FOLLOW US:


Real Madrid vs Juventus, Apa Yang Salah Dari Sang Juara Bertahan?

13-04-2018 16:15
Real Madrid vs Juventus, Apa Yang Salah Dari Sang Juara Bertahan?
Cristiano Ronaldo. © AFP

Bola.net - Real Madrid sukses melewati hadangan Juventus di Santiago Bernabeu lewat sebuah pertandingan yang penuh drama. Sulit mencari kata tepat untuk mewakili apa yang terjadi di leg kedua perempat final Liga Champions itu.

Juventus meninggalkan Italia dan terbang ke Spanyol dalam sebuah misi yang banyak orang sebut sebagai mission impossible, di mana mereka mengejar ketertinggalan 0-3 akibat kekalahan di leg pertama di Turin. Namun tim asuhan Massimiliano Allegri tersebut mengejutkan semua orang ketika dalam tempo satu jam pertandingan, Bianconeri mampu menyamakan agregat.

Fans Real Madrid dibuat deg-degan dengan penampilan tim kesayangan mereka. Wajah-wajah tak percaya tampak mulai muncul hampir di seluruh tribun suporter. Sedangkan suporter Juventus terlihat begitu bersemangat ikut berjuang lewat chant-chant mereka sepanjang pertandingan. Hingga akhirnya pada menit ke-93, sebuah insiden terjadi.



Di awali sebuah umpan ke dalam kotak penalti Juventus yang dilepas Toni Kroos mampu diteruskan Cristiano Ronaldo dengan sebuah sundulan ke arah Lucas Vazquez, nama terakhir tersebut bersiap untuk meneruskan bola ke gawang Gianluigi Buffon sebelum dia terjatuh karena mendapatkan kontak dari Medhi Benatia. Tanpa ragu, wasit Michael Oliver menunjuk titik putih yang sontak mendapatkan protes dari pemain Juventus. Puncak dari protes itu adalah ketika kapten Bianconeri, Gianluigi Buffon mendapatkan kartu merah.

Keputusan tak berubah. Cristiano Ronaldo yang maju sebagai algojo mampu menjalankan tugasnya dengan baik setelah tendangan kerasnya tak mampu dijangkau oleh kiper pengganti, Wojciech Szczesny. Skor berubah menjadi 3-1. Satu gol yang sangat menentukan dan mengubah akhir pertandingan. Real Madrid lolos untuk ke semifinal untuk kali kedelapan secara beruntun, sebuah rekor di panggung Eropa.

Meskipun lolos ke semifinal Liga Champions, banyak yang heran kenapa Real Madrid bisa sampai begitu menderitanya melawan Juventus di Santiago Bernabeu. Terlebih rekor tuan rumah di kandang begitu mentereng sebelum melawan Juventus ini.

Untuk melihat apa yang berjalan baik dan apa yang tidak, kita harus sedikit menengok ke belakang dan menganalisis pemilihan taktik dari pelatih Zinedine Zidane pada pertandingan tersebut.