FOLLOW US:


Lima Bek Ini Peformanya Lebih Baik dari Marcelo di Musim 2018-19

25-09-2019 18:57

 | Dimas Ardi Prasetya

Lima Bek Ini Peformanya Lebih Baik dari Marcelo di Musim 2018-19
Marcelo bersama anak dan istrinya saat menghadiri seremoni FIFA Best Awards 2019 di Milan. © AP Photo

Bola.net - Di sepanjang musim 2018-19 kemarin ada lima bek kiri yang performanya di lebih bagus ketimbang bek Real Madrid, Marcelo.

Nama bek kiri asal Brasil itu menjadi bahan pergunjingan banyak suporter bola di Eropa dan bahkan dunia. Hal itu terjadi setelah ia terpilih masuk dalam skuat FIFA Best XI.

Dengan demikian, ia sudah terpilih masuk skuat itu selama lima tahun beruntun. Secara keseluruhan, ini juga menjadi keberhasilannya yang keenam kali.

Akan tetapi, sebenarnya pada musim kemarin, performa bek berusia 31 tahun tersebut menurun. Ia tampil sebanyak 34 kali di semua ajang kompetisi dan hanya menyumbangkan tiga gol dan enam assist.

Madrid sendiri secara keseluruhan juga tampil buruk. Mereka mengakhiri musim tanpa meraih satu gelar sekali pun.

Pada musim yang sama, ada sejumlah bek kiri yang performanya lebih bagus dari Marcelo. Mereka menyumbangkan lebih banyak assist maupun gol plus gelar juara

Berikut nama lima bek yang tampil dan menjalani musim lebih baik dari Marcelo, seperti dilansir AS.

1 dari 3

Lucas Digne

Bek asal Prancis ini tampil apik bersama dengan Everton. Meskipun, The Toffees sendiri tak tampil terlalu bagus dan finis di peringkat delapan klasemen Premier League.

Digne tampil sebanyak 37 kali di semua ajang kompetisi. Ia memang cuma mengemas empat gol dan lima assist. Namun ia mampu menciptakan lebih banyak peluang (71) dan crossing (280) ketimbang siapa pun di liga-liga besar Eropa.

Alex Grimaldo

Bek asal Spanyol ini bermain untuk klub Portugal, Benfica. Ia sebelumnya membela Barcelona.

Musim lalu ia tampil solid dengan membawa Benfica jadi juara liga Portugal. Ia sukses membawa timnya menggulingkan Porto yang musim sebelumnya menjadi juara liga.

Bek berusia 24 tahun itu tampil sebanyak 54 kali di semua ajang kompetisi. Ia menyumbangkan tujuh gol dan 13 assist.

2 dari 3

Jordi Alba

Bek Timnas Spanyol ini musim lalu sukses membawa Barcelona jadi juara La Liga. Blaugrana sendiri jadi juara dengan keunggulan 19 poin atas Real Madrid.

Musim lalu, Alba tampil sebanyak 54 kali di semua ajang kompetisi. Ia menyumbangkan tiga gol dan 17 assist.

Nicolas Tagliafico

Bek asal Argentina ini menjadi bagian intergral skuat Ajax Amsterdam. Tagliafico musim lalu tampil sebanyak 46 kali di semua ajang kompetisi.

Ia memang cuma menyumbangkan enam gol dan enam assist. Namun ia membantu Ajax menjadi juara Eredivisie musim lalu dengan keunggulan tiga poin dari PSV Eindhoven.

Ia juga membawa Ajax melaju cukup jauh di Liga Champions. Klub tersebut sukses menembus babak semifinal sebelum akhirnya dihentikan oleh Tottenham.

3 dari 3

Andrew Robertson

Andrew Robertson
Andrew Robertson merayakan kemenangan Liverpool atas Tottenham di final Liga Champions 2018-19. © AP Photo

Bek asal Skotlandia ini menjadi salah satu kekuatan Liverpool dalam sisi ofensif. Ia mampu menyumbangkan banyak assist dari sayap kiri.

Selama semusim, ia tampil sebanyak 48 kali di semua ajang kompetisi. Ia menyumbangkan 13 assist.

Ia berperan besar membawa Liverpool menjadi runner-up Premier League musim lalu. Ia juga membantu The Reds menjadi juara Liga Champions.

(AS)