Nyinyiran Magath Pada Klopp: Sukses Karena Pintar Beli Pemain Aja

Dimas Ardi Prasetya | 12 Oktober 2020 19:56
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. (c) AP Photo

Bola.net - Eks pelatih Bayern Munchen Felix Magath menuding kesuksesan Jurgen Klopp menjadikan Liverpool sebagai juara Premier League merupakan imbas dari kelihaiannya mendatangkan pemain dan bukan karena taktiknya.

Klopp datang ke Liverpool pada Oktober 2015 lalu. Ia secara perlahan berhasil membangkitkan The Reds dari tidur panjangnya.

Ia berhasil membawa Liverpool ke tiga laga final namun gagal juara dalam tiga tahun perdananya. Baru di tahun keempat, ia berhasil membuat The Reds jadi juara Liga Champions.

Disusul kemudian oleh kesuksesan juara di pentas UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub. Terbaru, mereka jadi juara Premier League musim lalu.

1 dari 2 halaman

Nyinyiran Magath Pada Klopp

Kesuksesan Jurgen Klopp bersama Liverpool itu mendapatkan tanggapan yang tidak mengenakkan dari Felix Magath. Mantan pelatih Fulham ini mengatakan Klopp bisa sukses di klub Merseyside itu bukan karena taktik andalannya, GegenPressing.

Ia mengklaim Klopp sukses gara-gara perekrutan peman yang dilakukan klub. Contohnya adalah perekrutan Virgil van Dijk dan Alisson Becker.

"Jurgen Klopp membuat sistem itu sukses terutama berkat keputusannya tentang personel, bukan karena taktik," ketus Magath pada Bild.

"Jika Liverpool tidak merogoh pundi-pundi dan membeli kiper Alisson seharga 60 juta euro dan seorang bek dalam diri Virgil van Dijk seharga 85 juta euro, sistem ini kemungkinan besar juga tidak akan berhasil," klaimnya.

2 dari 2 halaman

Cuma Ganti Nama

Felix Magath juga menyinyiri taktik GegenPressing yang dipopulerkan oleh Jurgen Klopp. Ia mengatakan taktik itu sebenarnya bukan taktik yang baru.

Taktik itu sudah ada sebelumnya yakni serangan balik. Cuma saja Klopp memberikannya nama lain agar kelihatan keren.

"Dulu, saya menyebutnya serangan balik; hari ini, disebut 'Gegenpressing'," pungkas Magath.

Sebelum meraih sukses dengan Liverpool, Jurgen Klopp juga pernah sukses bersama Borussia Dortmund. Di sana ia meraih lima gelar juara, termasuk dua gelar Bundesliga.

(Bild)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR