FOLLOW US:


6 Pelatih Paling Boros Belanja Pemain

05-08-2021 15:53

 | Aga Deta

6 Pelatih Paling Boros Belanja Pemain
Pep Guardiola gagal di final Liga Champions musim 2020/2021 © AP Photo

Bola.net - Pelatih menjadi bagian penting dalam sepakbola. Namun, untuk menjadi pelatih yang sukses tentu saja tidak mudah.

Pelatih selalu dituntut untuk bisa memberikan hasil yang instan. Kalau tidak, mereka pasti akan langsung dipecat.

Untuk membentuk tim yang sukses, pelatih butuh dukungan di bursa transfer. Pasalnya, pelatih harus mendapatkan pemain yang tepat untuk timnya.

Untuk mendapatkan pemain yang tepat terkadang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan seorang pelatih terkadang harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk membeli seorang pemain.

Lantas siapa saja para pelatih yang sudah mengeluarkan banyak uang di bursa transfer dalam 10 tahun terakhir? Berikut ini enam teratas seperti dilansir Transfermarkt.

1 dari 6

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti
Pelatih Everton, Carlo Ancelotti saat The Toffees melawan Chelsea, Selasa (9/3/2021) dini hari WIB. © Glyn Kirk/Pool via AP

Carlo Ancelotti adalah salah satu pelatih Italia yang cukup sukses. Dia memenangkan gelar liga bersama AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen selama kariernya.

Pelatih Real Madrid itu tentu saja selalu mendapatkan dukungan besar berupa dana transfer. Ancelotti sudah mengeluarkan 921 juta euro untuk membeli 44 pemain

Gareth Bale menjadi rekrutan termahal Ancelotti sejauh ini. Pemain asal Wales tersebut ditebus senilai 101 juta euro pada 2013.

2 dari 6

Antonio Conte

Antonio Conte
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte © LaPresse Via AP

Antonio Conte punya reputasi yang mentereng di dunia kepelatihan. Pelatih asal Italia itu selalu mempersembahkan trofi bagi klub yang ditanganinya selama 10 tahun terakhir.

Conte memenangkan gelar Serie A saat menangani Juventus dan Inter Milan. Pria berusia 52 tahun tersebut juga menyabet gelar Premier League bersama Chelsea.

Dalam sepanjang kariernya, Conte sudah menghabiskan 934 juta euro di bursa transfer. Uang sebesar itu digunakan untuk membeli 73 pemain.

3 dari 6

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri
Massimiliano Allegri © AP Photo

Massimiliano Allegri sekarang sudah kembali ke Juventus. Ini merupakan periode keduanya menangani La Vechia Signora.

Allegri sering kali mendapatkan pemain bagus secara gratis. Namun, pelatih asal Italia itu juga sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli pemain.

Mantan pelatih AC Milan itu sudah menghabiskan dana sebesar 972 juta euro. Pembelian termahalnya tentu saja Cristiano Ronaldo yang dibanderol 117 juta euro.

4 dari 6

Diego Simeone

Diego Simeone
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. © AP Photo

Diego Simeone sudah cukup lama menangani Atletico Madrid. Dia mampu membawa Los Rojiblancos berprestasi di kancah domestik dan Eropa.

Simeone baru saja mengantarkan Atletico meraih gelar La Liga. Ini merupakan gelar La Liga kedua buat pelatih asal Argentina tersebut.

Dalam dekade terakhir, Simeone telah menghabiskan dana belanja sebesar 977 juta euro. Pembelian termahalnya yaitu kala memboyong Joao Felix dari Benfica sebesar 127 juta euro.

5 dari 6

Jose Mourinho

Jose Mourinho
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho © AP Photo

Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih yang boros di bursa transfer. Dia kerap melakukan belanja pemain secara jorjoran di setiap klub yang disinggahinya.

Pelatih asal Portugal tersebut sudah menghabiskan 1 miliar euro dalam satu dekade terakhir. Dana tersebut digunakan untuk membeli 46 pemain.

Namun, tidak semua pemain yang dibeli Mourinho bisa bersinar. Sebut saja Henrikh Mkhitaryan, Alexis Sanchez dan juga Fabio Coentrao.

6 dari 6

Josep Guardiola

Josep Guardiola
Ekspresi kekecewaan Pep Guardiola usai Manchester City kalah di final Liga Champions 2020/21 © AP Photo

Josep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di era sepak bola modern. Tiga tim papan atas di Eropa telah dibawanya merasakan euforia juara.

Guardiola pernah mengangkat trofi juara bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City. Itu termasuk gelar La Liga, Bundesliga, Premier League dan Liga Champions.

Untuk meraih kesuksesan tersebut, Guardiola telah menghabiskan banyak uang di bursa transfer. Total pengeluarannya mencapai angka 1,1 miliar euro dalam satu dekade terakhir.

Sumber: Transfermarkt