FOLLOW US:


Menebak Formasi PSG Dengan Kehadiran Neymar

03-08-2017 11:30
Menebak Formasi PSG Dengan Kehadiran Neymar
© AFP

Bola.net - Neymar bakal bergabung dengan PSG dari Barcelona. Kehadiran Neymar bakal membuat pelatih Unai Emery berpikir keras dalam meramu formasi timnya.

Dengan potensi transfer senilai €222 juta, Neymar jelas bukan untuk disia-siakan. Emery harus memikirkan skema terbaik agar Neymar bisa dimasukkan ke dalam lini serang PSG, yang saat ini sudah memiliki Edinson Cavani, Angel Di Maria, Julian Draxler, Lucas Moura, Javier Pastore, Goncalo Guedes dan Jese Rodriguez.

Emery bakal perlu memangkas jumlah pemain ofensif di skuatnya. Menurut AS, Jese lah yang paling mungkin dibuang. Kandidat lainnya adalah Pastore.

Bicara formasi, ada beberapa alternatif.

Jika Emery tetap setia dengan 4-3-3, Neymar bisa dipasang sebagai penyerang sayap kiri seperti di Barcelona. Namun itu berarti Draxler harus duduk di bangku cadangan.

Padahal Draxler baru enam bulan lalu digaet dari Wolfsburg dengan nilai transfer €40 juta, dan sejauh ini sudah berkontribusi 10 gol dan tiga assist dalam 25 penampilan. Sayang jika pemain sebagus Draxler hanya dicadangkan.

Opsi lain adalah berganti ke 4-4-2. Dengan begini, Draxler tetap bisa masuk starting lineup di kiri, lalu Di Maria di kanan, sedangkan Neymar mendampingi Cavani di depan.

Hanya saja, dengan 4-4-2, kekuatan lini tengah PSG bakal berkurang meski memiliki Marco Verratti. Ball possession bakal dikorbankan dan ditukar dengan serangan-serangan cepat yang lebih frontal.

Opsi terakhir adalah 4-2-3-1. Ada dua posisi alternatif untuk Neymar dalam skema ini, yakni di sayap atau di belakang Cavani sebagai 'nomor 10'. Opsi ini mungkin cukup menarik bagi Emery.

Namun skema ini bakal membuat surplus pemain ofensif di bangku cadangan membengkak. Itu termasuk Moura, Pastore, Guedes dan Jese.

Jika tidak ada yang dilego, Emery bakal punya stok pemain berlebih. Namun itu adalah 'masalah' yang didambakan oleh setiap pelatih - daripada harus kekurangan pemain.