FOLLOW US:


Brasil 2002, Kedigdayaan Sang Raja

02-03-2014 00:29

 | Ronaldo

Brasil 2002, Kedigdayaan Sang Raja
Rivaldo - Ronaldo © Bola.net

Bola.net - Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang merupakan Piala Dunia edisi ke-17 dan yang pertama digelar di tanah Asia. Di edisi ini, Brasil menegaskan kedigdayaan sebagai raja sepak bola dengan meraih gelarnya yang kelima.

Waktu itu, diperkuat sederet bintang seperti Roberto Carlos, kapten Cafu juga calon bintang semacam Kaka serta Ronaldinho, juga duet mematikan Rivaldo dan Ronaldo, pasukan Selecao besutan Luiz Felipe Scolari menjadi yang terbaik di dunia dengan kemenangan sempurna.

Meski sempat diragukan karena hanya finis peringkat tiga di kualifikasi zona Amerika Selatan dengan selisih 13 poin dari sang rival abadi Argentina, Brasil merajalela begitu masuk putaran utama. Tujuh kemenangan dalam tujuh laga dari fase grup sampai partai puncak mereka bukukan.

Gelar kelima itu pun semakin lengkap setelah Ronaldo dinobatkan sebagai pemain tertajam di kejuaraan dengan torehan delapan golnya.

Waktu itu, Brasil benar-benar digdaya. Dalam perjalanannya menyabet titel juara dunia, yang pada edisi sebelumnya gagal diraih karena kalah 0-3 dari tuan rumah Prancis di final, mereka melesakkan total 18 gol di putaran utama dan hanya empat kali kebobolan.

Mari kita flashback sejenak. Kita tengok kembali sepak terjang sang raja dalam perjuangan mereka untuk menduduki takhta.