Rangkaian Rekor Iringi Dortmund Raih Gelar DFB Pokal ke-5

Asad Arifin | 14 Mei 2021 08:13
Borussia Dortmund meraih gelar DFB Pokal ke-5 pada musim 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Borussia Dortmund meraih gelar DFB Pokal ke-5 sepanjang sejarah klub pada musim 2020/2021. Pada laga final, Dortmund menang dengan skor yang meyakinkan melawan RB Leipzig, Jumat (14/5/2021) dini hari WIB.

Laga final digelar di Stadion Olimpia, Berlin. Dortmund membuka laga dengan sangat baik. Jadon Sancho membawa The Black Yellow unggul pada menit ke-5 lewat tendangan akuratnya.

Setelah itu, pada menit ke-28, Erling Haaland membobol gawang RB Leipzig. Dortmund menutup babak pertama dengan skor 3-0 setelah Jadon Sancho mencetak gol keduanya pada menit 45+1.

Pada babak kedua, RB Leipzig sempat memberi perlawanan lewat gol Dani Olmo. Namun, gol Erling Haaland pada menit ke-87 membuat RB Leipzig tak berdaya. Dortmund menang dengan skor 4-1 dan meraih gelar DFB Pokal ke-5.

1 dari 2 halaman

Rekor Jadon Sancho

Jadon Sancho menjadi bintang bagi Dortmund pada laga final. Pemain asal Inggris itu mencetak dua gol. Aksinya makin paripurna dengan satu assist untuk gol kedua yang dicetak Haaland.

Sancho pun mencatat dua rekor sekaligus. Pertama, Sancho jadi orang Inggris pertama yang mampu mencetak gol di final DFB Pokal.

Kedua, Sancho menjadi pemain paling muda yang mampu mencetak brace di final DFB Pokal. Pemain yang pernah membela Manchester City itu baru berusia 21 tahun dan 49 hari ketika bermain di final DFB Pokal.

Erling Haaland pun mencetak rekor sebagai pemain Norwegia pertama yang mencetak gol di final DFB Pokal.

2 dari 2 halaman

Rekor Edin Terzic

Edin Terzic, pelatih Dortmund, juga mencatatkan rekor. Pada usia 38 tahun, Terzic menjadi pelatih paling muda yang mampu membawa timnya meraih gelar juara DFB Pokal.

Menariknya, Edin Terzic musim depan akan lengser dari tugas sebagai pelatih. Terzic bakal kembali menjadi asisten. Dortmund telah menunjuk Marco Rose sebagai pelatih kepala musim depan.

Sumber: Opta

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR