Nasib Mario Gotze: Dahulu Cetak Gol di Final Piala Dunia, Sekarang Luntang-Lantung Tak Punya Klub

Richard Andreas | 9 Juli 2020 05:40
Mario Gotze. (c) AFP

Bola.net - Mario Gotze, nama yang mungkin bisa jadi contoh bagaimana karier pesepak bola bisa merosot begitu drastis. Gotze pernah jadi pahlawan Jerman, tapi sekarang klub pun tak punya.

Ya, kemerosotan karier Gotze begitu kentara. Dia pernah mencapai level terbaiknya semasa membela Borussia Dortmund di bawah bimbingan Jurgen Klopp, tapi kemudian memutuskan hengkang ke Bayern Munchen.

Tiba di Munchen pada tahun 2013, Gotze sempa bermain apik di musim pertamanya, tapi beberapa tahun setelahnya berjalan buruk. Dia pun kembali ke Dortmund pada tahun 2016 lalu dalam usaha memperbaiki karier.

Nahasnya, sekarang Gotze harus mencari klub barunya, dan untuk itu dia harus berinisiati, bergerak sendiri menemukan klub yang tepat.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Gotze? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Pernah jadi pahlawan

13 Juli 2014, Estadio Maracana, Jerman bersua Argentina di final Piala Dunia. Pertandingan berjalan alot, dua tim sama kuat dalam skor 0-0, laga pun harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Saat itulah Gotze muncul jadi pahlawan. Dia masuk sebagai pemain pengganti, lalu mencetak gol kemenangan Jerman di menit ke-13.

Schurrle melewati dua bek lawan di sisi kiri, melepas umpan silang ke area penalti, dan Gotze mengontrol bola dengan baik lalu melepas tembakan voli kaki kiri. Dia jadi pemain pengganti pertama dalam sejarah yang mencetak gol untuk meraih trofi Piala Dunia.

Saat itu nama Gotze pun dielu-elukan seantero Jerman. Dia adalah pahlawan muda yang mewujudkan mimpi.

2 dari 2 halaman

Sekarang tak punya klub

Nahasnya, sekarang Gotze luntang-lantung tidak jelas. Dortmund memutuskan tidak memperpanjang kontraknya yang berakhir pada bulan Juni lalu, dan sampai sekarang belum ada klub baru yang merekrut Gotze.

Bagi pemain yang pernah jadi pahlawan negara, tentu situasi Gotze ini cukup mengenaskan. Terlebih karena dia masih 28 tahun, seharusnya masih bisa bermain di level tinggi beberapa tahun lagi.

Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab kemerosotan Gotze. Yang jelas, keputusan meninggalkan Dortmund untuk Munchen merupakan salah satu penyebab. Dia gagal bersinar bersama Munchen, bahkan hanya bagus di beberapa tahun awal.

Gotze adalah bukti bahwa karier pesepak bola bisa merosot dan tandas dalam waktu singkat.

Sumber: Berbagai sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR