FOLLOW US:


Kisah Transfer PSG: Idamkan Thiago Alcantara, Malah Dapat Adiknya

03-11-2020 07:40

 | Ari Prayoga

Kisah Transfer PSG: Idamkan Thiago Alcantara, Malah Dapat Adiknya
Thiago Alcantara memilih bergabung ke Liverpool. © AP Photo

Bola.net - Klub kaya raya Prancis, PSG ternyata sempat mengincar Thiago Alcantara sebelum kemudian justru mendapatkan tanda tangan sang adik, Rafinha Alcantara.

PSG diketahui mencoba mendekati Thiago ketika mengetahui bahwa pemain internasional Spanyol itu tak akan memperpanjang masa baktinya di Bayern Munchen.

Namun, Thiago justru lebih memilih menerima pinangan Liverpool. Alhasil, PSG pun memutuskan untuk menggaet Rafinha dari Barcelona di akhir jendela transfer musim panas kemarin.

1 dari 3

Pengakuan Mazinho

Kisah ketertarikan PSG terhadap Thiago diungkapkan oleh ayah sang pemain yang merupakan juara Piala Dunia 1994 bersama Brasil, Mazinho.

“Saya telah berbicara dengan [direktur PSG] Leonardo beberapa waktu lalu, tetapi pembicaraan itu untuk Thiago,” ungkap Mazinho kepada France Football.

"Leonardo ingin merekrutnya ke PSG, tetapi Thiago sudah membuat kesepakatan dengan Liverpool," tambah Mazinho.

2 dari 3

Beralih ke Rafinha

Situasi Thiago pun membuat Mazinho kemudian menawarkan putra keduanya, Rafinha kepada Leonardo. Kebetulan, Barcelona memang berencana melepas pemain yang memilih membela Brasil di level internasional tersebut.

“Kami kemudian membicarakan Rafa, tetapi saat itu dia bukan bagian dari rencana Leonardo. Saya rasa dia pasti telah memikirkannya, bahwa dia melihat peluang dan itu akan menjadi pukulan besar untuk mengontraknya," tutur Mazinho.

“Ketika dia mulai berbicara lagi, Leonardo telah berubah pikiran. Dan semuanya dipercepat pada hari terakhir. Itu hari Senin di mana kami harus bekerja keras untuk meyakinkan kedua klub," lanjutnya.

“Kami takut, tapi Puji Tuhan, lima atau enam jam sebelum deadline, kami membuat kesepakatan. Leonardo menginginkan Thiago, dia mendapatkan Rafinha. Dan bagi Rafa, bergabung dengan klub seperti PSG adalah impiannya," cerita Mazinho.

3 dari 3

Keyakinan Mazinho

Rafinha pun menjalani proses adaptasi yang cukup cepat di PSG. Mazinho menilai hal itu terjadi karena ada kesamaan permainan antara PSG dengan Barca.

“PSG sering bermain dalam formasi 4-3-3 yang mirip dengan Barca. Rafa mengenal banyak pemain seperti Neymar, tapi juga [Mauro] Icardi, [Pablo] Sarabia. Tidak akan sulit untuk menyesuaikan diri," kata Mazinho.

“Dia harus memahami dinamika yang diinginkan pelatih, tapi saya tidak khawatir. Secara taktik dia mempersiapkan diri dengan baik dan selalu berusaha mencari tahu apa yang diinginkan manajer. Dia bisa bermain di tiga posisi di lini tengah, dan tiga posisi di lini depan. Dia melakukannya di Barca, dia dilatih seperti ini.” tandasnya.

Sumber: France Football