FOLLOW US:


5 Rahasia di Balik Kekuatan Defensif Brasil

06-07-2018 11:42
5 Rahasia di Balik Kekuatan Defensif Brasil
Brasil © AP

Bola.net - Brasil adalah tim yang sangat identik dengan sepakbola menyerang. Namun di Piala Dunia 2018, Selecao juga menunjukkan kalau mereka juga kuat dalam bertahan.

Ini semua berkat tangan dingin sang pelatih Tite.

Sejak ditangani Tite, Brasil hanya kebobolan enam gol dalam 25 laga. Itu merupakan sebuah catatan yang mengagumkan.

Di Rusia 2018, dari penyisihan grup hingga babak 16 besar, baru ada lima shots on target yang mengarah ke gawang mereka. Hasilnya, Selecao pun baru kebobolan satu gol dalam empat laga.

Bersama Uruguay, yang sama-sama baru kebobolan satu gol, dua wakil Amerika Selatan ini merupakan pemilik joint-best defensive record di Rusia 2018.

Apakah rahasia di balik kekuatan defensif tim Brasil ini?

"Pertahanan kami dimulai dari menyerang," kata gelandang Willian, seperti dilansir FIFA.com. "Kami (para pemain ofensif) berusaha membantu sebisa mungkin dalam hal ini."

"Sepakbola jadi lebih sulit seiring berjalannya waktu. Sepakbola jadi lebih kompetitif, kita bisa melihatnya di Piala Dunia ini, dan kami harus menyesuaikan diri. Namun permainan kami benar-benar menarik."

Tite dan Cleber Xavier (c) AFP
Tite dan Cleber Xavier (c) AFP

Brasil racikan Tite memiliki pertahanan yang solid, tapi permainan mereka tetap atraktif. Itu sulit dilakukan, tapi bagi mereka tidaklah mustahil.

Untuk memahaminya lebih dalam, FIFA.com bicara dengan Cleber Xavier, yang merupakan asisten pelatih Brasil dan telah menjadi tangan kanan Tite sejak 2001 silam. Berikut kutipannya.