FOLLOW US:


Tertarik Jadi Alien Seperti Cristiano Ronaldo? Ini Rahasia Gilanya

03-10-2019 14:20

 | Richard Andreas

Tertarik Jadi Alien Seperti Cristiano Ronaldo? Ini Rahasia Gilanya
Cristiano Ronaldo, Juventus © AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo sudah 34 tahun, tapi level permainannya masih sangat tinggi. Performa apik superstar Juventus ini jelas dipengaruhi oleh rutinitas ekstrem yang selalu dia tempuh untuk menjaga kebugarannya.

Setahun yang lalu, saat menjalani tes medis untuk bergabung dengan Juventus, Ronaldo menorehkan rekor impresif. Rasio body fat-nya sangat bagus. Ronaldo memang sudah 34 tahun, tapi dia memiliki tubuh atlet di usia 25 tahun yang sedang dalam puncaknya.

Mentalitas Ronaldo tidak perlu diragukan lagi. Dia pemain dengan keinginan kuat, dedikasi tinggi, berkomitmen. Tiga faktor inilah yang bisa membuat Ronaldo tetap menjaga level permainannya begitu tinggi.

Apa saja yang dilakukan Ronaldo sebelum dan sesudah pertandingan? Menukil AS, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4

Diet Ketat Ronaldo

Bintang Juventus ini benar-benar menjaga dietnya. Diet bukan tentang membatasi makanan, tetapi mengonsumsi makanan yang tepat dengan kebutuhan tubuh.

Ronaldo tidak hanya berhati-hati dalam apa yang dia makan dan berapa besar porsinya. Dia juga mengikuti jadwal ketat sehari-hari. Ada waktu untuk berlatih, waktu beristirahat, dan waktu relaksasi. Semuanya penting.

Tidak main-main, kapten Portugal ini mengikuti jadwal makan enam kali sehari. Bukan makan yang penting kenyang, setiap menu yang dia konsumsi didasarkan pada perhitungan diet protein dan karbohidrat.

Ronaldo sering mengonsumsi ayam atau pasta - selalu dimasak tanpa minyak goreng dan tanpa garam. Satu-satunya minuman yang disukai Ronaldo adalah air putih, kecuali jus buah pada menu sarapan - umumnya jus nanas atau jus jeruk.

2 dari 4

Rencana Latihan Detail

Lebih lanjut, Ronaldo juga menempuh menu latihan ekstrem di pusat kebugaran alias fitness. Dia tidak hanya menempuh sesi latihan bersama Juventus, tapi juga mengikuti program khusus di luar itu.

Dia menempuh lima sesi latihan di gym dalam sepekan, termasuk pilates dan berenang. Ronaldo benar-benar gila berlatih hanya demi menjaga tubuhnya.

Masalah terbesar Ronaldo adalah hasrat berlatih yang terlalu tinggi. Bahkan personal trainer Ronaldo harus memaksanya berhenti berlatih berlebihan, meski sulit mengukur batas Ronaldo karena potensi fisiknya yang luar biasa.

3 dari 4

Tidur Juga Penting

Selain diet dan latihan ekstrem, Ronaldo juga mengutamakan tidur yang cukup. Dia jarang bergadang, lebih memilih tidur cepat untuk berlatih esok harinya.

Tidur adalah komponen vital dari kehidupan yang sehat dan Ronaldo ingin menikmati delapan jam tidur semalam - dia selalu berangkat tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Selain itu, Ronaldo juga menikmati tidur siang yang memang terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Setiap hari, setelah melahap menu makanan keempat, Ronaldo berusaha tidur siang.

4 dari 4

Rencana Pensiun

Disiplin gila dalam berlatih dan diet ketat telah menjadi kunci Ronaldo dalam menjaga performanya tetap di puncak. Meski begitu, Ronaldo jelas tidak bisa bermain selamanya.

Dewasa ini, Ronaldo sudah mulai berbicara tentang rencana pensiun. Dia tidak tahu bisa bermain berapa lama lagi.

"Dalam lima tahun terakhir saya mulai menikmati proses melihat posisi saya di luar sepak bola, jadi siapa tahu apa yang bisa terjadi dalam satu atau dua tahun ke depan?" tandasnya.

Sumber: AS