FOLLOW US:


Buffon: Bukan Kebetulan Monaco Sampai ke Semifinal

03-05-2017 08:07

 | Gianluigi Buffon

Buffon: Bukan Kebetulan Monaco Sampai ke Semifinal
Gianluigi Buffon. © AFP

Bola.net - Gianluigi Buffon mengatakan bahwa AS Monaco bisa melaju sampai ke semifinal Liga Champions bukan karena kebetulan semata. Monaco dinilai memiliki kualitas yang hebat sehingga bisa sampai ke babak empat besar musim ini.

Salah satu bukti paling nyata adalah lawan-lawan yang sudah dikalahkan oleh Monaco. Di fase grup, Monaco perkasa dan mengungguli Tottenham Hotspur dan Bayer Leverkusen. Di babak 16 besar, Monaco menyingkirkan Manchester City sementara di perempat final mereka mengalahkan Borussia Dortmund.

"Kami menghadapi bahaya besar karena yang akan kami hadapi bukanlah tim yang lolos ke semifinal karena kebetulan semata. Sudah jelas dan tak perlu diragukan lagi bahwa mereka sampai ke sini dengan mengalahkan tim-tim hebat; Tottenham Hotspur, bayer Leverkusen, Manchester City dan kemudian Borussia Dortmund," ujar Buffon kepada UEFA.com.

Sementara itu, kubu Juventus sendiri juga dianggap sudah mengalami perkembangan, utamanya dalam sisi mental. Meski sempat kalah di final dua tahun lalu, namun kini mental tanding Juve sudah lebih siap menghadapi pertandingan besar.

"Dua tahun lalu kami mungkin merasa tegang karena harus menghadapi Barcelona di partai final. Saat itu Barca adalah tim yang dipenuhi para juara, kami tidak bisa rileks. Kami tidak bisa memasuki pertandingan dengan pikiran tenang dan senang. Itu saja sudah menjadi keuntungan tersendiri bagi lawan," imbuh kapten Juventus itu.

Untuk pertandingan kali ini, Buffon mengatakan bahwa Juve sudah bisa lebih rileks. Dua tahun lalu Juve tidak menyangka bisa mencapai final. Namun tahun ini, final Liga Champions adalah salah satu target mereka.

"Dua tahun lalu kami tidak bisa rileks karena tak menyangka bisa mencapai final. Kali ini kami lebih rileks karena mencapai final tahun ini adalah hasil kerja keras kami selama bertahun-tahun. Kami harus bisa mencapai level tinggi dengan nyaman."