Lionel Messi dan Para Pemain Terbaik Pekan Pertama Kompetisi Domestik Eropa 2022/2023

Serafin Unus Pasi | 9 Agustus 2022 20:07
Skuat PSG merayakan gol Lionel Messi ke gawang Kawasaki Frontale, Rabu (20/7/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi tak mau mengulang pengalaman buruknya, kala relatif lambat panas pada musim lalu. Megabintang asal Argentina tersebut langsung tancap gas dan menunjukkan permainan terbaik pada laga pertamanya musim 2022/2023.

Messi menjadi salah satu aktor utama di balik pesta gol PSG kala menghadapi Clermont Foot, pada laga pertama mereka di Ligue 1 musim ini. Pemain berusia 35 tersebut mencatatkan dua gol dan satu assist pada laga tersebut.

Apiknya penampilan Messi mendapat pengakuan dari laman statistik Whoscored. Laman tersebut memberi nilai sempurna, sepuluh, untuk penampilan Messi pada laga tersebut. Dengan ponten ini, Messi masuk ke dalam daftar pemain terbaik pekan pertama kompetisi domestik Eropa 2022/2023.

Selain Messi, ada sejumlah pemain lain yang masuk ke dalam daftar yang juga disusun laman Whoscored ini. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut lima orang di antara mereka.

1 dari 5 halaman

Jonathan David - 9,54

Pemain Lille, Jonathan David (c) AP Photo

Di peringkat kelima dalam daftar lima pemain terbaik pekan pertama kompetisi domestik Eropa 2022/2023 ada nama Jonathan David. Gelandang Lille ini mendapat nilai 9,54 untuk penampilannya pada laga kontra Auxerre di Ligue 1.

Jonathan David bermain penuh pada laga kontra Auxerre. Dalam 90 menit bermain, pemain asal Kanada tersebut mencatatkan dua gol dan satu assist. Dua gol dan satu assist ini dicetaknya dari tujuh tembakan dan dua umpan kunci.

Catatan umpan David tergolong apik. Dari 25 umpan yang dilepaskannya, 22 di antaranya tepat sasaran. Selain itu, David juga mencatatkan satu dribble sukses pada laga tersebut.

2 dari 5 halaman

Teji Savanier - 9,58

Urutan keempat dalam daftar lima pemain terbaik pekan pertama kompetisi domestik Eropa 2022/2023 ditempati Teji Savanier. Gelandang Montpellier tersebut mendapat ponten 9,58 untuk penampilannya pada laga Ligue 1 kontra Troyes.

Savanier mencetak dua gol dalam 90 menit bermainnya pada laga kontra Troyes. Dua gol tersebut merupakan buah dari tiga tembakan yang ia lepaskan.

Savanier melepaskan 61 umpan -dengan akurasi 80,3 persen- pada laga tersebut. Dari 49 umpan tepat sasaran tersebut ada lima umpan kunci yang dicatatkan pemain asal Prancis ini.

Savanier juga kokoh dalam bertahan. Pada laga tersebut, ia mencatatkan lima tackle, satu intersep, dan satu sapuan.

3 dari 5 halaman

Aleksandar Mitrovic - 9,61

Alekandar Mitrovic usai mencetak gol ke gawang Portugal di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Aleksandar Mitrovic menempati posisi tiga dalam daftar lima pemain terbaik pekan pertama kompetisi domestik Eropa 2022/2023. Penyerang Fulham ini diganjar nilai 9,61 untuk penampilannya pada laga kontra Liverpool di Premier League.

Mitrovic merupakan aktor utama di balik sukses Fulham menahan imbang Liverpool akhir pekan lalu. Ia mencetak dua gol dan membuat barisan pertahanan Liverpool -terutama Virgil van Dijk- menjadi bahan olok-olok akhir pekan lalu. Dua gol ini merupakan buah dari tiga tembakan yang dilepaskannya pada laga tersebut.

Mitrovic juga sangat tangguh dalam duel udara. Tercatat, pemain bertinggi 189 sentimeter tersebut memenangi sebelas duel udara pada laga kontra The Reds.

4 dari 5 halaman

Neymar - 10,00

Selebrasi Neymar usai mencetak gol dalam laga Clermont Foot vs PSG, Minggu (7/8/2022) (c) PSG

Di urutan kedua dalam daftar lima pemain terbaik pekan pertama kompetisi domestik Eropa 2022/2023 ada nama Neymar. Pemain depan PSG tersebut mendapat nilai 10 untuk penampilannya pada laga Ligue 1, kontra Clermont Foot.

Neymar mengawali musim ini dengan sangat ciamik. Ia menjadi salah satu sutradara di balik sukses PSG meremukkan Clermont. Ia mencatatkan tiga assist dari enam umpan kunci yang dilepaskannya pada laga tersebut. Selain itu, Neymar juga mencatatkan satu gol dari dua tembakan yang dilepaskan.

Neymar pun gesit mengacak-acak barisan pertahanan Clermont. Ia mencatatkan dua dribble sukses pada laga tersebut.

5 dari 5 halaman

Lionel Messi - 10,00

Lionel Messi mengenakan jersey kandang PSG musim 2022-23 (c) PSG

Lionel Messi menempati posisi puncak dalam daftar lima pemain terbaik pekan pertama kompetisi domestik Eropa 2022/2023. Penampilan pemain depan PSG tersebut pada laga Ligue 1, kontra Clermont Foot, diganjar nilai sempurna, sepuluh.

Sama seperti Neymar, Messi mengawali musim 2022/2023 dengan sangat bagus. Ia menunjukkan ketajaman, seperti yang ia tunjukkan ketika masih berseragam Barcelona. Pada laga kontra Clermont, Messi mencatatkan dua gol dari enam tembakan yang ia lepaskan.

Messi juga menjadi sutradara bagi gol pemain lain. Ia mencetak satu assist dari empat umpan kunci yang dilepaskan. Secara keseluruhan, pemain 35 tahun tersebut melepaskan 61 umpan dengan akurasi mencapai 85,2 persen.

Di sisi lain, Messi juga masih gesit dalam melewati adangan lawan. Dalam laga kontra Clermont, pemain asal Argentina tersebut mencatatkan enam dribble sukses.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR