FOLLOW US:


Kualifikasi PD 2010, Dari Xavi Hingga Vakatalesau

17-10-2009 01:25

 | Xavi

Xavi Hernandez, pengumpan terbanyak selama kualifikasi.
Xavi Hernandez, pengumpan terbanyak selama kualifikasi.

Bola.net - Oleh : Zulfikar Aleksandri

Anda tentu masih asing dengan nama striker timnas Fiji, Osea Vakatalesau. Padahal, pemain berusia 23 tahun itu merupakan pencetak gol terbanyak kualifikasi Piala Dunia (PD) 2010 mengalahkan striker papan atas seperti Zlatan Ibrahimovic, Wayne Rooney, hingga Luis Fabiano.

Bersanding dengan Vakatalesau adalah gelandang Barcelona dan timnas Spanyol, Xavi Hernandez, untuk urusan pemberi umpan (assist).

Hampir semua konfederasi telah menyelesaikan seluruh pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010, meski fase play-off masih akan dimainkan bulan depan. Sejumlah negara membuat kejutan dengan lolos ke Afrika Selatan meski sebelumnya tidak diunggulkan, seperti Korea Utara, Honduras, Chile, dan Slovakia.

Prancis, Portugal, Russia, dan Yunani yang berprestasi di level Eropa dalam satu dekade terakhir harus berjuang melalui play-off bersama Slovenia, Ukraina, Bosnia Herzegovina, dan Republik Irlandia.

Uruguay lebih diunggulkan menghadapi Kosta Rika dalam dua laga play-off antar wakil CONMEBOL dan CONCACAF, sementara Bahrain dan Selandia Baru memiliki peluang sama besar untuk lolos ke Afrika Selatan setelah bermain imbang tanpa gol pada leg pertama.

Sedangkan dari benua Afrika, tim favorit Kamerun harus menang bila tidak ingin posisinya direbut Gabon di Grup A. Tunisia dan Nigeria masih bersaing ketat di Grup B, demikian pula dengan Algeria dan Mesir di Grup C.

Berikut rangkuman angka dan hal-hal menarik sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2010.

79.753 - Jumlah rata-rata penonton di Stadion Wembley selama kualifikasi, tertinggi di Eropa.

34 - Jumlah gol yang dikoleksi Inggris selama kualifikasi, juga menjadi catatan tertinggi di Eropa.

47 - Jumlah seluruh gol yang bersarang di gawang San Marino dalam sepuluh pertandingan kualifikasi, terbanyak di antara semua negara.

8 - David Beckham (Inggris) dan Tom De Sutter (Belgia) menjadi pemain pengganti terbanyak di Eropa.

939 - Jumlah total umpan yang dibuat Xavi Hernandez selama kualifikasi.

2.147 - Jumlah total gol di semua konfederasi hingga Eropa, Amerika Utara dan Selatan menyelesaikan kualifikasi (minus play-off).

15.009 - Jumlah penonton di Stadion Ennio Tardini ketika Italia menghadapi Siprus di pertandingan terakhir kualifikasi. Bandingkan dengan 76.897 penonton di Wembley ketika Inggris menang 3-0 atas Belarusia pada hari yang sama.

2 - Belanda hanya kemasukan dua gol selama kualifikasi, rekor conceded paling minim.

34 - Jumlah tendangan yang dilakukan Rooney ke arah gawang lawan, 9 di antaranya menjadi gol.

17 - Pemain yang selalu bermain (tidak pernah absen dan bermain full time) selama kualifikasi.

47 - Jumlah total pemain yang dimainkan Rumania selama kualifikasi, tertinggi di Eropa.

21 - Jumlah total pemain yang dimainkan Latvia selama kualifikasi, paling sedikit di Eropa.

12 - Jumlah gol yang dicetak striker timnas Fiji, Osea Vakatalesau, yang merupakan pencetak gol terbanyak selama kualifikasi Piala Dunia 2010.

88,07 - Persentase umpan berhasil dari total 66.556 umpan yang dilakukan pemain-pemain timnas Spanyol, merupakan yang terbaik selama kualifikasi dari semua konfederasi.

10 - Jumlah negara yang belum pernah terkalahkan selama kualifikasi, termasuk juara Eropa, Spanyol.