FOLLOW US:


Bintang Muda Final EURO 2012 Yang Akan Bersinar

03-07-2012 15:46

 | Mario Balotelli

Bola.net - Oleh: Dimas Ardi


Pergelaran Euro 2012 telah usai. Laga final menyajikan pertarungan Spanyol dan Italia. Hasil akhirnya telah kita ketahui bersama. Sekarang, kedua tim tersebut segera menyiapkan diri mereka masing-masing untuk menghadapi even besar selanjutnya, yaitu Piala Dunia 2014.

Bagi sebagian pemain yang telah berusia di atas kepala tiga, kesempatan mereka untuk tampil di Brazil masih menjadi tanda tanya. Mampukah mereka bertahan hingga saat Piala Dunia tersebut digelar? Xavi Hernandez, Xabi Alonso, Gianluigi Buffon, Antonio Di Natale, Andrea Pirlo, adalah sebagian nama-nama pemain yang telah berusia di atas 30 tahun.

Namun, beruntung, baik Italia maupun Spanyol memiliki sistim regenerasi yang bagus, terutama Spanyol. Skuad Italia maupun Spanyol dihiasi oleh beberapa darah muda dalam gelaran Euro 2012 kali ini. Mereka diprediksi akan semakin matang dan bersinar saat digelarnya Piala Dunia 2014 mendatang. Siapa sajakah pemain-pemain tersebut?

Juan Mata, 24 Tahun – Spanyol

Pemain yang satu ini memang hanya tampil tak lebih dari sepuluh menit di ajang Euro 2012 yang lalu. Mata hanya sekali diturunkan oleh Vicente Del Bosque dalam laga mnghadapi Italia. Itupun di menit-menit akhir menjelang pertandingan selesai. Namun, dalam penampilannya yang singkat itu, Mata mampu mencetak gol bagi Spanyol. Mata mencetak gol setelah berada selama 1 menit 14 detik di atas lapangan.

Gelandang serang kreatif milik Chelsea ini total telah mencetak 6 gol selama 18 kali membela La Furia Roja di level senior. Sebuah catatan yang cukup bagus untuk ukuran seorang gelandang.

Mata diprediksi akan bersinar di Piala Dunia 2014. Namun, dia juga harus mulai mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak di timnas Spanyol bersama Iniesta cs. Jika hal itu terjadi, tim Matador akan memetik hasilnya saat Piala Dunia 2014 berlangsung.


Mario Balotelli, 21 Tahun – Italia

Pemain ini sebenarnya mempunyai talenta yang besar. Sayang dia belum terlalu serius dalam menunjukkan skillnya. Tapi memang begitulah pemain muda, labil, bengal dan kerap bertindak bodoh.

Balotelli adalah salah satu striker terbaik di ajang Euro 2012. Balo mampu menyarangkan tiga gol selama perhelatan Euro tersebut. Super Mario masih butuh bimbingan dari para senior dan pelatihnya. Jika dia semakin dewasa, bisa dipastikan skill-nya akan semakin komplit. Bimbingan rekan-rekan satu tim di timnas Italia akan sangat berguna bagi mentalnya, sementara pengalaman bertanding bersama Manchester City di liga Inggris akan membuatnya semakin matang dalam hal permainan. Super Mario akan menjadi semakin berbahaya di depan gawang lawan di gelaran Piala Dunia Brazil nanti.


Jordi Alba, 23 Tahun – Spanyol

Penampilannya dalam pergelaran Euro 2012 sangat impresif. Di usianya yang masih muda Alba menunjukkan bahwa dirinya layak menjadi salah satu bek kiri terbaik di dunia.

Alba tak hanya ahli dalam bertahan, namun juga sangat lihai saat menyerang. Dia mirip Dani Alves, bek kanan Barca dan timnas Brazil saat melakukan serangan-serangan di sisi sayap lawan. Alba memiliki speed yang bagus dan kreatifitas yang cukup mumpuni sebagai seorang bek. Itulah sebabnya pergerakan-pergerakannya selalu mampu menghadirkan ancaman bagi lawan-lawannya.

Waktu dua tahun sebelum mengikuti Piala Dunia 2014 dirasa akan cukup baginya untuk lebih berkembang. Turnamen Euro telah memberinya cukup pengalaman, dan sekarang Alba telah bergabung dengan Barcelona. Tempaan di klub ini akan semakin membuatnya semakin kuat dan lebih berkembang. Spanyol hanya tinggal menunggu buahnya di Piala Dunia 2014 nanti.