Profil Gregor Kobel: Sosok Monster di Bawah Gawang VfB Stuttgart?

Asad Arifin | 29 April 2021 13:56
Penjaga gawang VfB Stuttgart, Gregor Kobel (c) Bundesliga

Bola.net - VfB Stuttgart tampil cukup kompetitif di Bundesliga musim 2020/2021. Die Schwaben sejauh ini berhasil meraih 10 kemenangan, sembilan hasil imbang, dan 12 kekalahan dengan total raihan 39 poin.

Kesuksesan tersebut tak lepas dari penampilan Gregor Kobel yang mengesankan bersama Stuttgart di Bundesliga. Dibawah asuhan Pellegrino Matarazzo, Ia menjadi pemain yang jarang tergantikan dan menjadi kiper andalan dalam menjaga gawang Stuttgart.

Gregor Kobel telah membuat Pellegrino Matarazzo kagum dengan performanya musim ini. Tak hanya Matarazzo, Julian Nagelsmann juga sangat mengagumi sosok kiper asal Swiss tersebut.

1 dari 4 halaman

Profil Singkat

Gregor Kobel lahir pada 6 Desember 1997. Ia adalah pesepakbola berkebangsaan Swiss yang kini bermain sebagai kiper untuk klub Bundesliga, Vfb Stuttgart. Sewaktu remaja, Kobel bermain untuk tim Grasshopper Zurich dari tahun 2005/2014.

Pada tahun 2016, ia bergabung dengan Hoffenheim. Musim perdananya bersama Die Kraichgauer, ia hanya duduk dibangku cadangan hingga akhir musim. Namun, ia berhasil melakukan debut pertamanya di putaran pertama Piala DFB 2017/18.

Pada Januari 2019, Kobel sempat dipinjamkan ke FC Augsburg. Berkat penampilannya yang apik, membuat VfB Stuttgart tertarik meminjam Kobel pada Juli 2019 . Di Awal musim bersama Stuttgart, ia berhasil menorehkan 11 clean sheet dari 31 laga pertandingan dan sudah kebobolan 37 gol.

2 dari 4 halaman

Gaya Bermain

Gregor Kobel mengingatkan publik Jerman dengan Koen Casteels, yakni kiper andalan Wolfsburg. Gaya bermain yang sama serta selalu sigap dalam menjaga gawang menjadikan Kobel sangat mirip dengan Casteels.

Kobel punya kemampuan refleks yang bagus serta membaca arah bola yang sangat baik. Hal ini membuat pemain berusia 23 tahun tersebut sangat diandalkan dalam menjaga mistar gawang yang dibelanya.

3 dari 4 halaman

Tahukah Anda

Berkat ayahnya, Kobel banyak berterima kasih atas atletisnya yang serba bisa. Peter Kobel yang mendapatkan masa jabatannya sebagai pemain hoki es professional, mengaku butuh beberapa saat untuk memikirkan pilihan karier putranya tersebut.

Meskipun, dengan sangat bangga Peter Kobel mendorong Gregor untuk bergabung dengan akademi Hoffenheim. "Dia sangat ingin bermain sepak bola dan menjadi penjaga gawang," ucap Peter Kobel.

4 dari 4 halaman

Kata Mereka Tentang Gregor Kobel

“Ia adalah pemain yang memiliki kekuatan yang baik untuk tim, tak hanya dalam menjaga gawangnya tetapi juga kepribadiannya. Ia adalah atlet yang sangat bersemangat, dan monster penjaga gawang.” kata pelatih Stuttgart, Pellegrino Matarazzo.

“Dia melakukan beberapa penyelamatan yang tidak berhak dilakukannya,” ucap Nagelsmann ketika meraih kemenangan 2-0 atas Stuttgart pada Matchday 31 Bundesliga.

"Dia pemain berkualitas tinggi dan sangat fokus pada peningkatan permainannya," tutur Direktur olahraga Stuttgart, Sven Mislintat.

"Selain menjadi bakat yang nyata, dia kuat secara mental, serta ingin tahu dan ingin belajar," ujar mantan pelatih kiper Kobel di Hoffenheim, Michael Rechner.

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR