FOLLOW US:


10 Pemain Sepak Bola Paling Menghibur Sepanjang Masa (Bagian 2)

13-11-2020 19:15

 | Serafin Unus Pasi

10 Pemain Sepak Bola Paling Menghibur Sepanjang Masa (Bagian 2)
Ronaldinho © FC Barcelona

Bola.net - Sepak bola menjadi olahraga yang begitu populer, disamping tujuannya yang terlihat hanya untuk mencetak gol, di dalamnya tersajikan hiburan yang bisa berasal dari magis salah seorang pemain. Keindahan dalam mengolah bola dari kaki seorang bintang pun menjadi hal yang terkadang dinanti-nantikan penikmatnya.

Ada yang bisa menyihir khalayak hingga terkesima kecerdikannya melewati lawan dengan tarian-tarian khas dalam menggocek bola. Memperlihatkan seolah kaki dan bola begitu melekat hingga bola sulit terlepas.

Aksi tersebut yang terkadang memukau penonton dan menjadikan pemain dicintai penggemar klub yang dibelanya, bahkan disanjung penggemar dari klub rival yang dibelanya. Tak jarang gaya permainan yang disajikan menjadi inspirasi untuk banyak orang dalam bermain sepak bola.

Hal yang bisa dilakukan oleh pemain dari berbagai posisi, dari seorang bek, gelandang, penyerang bisa memberikan hiburan yang memukau. Bahkan dari seorang kiper yang tugas utamanya menjaga gawang pun bisa membuat khalayak berdecak kagum dengan kakinya

Seperti yang pernah dilakukan Rene Higuaita ketika melakukan scorpion kick untuk menghalau bola dari gawangnya. Hal sebaliknya malah pernah dilakukan legenda sepak bola yang berposisi penyerang, Diego Maradona yang justru mencetak gol kontroversial dengan tangannya.

Rene Higuaita dan Diego Maradona pun layak disebut sebagai pemain paling menghibur yang pernah ada. Bersamanya ada pemain lain, dilansir dari Sportskeeda berikut urutan 5-1 pemain paling menghibur sepanjang masa.

1 dari 5

5. Zinedine Zidane

5. Zinedine Zidane
Zinedine Zidane saat mencetak gol ke gawang Bayer Lleverkusen di final Liga Champions 2002 © La Liga

Pemain yang pernah menjuarai Piala Dunia 1998 bersama timnas Prancis, Zinedine Zidane menjadi salah satu pemain yang kerap memberikan aksi memukau di lapangan. Zidane bisa mendrible dengan ketenangan yang besar, memberikan passing akurat hingga menciptakan gol spektakuler.

Salah satu yang menjadi memorable adalah ketika dirinya mencetak gol melalui volley first time dengan kaki kirinya di final Liga Champions 2002. Belum lagi aksi-aksinya dalam melakukan gocekan dengan kedua kakinya.

Zinedine Zidane juga membuktikan bahwa dirinya merupakan pemain terbaik yang pernah ada di sepak bola lewat gelar pemain terbaik dunia yang dirahinya pada 1998.

2 dari 5

4. Lionel Messi

4. Lionel Messi
Aksi Lionel Messi pada laga melawan Celta Vigo di pekan keempat La Liga 2020/2021 © AP Photo

Lionel Messi pemain yang kini memegang rekor sebagai pemilik Ballon d’Or terbanyak (6 kali) tersebut merupakan pemain yang kapan saja bisa menjadi pembeda di timnya. Lionel Messi sudah tidak diragukan lagi memiliki kaki yang begitu lihai untuk melakukan dribble.

Berkat kepiawaiannya tersebut, Messi bisa dengan mudah lepas dari kepungan lawan dengan menggocek 4-5 pemain. Hal yang telah ditunjukkannya beberapa kali, bahkan di awal karirnya ketika masih berusia 19 tahun di laga Barcelona melawan Getafe.

Lionel Messi juga memiliki insting tajam dalam menjebol gawang lawan atau memberikan distribusi bola ke rekannya. Sehingga kini, Lionel Messi bertengger sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa dengan 640 gol diikuti 282 assists dari 741 penampilannya.

3 dari 5

3. George Best

3. George Best
George Best © Eurosport

Di era 1960 hingga 1980-an sepak bola memiliki George Best, winger yang piawai dalam melakukan dribble cepat untuk menyisir sisi lapangan dan mencetak gol. George Best juga dikenal sebagai pesepak bola flamboyan dengan rupa menawan serta gaya hidup nyentrik.

George Best pun selanjutnya menjadi salah satu pemilik nomor punggung 7 terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Bukti nyata bahwa George pemain terbaik yang pernah ada adalah gelar Ballon d’Or yang didapatkannya tahun 1968.

Di Manchester United, George Best menjelma menjadi winger yang produktif dan dari 304 penampilannya, Best mencetak 116 gol di semua kompetisi.

4 dari 5

2. Diego Maradona

2. Diego Maradona
Diego Maradona di Napoli © HBO via AP

Diego Maradona pesepak bola Argentina yang akan selalu dikenang lewat golnya yang memberikan penderitaan besar untuk timnas Inggris. Dua kali, Inggris mati kutu dengan dua gol memorable yang disebut sebagai ‘gol tangan Tuhan’ dan ‘goal of the century’.

Satu golnya dicetak secara kontroversial lewat tangannya yang disebut dirinya sebagai anugerah dari Tuhan. Gol kedua dicetaknya dengan skill tinggi lewat gocekan mautnya dari tengah lapangan dengan melewati empat pemain Inggris sebelum akhirnya membobol gawang yang dijaga Peter Shilton.

Di level klub, Diego Maradona juga menjadi kecintaan publik Napoli dan sempat membawa timnya meraih gelar Serie A musim 1986/87 dan 1989/70.

5 dari 5

1. Ronaldinho

1. Ronaldinho
© FC Barcelona

Dalam dunia sepak bola, Ronaldinho lah yang begitu kental membawa gaya permainan khas dengan gocekan yang dikenal dengan gaya samba. Ronaldinho bisa memukau penonton dengan mendribel bola seolah melakukan tarian yang mampu membuat lawannya kepusingan.

Ronaldinho pun menjadi salah satu pesepakbola yang dikatakan sulit untuk dibenci berkat gaya permainannya dan senyuman khasnya. Selain gocekan khasnya, Ronaldinho juga bisa memberikan umpan-umpan ajaib dan tembakan bola mati yang memukau.

Salah satu momen yang terekam dan begitu memorable adalah tepuk tangan dari para penggemar Real Madrid yang merupakan rival Barcelona ketika berlaga di Santiago Bernabeu. Ronaldinho yang kala itu tampil menjadi bintang lewat dua golnya, mendapatkan applause dari fans tuan rumah ketika mencetak gol keduanya.

Sumber: Sportskeeda

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)