahkannya.

Musiala adalah pemain debutan termuda sepanjang sejarah Bayern Munchen ketika melakoni debutnya pada Juni 2020 dalam kemenangan 3-1 melawan Freiburg.

Selain itu, ia juga menjadi pencetak gol termuda Munchen sepanjang masa ketika mencetak gol melawan Schalke pada matchday 1 Bundesliga 2020/21. Saat ini, Musiala sudah mengoleksi dua gol dari lima penampilannya di Bundesliga.

Walau sedang memperkuat timnas Inggris U-21 tetapi pemain berusia 17 tahun ini masih bisa berganti kewarganegaraan sebelum melakukan debut di level senior. Apalagi, Musiala sudah pernah berseragam Der Panzer U-16.

3 dari 5 halaman

3. Ismail Jakobs

Nama Ismail Jakobs mungkin dianggap enteng karena saat ini ia memperkuat tim papan bawah Bundesliga yaitu Cologne. Namun, talenta Jakobs tidak bisa dianggap remeh karena pemain berusia 21 tahun itu pemain yang berbakat di Jerman.

Berposisi sebagai winger, Jakobs menjadi momok para bek sayap yang sering kelimpungan dengan pergerakannya yang cepat dan tak terduga. Selain itu, ia juga dikenal sebagai pemain yang serba bisa karena dapat bermain di berbagai posisi.

Namun sayang, Jakobs sering mengalami beberapa masalah cedera sehingga harus menghambat kariernya di timnas Jerman. Apabila ia dapat terus fit bukan tak mungkin dirinya bisa dipanggil Joachim Loew.

4 dari 5 halaman

4. Youssoufa Moukoko

Terdengar mustahil untuk pemain berusia 15 tahun menembus tim senior Jerman yang belum pernah bermain bersama tim professional. Namun, potensi Youssoufa Moukoko sangat besar di dunia sepak bola apabila mendapatkan panggung.

Moukoko memang tidak banyak memecahkan rekor bersama tim muda Borussia Dortmund, tetapi Moukoko adalah striker tajam dengan koleksi 141 gol dari 88 pertandingan yang sudah dilakoninya di berbagai kategori usia.

Bahkan, pemain sekelas Nuri Sahin dan Erling Braut Haaland mengagumi potensi besar yang dimiliki Moukoko. Saat ini, Moukoko sudah mengantongi dua caps timnas Jerman U-20 dan sudah berlatih dengan skuat utama Dortmund selama beberapa bulan.

Moukoko berpotensi melakoni debutnya di Bundesliga setelah menginjak umur 16 tahun, tepatnya pada matchday 8. Apabila dapat tampil baik di Bundesliga, Moukoko bisa mendapat panggilan dari Joachim Loew mengingat juga timnas Jerman memiliki stok yang sedikit di posisi striker.

5 dari 5 halaman

5. Marc-Oliver Kempf

Marc-Oliver Kempf menjadi satu-satunya pemain yang cukup senior dari empat kandidat terdahulunya. Yap, saat ini Kempf sudah berusia 25 tahun dan belum pernah membela tim senior Jerman satu kali pun.

Walau begitu, pada pagelaran Euro 2020 nanti Kempf memiliki peluang yang cukup besar untuk dipanggil Joachim Loew mengingat ia adalah pemain reguler di lini belakang Stuttgart musim ini.

Bersama Stuttgart, Kempf tampil solid dengan hanya kebobolan sembilan gol saja. Bahkan, perolehan tersebut lebih sedikit dibanding kampiun Bundesliga 2019/20 yakni Bayern Munchen.

Apalagi, Kempf adalah pemain dengan berkaki kiri seperti Uduokhai yang sudah lebih dulu berada di skuat timnas Jerman. Mungkin alasan tersebut terdengar sepele, namun hal kecil seperti ini tidak bisa diabaikan.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR