FOLLOW US:


Fakta Liga Champions: Milan Kontra Madrid

03-11-2009 18:00

 | Kaka

Kaka kembali melawan mantan klubnya (c)AP
Kaka kembali melawan mantan klubnya (c)AP

Bola.net - Oleh: Ronny Wicaksono

Laga Liga Champions matchday 4 akan menyajikan duel panas di Stadion San Siro antara tuan rumah AC Milan yang akan menjamu raksasa Spanyol, Real Madrid. Berikut fakta-fakta seputar pertemuan kedua tim di bumi Italia:


HEAD-TO-HEAD

- Milan dan Madrid telah bertemu sebanyak 12 kali di pentas Eropa, semuanya di ajang Liga Champions. Milan masih memegang rekor pertemuan dengan status 6 kali menang, sekali imbang dan 5 kali kalah.

- Di pentas Eropa, keduanya baru sekali berhadapan di babak final yaitu Piala Champions edisi 1957/58 di mana Madrid meraih gelar juara usai mengalahkan Milan 3-2 lewat perpanjangan waktu.

- Milan punya rekor kandang yang bagus melawan Real, dengan memenangkan semua laga dari lima pertemuan

- Real Madrid hanya sekali mencetak gol di laga tandang lawan Milan. Itu terjadi di leg kedua semifinal Piala Champions 1956 ketika Madrid takluk 2-1. Gol Madrid kala itu dicetak oleh Jose 'Joseito' Iglesias.

- Sejak laga itu Real selalu takluk dari Milan di San Siro masing masing 2-0 (1964), 5-0 (1989), 2-0 (1989) dan 1-0 (2002).

- Real mengalami kekalahan dari lima laga terakhir melawan klub Italia (tandang maupun kandang), yakni dua kali dari AS Roma dan Juventus serta sekali dari AC Milan.

- Empat lawatan Real terakhir ke Italia berakhir dengan 3 kekalahan dan sekali imbang. Mereka hanya menang empat kali dari 26 laga Eropa di tanah Italia.


MILAN

- Tak pernah menang dalam 3 laga kandang di pentas Eropa. Terakhir mereka kalah 1-0 dari FC Zurich, serta ditahan imbang 2-2 oleh VfL Wolfsburg dan Werder Bremen di ajang Piala UEFA musim lalu.

- Di Liga Champions, Milan juga mengalami kekalahan dalam 2 laga kandang terakhir tanpa mencetak gol, masing-masing saat dibekuk Arsenal 2-0 pada Maret 2008 dan FC Zurich 1-0 September lalu.

- Rekor terburuk tak pernah menang di kandang sebanyak lima laga beruntun dialami Milan ketika di musim 2000/2001 mereka meraih lima kali hasil imbang di laga kandang Liga Champions.

- Filippo Inzaghi telah mencetak 48 gol di Liga Champions, termasuk pada babak kualifikasi.

- Dari semua pemain yang masih aktif, Clarence Seedorf adalah pemain yang telah memainkan laga Eropa terbanyak dengan 140 penampilan. Hanya Paolo Maldini (160) dan Oliver Kahn (141) yang melebihi rekornya.

- Seedorf bermain untuk Real antara 1996 dan 1999, dan memenangkan Piala Champions di musim 1998. Ia mencetak 3 gol dalam 25 laga Liga Champions bersama Madrid.

- Selain Seedorf, pemain lain yang pernah membela Madrid maupun Milan di Liga Champions adalah Christian Panucci, Fernando Redondo, Pablo García, Ronaldo, David Beckham, Emerson and Kaka.

- Klaas-Jan Huntelaar bergabung dengan Milan dari Madrid awal musim ini, di mana ia telah mencetak 8 gol dalam 20 pertandingan La Liga selama 6 bulan berkostum Madrid.


REAL MADRID

- Real tak pernah meraih hasil imbang dalam 15 laga Eropa terakhir mereka.

- Raul telah mencetak 67 gol di ajang Eropa, 66 gol di Liga Champions dan 1 gol di Piala Super Eropa. Ia hanya terpaut 2 gol dari rekor pencetak gol sepanjang masa yang dipegang Gerd Muller.

- Real telah mencetak gol paling banyak dari semua kontestan Liga Champions musim ini dengan 10 gol.

- Empat golnya di Liga Champions mengantar Cristiano Ronaldo menjadi top scorer sementara musim ini.

- Sebelum hengkang ke Madrid, Kaka bermain enam musim untuk Milan dan mencetak 23 gol dalam 56 penampilan di Liga Champions.