FOLLOW US:


100 Laga di Liga Champions, Guardiola Kalahkan Mourinho

07-12-2017 22:07

 | Josep Guardiola

100 Laga di Liga Champions, Guardiola Kalahkan Mourinho
Jose Mourinho dan Josep Guardiola © AFP

Bola.net - Pertandingan melawan Shakhtar Donetsk harusnya jadi momen penting bagi manajer Manchester City, Josep Guardiola. Sebab, itu adalah laga ke-100 Guardiola sebagai pelatih di Liga Champions.

Tapi, pada momen bersejarah itu, Man City justru harus menelan kekalahan dengan skor 2-1 atas Shakhtar Donetsk. Hasil yang mengecewakan. Lantaran ini juga menjadi kekalahan pertama Man City pada musim 2017/18 ini di semua kompetisi.

Kembali pada 100 laga Guardiola di Liga Champions, pelatih asal Spanyol agaknya patut berbangga diri dengan rekornya. Sebab, ia cukup superior jika dibanding dengan pelatih-pelatih top Eropa lain dari soal hasil.

Dari 100 laga, Guardiola sukses meraih 61 kemenangan. Presentase kemenangan eks pelatih Barcelona ini mencapai 61 persen.

Josep Guardiola



Catatan presentase kemenangan Guardiola, seperti dikutip dari Opta, seorang Jose Mourinho hanya mampu mencatat presentase kemenangan 55.4 persen. Guardiola juga lebih baik dari Louis van Gaal (60), Vicente del Bosque (56.7) dan Rafael Benitez (55.8).

Sebagai catatan, manajer tersebut dipilih karena sudah memainkan 100 atau lebih laga di Liga Champions.

Karir Guardiola sebagai pelatih masih sangat panjang. Usianya masih 46 tahun. Jadi, peraih dua gelar Liga Champions ini masih bisa memainkan lebih banyak lagi pertandingan. Apalagi musim ini Man City juga melaju ke babak 16 besar.

Guardiola punya kans untuk masuk jajaran pelatih dengan jumlah pertandingan paling banyak seperti Jose Mourinho (139), with Carlo Ancelotti (153), Arsene Wenger (184) dan Alex Ferguson (190). (opta/asa)