FOLLOW US:


Menelisik Intrik di Balik Ruwetnya Transfer Lukaku

07-07-2017 10:24

 | Romelu Lukaku

Menelisik Intrik di Balik Ruwetnya Transfer Lukaku
Romelu Lukaku © AFP

Bola.net - Romelu Lukaku adalah salah satu penyerang yang paling diminati di bursa transfer kali ini. Penyerang asal Belgia berusia 24 tahun itu memang bermain sangat bagus sepanjang musim lalu bersama Everton.

Lukaku bermain dalam 37 pertandingan Premier League, mencetak 25 gol bagi The Toffies. Secara keseluruhan, Lukaku bermain 39 kali, mencetak 26 gol dan tujuh assist selama satu musim. Ia bisa disebut sebagai pemain yang sudah berpengalaman di Premier League dengan 186 penampilan bagi Chelsea, West Brom dan Everton.

Kinerja yang semakin bagus setiap musim membuat Lukaku kerap dikabarkan akan bergabung dengan klub top yang levelnya berada di atas Everton. Klub yang paling menginginkan Lukaku ironisnya adalah klub yang pernah membuangnya; Chelsea.

Segera setelah musim berakhir, rumor soal akan hengkangnya Lukaku dari Everton langsung muncul. Agen Lukaku, Mino Raiola, menegaskan bahwa Everton tidak akan menjual Lukaku di bawah harga 100 juta pound. Lukaku sendiri sudah mengatakan bahwa ia telah membuat pilihan sejak awal bulan Juni. Ia juga menyebut bahwa ia sudah tidak bisa lagi bertahan di Everton karena ingin menjadi juara Premier League dan bermain di Liga Champions.

Chelsea menjadi klub pertama yang ingin mendapatkan tanda tangan sang penyerang. Lukaku sendiri juga tak menutup pintu bagi Chelsea yang sudah dipastikan akan menendang keluar Diego Costa. Namun harga tinggi Lukaku membuat Chelsea sedikit ragu dengan transfer itu. Sebagai catatan, Chelsea musim panas ini mengincar tiga penyerang muda nan tajam; Lukaku, Andrea Belotti, dan Alvaro Morata.

Chelsea menjadikan Lukaku sebagai prioritas karena Direktur Teknik mereka, Michael Emenalo sangat menginginkannya. Emenalo memang bertanggung jawab atas semua transfer Chelsea, baik yang datang maupun transfer keluar selama ini. Masalahnya, Antonio Conte lebih menginginkan Belotti sebagai target utama dan Morata sebagai pilihan kedua (dan Fernando Llorente sebagai pelapis).

Chelsea pun sudah melakukan pendekatan resmi kepada Everton dan Lukaku. Mereka bisa meyakinkan sang pemain meski belum mencapai kesepakatan personal soal gaji. Namun situasi ini justru menciptakan ketegangan antara Conte dengan Emenalo. Sebagai catatan, Emenalo juga sudah sering terlibat ketegangan serupa dengan Jose Mourinho semasa masih di Chelsea.

Situasi ini berpengaruh langsung kepada Manchester United yang juga sedang mencari striker. Target utama United sebenarnya adalah  Antoine Griezmann, tetapi penyerang asal Prancis itu tidak mau meninggalkan Atletico yang saat ini dijatuhi embargo transfer oleh FIFA. Jika Griezmann pergi, maka Atleti tidak akan bisa mencari penggantinya. United pun kemudian mengarahkan bidikannya kepada Belotti, Morata dan Lukaku. Artinya, mereka memiliki target yang sama dengan Chelsea meski dengan prioritas berbeda.

United memberikan prioritas kepada Belotti, namun mereka menyerah setelah gagal mencapai kesepakatan dengan Torino. United tak mau menuruti permintaan harga Torino yang sesuai dengan nilai buyout Belotti sebesar 100 juta euro. United pun berpaling kepada Morata.

Real Madrid ternyata bersikap sama kerasnya soal Morata. Meski Morata bukan penyerang utama dan selama ini hanya dipakai sebagai pemain cadangan saja, namun Madrid tetap memasang harga yang ekstra tinggi. Kabarnya, tawaran United sebesar 75 juta euro telah ditolak oleh Los Blancos., demikian menurut Fabrizio Romano.

United pun sepertinya jengah dan mulai mengalihkan pandangan kepada Romelu Lukaku. Kebetulan, United memiliki hubungan yang sangat bagus dengan Raiola, agen Lukaku. Selain itu, United punya senjata pamungkas untuk meyakinkan Everton agar mau melepas Lukaku ke arah mereka; Wayne Rooney.

Seperti diketahui, peran Rooney di United sudah sangat terbatas musim lalu dan United bisa menjadikannya umpan untuk membuat Everton merelakan Lukaku. Strategi ini nampaknya sangat efektif dan United dikabarkan tinggal selangkah lagi mendapatkan Lukaku.

Situasi itu membuat Real Madrid panik karena jika United mendapatkan Lukaku, maka Morata akan sulit terjual. Marca sampai menulis bahwa rumor transfer Lukaku ke United itu hanya bentuk 'ancaman' agar Madrid melepas Morata dengan lebih murah. Namun sepertinya United kini memang lebih memilih Lukaku sebagai striker yang akan mereka beli.

Di kubu Chelsea, pengejaran terhadap Lukaku akhirnya dihentikan setelah Emenalo mengalah kepada Conte. Pihak klub sepertinya akan mencoba untuk membeli Belotti seperti yang diinginkan Conte.

Sampai rangkuman ini ditulis, beberapa sumber terpercaya Eropa masih menyebut bahwa Lukaku akan gabung ke Old Trafford (Di Marzio, Telegraph, BBC, Paul Joyce). Sementara itu, Chelsea kini fokus ingin mendapatkan Belotti seperti yang diinginkan Conte. Menarik untuk disimak bagaimana pusaran transfer ini akan berakhir nantinya.