FOLLOW US:


Jalan Kaki Menyusuri 34 Provinsi, 73 Remaja Ini Membuktikannya Lewat Kirab Pemuda 2017

18-12-2017 17:18
Jalan Kaki Menyusuri 34 Provinsi, 73 Remaja Ini Membuktikannya Lewat Kirab Pemuda 2017
© merdeka

Bola.net - Hidup sehat memang penting dilakukan sejak muda. Selain dengan menjaga pola makan, olahraga juga penting untuk dilakukan. Setidaknya hal inilah yang telah dibuktikan oleh 73 remaja lewat Kirab Pemuda 2017.

Mereka berjalan kaki juga mengendarai kendaraan darat, serta mengarungi samudera dengan menggunakan kapal. Beratnya medan, membuat mereka juga turut mengggunakan transportasi udara. Semua agar bisa mencapai ke titik temu di Blitar dalam kurun waktu 72 hari.

Tentu saja, bukan sembarang remaja yang dapat melakukan hal ini. Peserta Kirab Pemuda ini sebelumnya harus melewati seleksi ketat lebih dulu. Hingga akhirnya terpilihlah satu orang perempuan dan lelaki mewakali 34 provinsi di Indonesia. Kemudian, ada empat orang lagi yang merupakan Organisasi Kepemudaan (OKP), juga satu peserta Kirab Pemuda yang ditunjuk langsung oleh Menpora, Imam Nahrawi.

kemenpora
kemenpora


Tak heran, mereka yang lulus Kirab Pemuda 2017 ini adalah bukan hanya punya stamina kuat, melainkan para pemuda terbaik yang digadang mampu menyebarkan pesan positif. Sebelum sampai di Blitar pada 7 Desember 2017, mereka lebih dulu berangkat dari dua zona berbeda.

Zona I di Pulau Mianggas yang merupakan pulau paling utara Indonesia. Peserta Kirab Pemuda dilepaskan oleh Imam Nahrawi di sana pada 26 September 2017. Keesokan harinya, peserta yang ada di Zona II dilepaskan oleh Imam dari Pulau Rote Ndao, pulau paling selatan di Republik Indonesia.

Setelah 72 hari menempuh perjalanan panjang, mereka akhirnya tiba di Lapangan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Alasan dipilih Blitar sebagai titik kumpul akhir, lantaran di sanalah sang Bapak Bangsa dimakamkan, yaitu Bung Karno. Jadi, jelas selain untuk menyebarkan semangat kepemudaan yang sehat, kegiatan Kirab Pemuda ini juga turut menyebarkan pesan positif, yaitu napak tilas Kebhinekaan.

kemenpora
kemenpora


Apalagi selain berjelajah, ada banyak sekali kegiatan positif yang dilakukan peserta Kirab Pemuda 2017 di hampir 100 kota dan kabupaten yang ada di 34 provinsi di Indonesia. Antara lain ikrar kebangsaan pemuda untuk NKRI, napak tilas Kebhinekaan, pawai seni dan budaya pemuda, serta festival dan kompetisi film pendek pemuda. Kemudian, mereka juga mengikuti festival dan kompetisi band indie pemuda, pameran kreativitas pemuda, disertai talkshow, workshop dan Seminar. Ada pula temu komunitas pemuda kreatif, bakti sosial lingkungan pemuda, gerakan pemuda membaca kitab suci, hingga olahraga rekreasi pemuda, turut mereka lakukan di 100 kabupaten dan kota.

Kabar baiknya, Kirab Pemuda ini bakal digelar lagi pada 2018 nanti, di mana target bisa mengunjungi 514 kota dan kabupaten di Indonesia. Bagaimana, siap untuk berpartisipasi?