FOLLOW US:


Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup A

30-05-2018 10:55
Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup A
Edinson Cavani dan Luis Suarez © AFP

Bola.net -
Rusia (lihat profil tim)
Arab Saudi (lihat profil tim)
Mesir (lihat profil tim)
Uruguay (lihat profil tim)

JADWAL PERTANDINGAN
14 Juni 22:00 WIB - Rusia vs Arab Saudi
15 Juni 19:00 WIB - Mesir vs Uruguay
20 Juni 01:00 WIB - Rusia vs Mesir
20 Juni 22:00 WIB - Uruguay vs Arab Saudi
25 Juni 21:00 WIB - Uruguay vs Rusia
25 Juni 21:00 WIB - Arab Saudi vs Mesir.

Mohamed Salah (c) AFP
Mohamed Salah (c) AFP

ANALISIS KEKUATAN
Sebagai tuan rumah, Rusia tentu dibebani sebuah ekspektasi yang cukup tinggi. Mereka tak boleh tersingkir lebih dini. Namun itu bisa jadi sebuah misi yang sulit.

Dua ancaman terbesar bagi Rusia adalah Mesir dan Uruguay.

Bagi Mesir, ini memang Piala Dunia pertama mereka sejak 1990. Namun Mesir punya satu pemain bintang yang bisa menjadi pembeda, yakni Mohamed Salah. Winger Liverpool sendiri saat ini kondisinya masih diragukan seiring cedera yang dia dapatkan ketika kalah di final Liga Champions melawan Real Madrid, tapi masih ada harapan baginya untuk fit.

Jika Mesir punya Salah, maka Uruguay punya sederet nama tenar. Luis Suarez (Barcelona) dan Edinson Cavani (PSG) adalah beberapa di antaranya. Mereka berdua termasuk dalam jajaran striker-striker terbaik dunia.

Di babak kualifikasi zona Amerika Selatan, hanya Brasil yang performanya lebih solid daripada Uruguay.

Arab Saudi mendapatkan kehormatan untuk memainkan laga pembuka Piala Dunia 2018 melawan Rusia. Namun di atas kertas, tim-tim dari konfederasi Asia biasanya merupakan yang paling lemah dibandingkan tiga rivalnya.

Rusia (c) AFP
Rusia (c) AFP

PREDIKSI
Uruguay bisa dibilang sebagai favorit utama. Sementara itu, satu jatah lolos lainnya dari grup ini bakal diperebutkan oleh Rusia dan Mesir.

Ketergantungan Mesir pada Mohamed Salah sangat besar. Lima gol dia ciptakan dalam enam laga terakhir di babak kualifikasi, termasuk penalti penentu kelolosan Mesir ke Rusia 2018. Jika Salah fit dan bisa menampilkan performa terbaiknya, Mesir punya harapan. Jika tidak, Mesir bakal berada dalam bahaya besar.

Rusia tentu saja ingin meniru kisah sukses beberapa tuan rumah Piala Dunia sebelumnya. Tak ada pemain bintang yang sangat menonjol di skuat Rusia sekarang, tapi secara tim mereka mungkin masih lebih baik daripada Mesir.

Prediksi lolos ke babak 16 besar: Uruguay, Rusia.

Mohammad Al-Sahlawi (c) AFP
Mohammad Al-Sahlawi (c) AFP

FAKTA & STATISTIK
  • Rusia 2018 akan menjadi Piala Dunia pertama bagi Mesir sejak Italia 1990. Ini juga akan menjadi partisipasi ketiga Mesir di putaran utama Piala Dunia (1934, 1990, 2018).
  • Mohammad Al-Sahlawi mencetak 16 gol untuk Arab Saudi di babak kualifikasi menuju Rusia 2018. Penyerang 30 tahun itu finis sebagai joint-top scorer kualifikasi bersama Ahmed Khalil (Uni Emirat Arab) dan Robert Lewandowski (Polandia).
  • Uruguay adalah pemilik dua gelar juara Piala Dunia. La Celeste menjuarai edisi perdana turnamen ini pada 1930, lalu meraih titel keduanya di Brasil 1950.
  • Kiper Essam El-Hadary akan berusia 45 saat Mesir tampil di Rusia 2018. Jika dimainkan, dia akan menjadi pemain tertua yang pernah tampil di Piala Dunia. Dia bakal mematahkan rekor Faryd Mondragon, kiper Kolombia yang mengukirnya ketika bermain di Brasil 2014 pada usia 43 tahun dan tiga hari. (bola/gia)