FOLLOW US:


4,8 Triliun Rupiah Mengalir dalam Perjalanan Transfer Neymar

07-01-2020 04:00

 | Richard Andreas

4,8 Triliun Rupiah Mengalir dalam Perjalanan Transfer Neymar
Aksi Neymar saat lawan Real Madrid di matchday 5 Liga Champions 2019-2020. © AP Photo

Bola.net - Neymar layak dinobatkan sebagai pesepak bola paling pintar mengalirkan banyak uang. Dia merupakan pemain paling mahal dalam sejarah sepak bola, yang dihitung dari total biaya transfernya sejauh ini.

Neymar belum benar-benar memenuhi harapan bersama PSG. Usaha kepulangan ke Barcelona musim panas lalu justru menghasilkan banyak masalah, dia tidak lagi didukung sepenuhnya oleh fans juara Ligue 1 itu.

Bos PSG, Thomas Tuchel, mengaku masih mengandalkan Neymar sebagai salah satu pemain terbaiknya. Biar begitu, PSG terbukti mampu menempuh musim ini dengan baik meski kehilangan Neymar beberapa kali karena cedera.

PSG mungkin siap melepas Neymar, yang bakal memperkuat statusnya sebagai pemain termahal di dunia. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Paling Mahal

Mengutip Sport, transfer Neymar ke Barca dan PSG telah menempatkannya di puncak daftar akumulasi biaya transfer terbesar di dunia. Temuan ini diunggah oleh jurnalis UOL Esporte, Rafael Reis.

Tercatat, Neymar telah menelan total biaya transfer sebesar 310 juta euro atau sekitar 4,8 triliun rupiah. Harga Neymar ini jauh lebih mahal daripada pemain terbaik di dunia, Lionel Messi.

Dikutip dari Transfermarkt, striker Brasil ini menuntaskan kepindahan dari Santos ke Barcelona untuk 88,2 juta euro. Angka itu ditambah dengan biaya transfer dari Barcelona ke PSG yang memakan biaya 222 juta euro.

2 dari 3

Berikutnya

Setelah Neymar, ada Cristiano Ronaldo di posisi kedua daftar tersebut. Ronaldo menempuhnya dalam beberapa transfer, dari Sporting ke Manchester United, lalu dari MU ke Real Madrid, dan terakhir dari Madrid ke Juventus.

Total, transfer Ronaldo mencapai biaya 230 juta euro. Angka yang cukup jauh di bawah Neymar, padahal prestasi Ronaldo jauh di atasnya.

Melengkapi daftar tiga besar, ada Romelu Lukaku dengan 203 juta euro. Lalu ada sejumlah nama lain dalam daftar 10 besar di bawah ini:

3 dari 3

10 Besar Pesepak Bola Termahal di Dunia

  1. Neymar - 310,2 juta euro
  2. Cristiano Ronaldo - 230
  3. Romelu Lukaku - 203.6
  4. Kylian Mbappé - 180
  5. Álvaro Morata - 179
  6. Angel di María - 179
  7. Antoine Griezmann - 174
  8. Philippe Coutinho - 170.3
  9. Zlatan Ibrahimovic - 169.1
  10. Gonzalo Higuaín - 159

Sumber: UOL Esporte via Sport