FOLLOW US:


Diingatkan Lagi, Jangan Salahkan Guardiola Soal Taktik di Final UCL!

09-06-2021 05:40

 | Richard Andreas

Diingatkan Lagi, Jangan Salahkan Guardiola Soal Taktik di Final UCL!
Ekspresi kekecewaan Josep Guardiola usai Manchester City kalah di final Liga Champions 2020/21 © AP Photo

Bola.net - Josep Guardiola sekali lagi mendapatkan pembelaan terkait kegagalan Manchester City di final Liga Champions 2020/21 kemarin. Kali ini ada Kylle Walker yang buka suara.

30 Mei 2021, Man City menyerah 0-1 dari Chelsea di final UCL 2020/21. Hasil ini benar-benar mengecewakan, mengingat Man City seharusnya adalah favorit juara dan ini adalah final pertama impian mereka.

Kegagalan ini membuat Guardiola diserang habis. Dia dituding membuat kesalahan besar dalam memilih taktik dan susunan pemain yang tidak biasa.

Kini Walker bicara membela pelatihnya tersebut. Apa katanya?

1 dari 3

Sudah tetapkan keputusan

Walker tahu bagaimana kejamnya kritik yang menyerang dan menyalahkan Guardiola, tapi dia yakin tidak ada yang salah. Menurutnya Guardiola sudah mengambil keputusan terbaik sebagai pelatih, hanya hasilnya tidak maksimal.

"Dengar, orang bebas bicara apa pun. Saya sendiri telah melihat banyak hal, rekan-rekan saya juga mengirim pesan soal taktik, personil, ini, itu, dan alasan lainnya," kata Walker kepada Daily Mail.

"Ini pertandingan sepak bola, 95 menit berjalan, dan apa pun bisa terjadi. Tentu saja kami ingin hasil pertandingan sesuai dengan kemauan kami."

2 dari 3

Diam jika benar

Diam jika benar
Manajer Manchester City, Josep Guardiola © AP Photo

Walker juga merasa situasinya tidak adil. Guardiola sudah berulang kali membuat eksperimen taktik dan banyak yang berhasil, tapi tidak pernah mendapatkan pujian.

"Pelatih sudah memilih pemain yang menurutnya bisa mendapatkan kemenangan itu dan memberikan yang terbaik bagi klub," imbuh Walker.

"Ketika dia memilih taktik yang tepat, tidak ada yang mengomentarinya dan ketika dia membuat kesalahan atau ketika orang-orang merasa dia salah, keraguan mulai disuarakan."

3 dari 3

Tidak adil

Lagi pula, menurut Walker, kritik seperti itu tidaklah adil. Man City memang kalah, tapi tidak perlu menyalahkan siapa pun. Mereka hanya kurang keras berusaha.

"Saya kira itu sedikit tidak adil, bahwa begitu Man City kalah akan selalu ada yang disalahkan, entah taktik atau para pemain di lapangan," sambung Walker.

"Sebenarnya kami hanya perlu berusaha lebih keras di lapangan, sesederhana itu," tutupnya.

Sumber: Daily Mail