FOLLOW US:


Kilas Balik Piala Dunia 1998 Prancis

29-05-2018 08:38
Kilas Balik Piala Dunia 1998 Prancis
Prancis Juara Piala Dunia 1998 © FIFA

Bola.net - Tuan rumah: Prancis
Juara: Prancis
Runner Up: Brasil
Top Skorer: Davor Suker (Kroasia) - 6 Gol
Skor Tertinggi: Spanyol 6-1 Bulgaria (Grup D)
Total Gol: 171
Total Penonton: 2,774,891


Pentas Piala Dunia tahun 1998 ini diselenggarakan di Prancis. Turnamen dimulai dari 10 Juni hingga 12 Juli 1998.

Piala Dunia kali ini merupakan Piala Dunia edisi ke-16. Berbeda dengan edisi sebelumnya, Piala Dunia kali ini diikuti oleh 32 peserta yang berasal dari lima benua. Jumlah ini mengalami penambahan delapan tim sejak edisi sebelumnya. Empat di antaranya adalah tim debutan yakni Afrika Selatan, Jamaika, Kroasia dan Jepang.

Seluruh 32 tim dibagi ke dalam delapan grup, lalu juara dan peringkat kedua grup lolos ke babak gugur. Berbeda ketika turnamen masih diikuti 24 tim, harus ada perhitungan tersendiri untuk menentukan tim peringkat ketiga dari enam grup yang tersedia.



Prancis dipilih FIFA sebagai tuan rumah pada bulan Juli 1992 dalam pemilihan di Zurich, Swiss. Mereka berhasil mengalahkan dua calon lainnya, Maroko dan Swiss.  Di Piala Dunia 1998, tuan rumah pun untuk pertama kalinya keluar sebagai juara sejak turnamen pertama kali diadakan pada 1930.

Penyelenggaraan Piala Dunia ini bisa dibilang cukup sukses karena tercipta 171 gol sepanjang turnamen. Mulai dari gol sundulan Cesar Sampaio pada pertandingan perdana antara Brasil dan Skotlandia hingga tendangan Emmanuel Petit saat final Prancis versus Brasil. Jumlah ini merupakan rekor terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia.

Piala Dunia edisi ini juga merupakan Piala Dunia dengan jumlah pengeluaran kartu merah terbanyak, yaitu 22 kali. Rekor ini kemudian pecah pada edisi 2006.

Salah satu kejutan yang terjadi pada Piala Dunia ini adalah menterengnya performa Kroasia. Melakoni debut setelah bercerai dari Yugoslavia, Kroasia menggebrak dengan melaju jauh hingga menempati peringkat ketiga setelah mengalahkan Belanda. Sementara itu, striker Kroasia Davor Suker menjadi pencetak gol terbanyak dengan 6 gol.

Partai final di State De France mempertemukan tuan rumah Prancis dengan juara bertahan Brasil. Pertandingan ini menjadi duel dua bintang terbaik dari negara tersebut yaitu Zinedine Zidane dan Ronaldo.

Prancis
Prancis


Namun, beberapa jam sebelum pertandingan dimulai, Ronaldo dikabarkan mengalami kejang-kejang dan busa keluar dari bagian mulutnya. Bahkan namanya hilang dari daftar pemain yang dibawa oleh pelatih Mario Zagallo. Namun, sang pemain akhirnya bisa diturunkan pada laga final.

Ronaldo
Ronaldo


Ronaldo tampil melempem di final dan akhirnya Brasil harus menelan kekalahan dengan skor 3-0 dari Prancis. Zidane mencetak dua gol sedangkan Emmanuel Petit memastikan Prancis mengangkat trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Kontestan: Arab Saudi, Korea Selatan, Jepang, Iran, Nigeria, Tunisia, Afrika Selatan, Kamerun, Maroko, Meksiko, Amerika Serikat, Jamaika, Argentina, Paraguay, Kolombia, Chile, Prancis, Denmark, Inggris, Norwegia, Austria, Skotlandia, Bulgaria, Spanyol, Belanda, Rumania, Jerman, Kroasia, Italia, Belgia, Yugoslavia.

Venue: Stade de France, Velodrome, Parc des Princes, Felix Bollaert, Gerland, La Beaujoire, Municipal, Geoffroy-Guichard, Parc Lescure, La Mosson.