12 Pemain Bintang yang Flop di Piala Dunia 2022: Dari Darwin Nunez hingga Romelu Lukaku

Asad Arifin | 7 Desember 2022 13:21
12 Pemain Bintang yang Flop di Piala Dunia 2022: Dari Darwin Nunez hingga Romelu Lukaku
Ekspresi Romelu Lukaku usai gagal menyelesaikan peluang di depan gawang Kroasia, Kamis (1/12/2022) (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Bola.net - Daftar pemain bintang yang gagal bersinar di Piala Dunia 2022. Darwin Nunez dan Romelu Lukaku termasuk pemain yang gagal menunjukkan performa bagus. Kedua pemain gagal mencetak gol.

Piala Dunia 2022 sudah masuk babak perempat final. Beberapa pemain top belum menunjukkan performa optimal. Salah satunya Cristiano Ronaldo. Usai mencetak gol penalti ke gawang Ghana, Ronaldo puasa gol tiga laga beruntun.

Bahkan, Ronaldo harus rela memulai laga dari bangku cadangan ketika Portugal menang 6-1 atas Swiss. Namun, Ronaldo masih punya minimal laga perempat final untuk menampilkan aksi terbaiknya.

Tak seperti Ronaldo, ada beberapa pemain bintang yang tampil flop dan tak punya kesempatan memperbaiki performa. Negara mereka sudah tersingkir dari Piala Dunia 2022. Siapa saja pemain tersebut? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 12 halaman

Darwin Nunez

Darwin Nunez

Na Sang-ho (kiri) berebut bola dengan Darwin Nunez di laga Uruguay vs Korea Selatan di laga pembuka Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Kamis (24/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Martin

Posisi: Penyerang
Usia: 23 tahun
Negara asal: Uruguay

Darwin Nunez gagal menunjukkan performa terbaiknya di Piala Dunia 2022. Dari tiga laga yang dimainkan, pemain Liverpool itu gagal mencetak gol. Uruguay pun gagal lolos dari fase grup.

Di Uruguay, Nunez harus memainkan peran yang berbeda dibanding di Liverpool. Nunez lebih sering bergerak melebar karena ada Luis Suarez dan Edinson Cavani yang menjadi penyerang tengah.

2 dari 12 halaman

Nikola Milenkovic

Nikola Milenkovic

Duel Granit Xhaka dan Nikola Milenkovic pada laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Posisi: Bek tengah
Usia: 25 tahun
Negara asal: Serbia

Milenkovic menjadi incaran banyak klub top Eropa pada awal musim 2022/2023 lalu. Andai tampil bagus di Piala Dunia 2022, Fiorentina bakal mendapat uang dalam jumlah besar jika melepas Milenkovic pada bursa transfer Januari 2023.

Namun, Milenkovic justru flop. Milenkovic tidak mampu menyelamatkan Serbia dari kekalahan dan gagal lolos dari fase grup. Dari tiga laga, Serbia kebobolan delapan gol.

3 dari 12 halaman

Andre Onana

Andre Onana

Aksi Andre Onana saat Kamerun berjumpa Swiss di matchday 1 Grup G Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Kamis (24/11/2022). (c) AP Photo/Petr Josek

Posisi: Penjaga gawang
Usia: 26 tahun
Negara asal: Kamerun

Onana harusnya jadi kiper utama Kamerun di Piala Dunia 2022. Hal itu tercermin pada laga lawan Swiss pada matchday ke-1. Onana bermain inti. Namun, Kamerun kalah 1-0 dari Swiss.

Setelah itu, Onana beda pendapat dengan pelatih Rigobert Song. Onana tidak mau menuruti permintaan sang pelatih untuk mengubah gaya mainnya. Onana akhirnya dicoret dari skuad Kamerun.

4 dari 12 halaman

Thomas Muller

Thomas Muller

Duel Thomas Muller dan Wataru Endo di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Matthias Schrader

Posisi: Gelandang
Usia: 33 tahun
Negara asal: Jerman

Muller seperti mengulang mimpi buruk yang terjadi di Piala Dunia 2018 Rusia. Muller gagal menunjukkan performa apik dan harus tertunduk karena Jerman gagal lolos dari fase grup.

Muller mencetak lima gol di Piala Dunia 2010. Pada Piala Dunia 2014, Muller juga mencetak lima gol dan ditambah gelar juara. Namun, pada dua edisi Piala Dunia selanjutnya, Muller menjadi pesakitan.

5 dari 12 halaman

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne

Aksi Kevin De Bruyne di laga Belgia vs Maroko di laga matchday 2 Grup F Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Minggu (27/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Frank Augstein

Posisi: Gelandang
Usia: 31 tahun
Negara asal: Belgia

De Bruyne menjadi pemain bintang yang paling mengecewakan di Piala Dunia 2022 ini. Bukan hanya pada level individu, akan tetapi juga kolektif.

De Bruyne gagal membawa Belgia lolos dari fase grup Piala Dunia 2022. Selain itu, komentar 'terlalu tua' yang diucapkan De Bruyne juga mengakibatkan keretakan di ruang ganti. Situasi menjadi kacau bagi Belgia setelahnya.

6 dari 12 halaman

Thomas Partey

Thomas Partey

Thomas Partey ketika membela Ghana di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Posisi: Gelandang
Usia: 29 tahun
Negara asal: Ghana

Partey menunjukkan performa yang cukup bagus bersama Arsenal. Namun, performa itu tak terulang ketika Partey bermain untuk Ghana di Piala Dunia 2022.

Partey gagal menjadi pembeda di lini tengah. Performa terburuk Partey terjadi pada matchday ketiga, ketika Ghana kalah 2-0 dari Uruguay. Padahal, mereka bisa lolos ke babak 16 Besar andai bermain imbang.

7 dari 12 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku usai gagal mencetak gol pada laga Piala Dunia 2022 melawan Kroasia (c) AP Photo/Luca Bruno

Posisi: Penyerang
Usia: 29 tahun
Negara asal: Belgia

Lukaku bergabung ke skuad Belgia dengan kondisi tidak 100 persen bugar. Lukaku baru sembuh dari cedera yang didapat bersama Inter Milan. Performa Lukaku pun jauh di bawah harapan.

Ketika Belgia bermain imbang 0-0 lawan Kroasia pada matchday ketiga Grup F, Lukaku tampil buruk. Paling tidak, ada lima peluang emas yang didapat Lukaku. Namun, tak ada gol yang dicetaknya.

8 dari 12 halaman

Niklas Sule

Niklas Sule

Aksi bek tengah Jerman, Niklas Sule di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Ebrahim Noroozi

Posisi: Bek tengah
Usia: 27 tahun
Negara asal: Jerman

Jerman tak pernah nirbobol pada tiga laga Piala Dunia 2022. Situasi itu tak lepas dari performa mengecewakan Niklas Sule, baik ketika dimainkan sebagai bek tengah maupun bek kanan.

Sule membuat gerakan ceroboh saat Jerman kalah lawan Jepang. Dia menggagalkan jebakan offside. "Sule bukan pemain kelas dunia. Dia seperti Harry Maguire-nya Jerman," kata pandit asal Belanda, Rafael van der Vaart.

9 dari 12 halaman

Federico Valverde

Federico Valverde

Federico Valverde dalam laga Uruguay vs Korea Selatan di Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Kamis (24/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Martin Meissner

Posisi: Gelandang
Usia: 24 tahun
Negara asal: Uruguay

Seperti Darwin Nunez, Valverde tak mampu memenuhi ekspektasi untuk bersinar di Piala Dunia 2022. Valverde tenggelam, berbanding terbaik dengan performa di Real Madrid.

Valverde tampil cukup bagus ketika La Celeste imbang 0-0 lawan Korea Selatan. Namun, ketika berjumpa Portugal, Valverde tidak menunjukkan performa terbaiknya dan Uruguay tumbang dengan skor 2-0.

10 dari 12 halaman

Keylor Navas

Keylor Navas

Keylor Navas merayakan keberhasilan Kosta Rika lolos ke Piala Dunia 2022. (c) Costa Rica Football Official

Posisi: Kiper
Usia: 35 tahun
Negara asal: Kosta Rika

Keylor Navas punya catatan bagus di Piala Dunia, mirip dengan Guilermo Ochoa dari Meksiko. Namun, kiper PSG itu gagal mengukir cerita indah di Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada laga pertama, Navas kebobolan tujuh gol. Kosta Rika kalah 7-0 dari Spanyol. Sempat bangkit pada laga kedua, dengan kemenangan 1-0 atas Jepang, Navas kembali terburuk pada laga ke-3. Empat gol bersarang di gawang Navas saat berjumpa Jerman.

11 dari 12 halaman

Gareth Bale

Gareth Bale

Aksi Gareth Bale di laga Wales vs Inggris di matchday 3 Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmed bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Posisi: Penyerang
Usia: 33 tahun
Negara asal: Wales

Gareth Bale datang ke Piala Dunia 2022 dengan motivasi yang tinggi. Sebab, dia baru saja mengantar Los Angeles FC meraih juara Major League Soccer 2022. Namun, Bale tidak memenuhi ekspektasi di Qatar.

Bale bikin gol penalti dan menghindarkan Wales dari kekalahan saat bersua Amerika Serikat. Lalu, pada dua laga berikutnya, Bale 'hilang'. Wales kalah dan tak mampu mencetak gol.

12 dari 12 halaman

Christian Eriksen

Christian Eriksen

Raut sedih Christian Eriksen setelah Denmark dikalahkan Australia dan gagal ke 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (30/12/22) malam WIB. (c) AP Photo/Aijaz Rahi

Posisi: Gelandang
Usia: 30 tahun
Negara asal: Denmark

Eriksen punya beban yang sangat berat di Piala Dunia 2022. Setelah Denmark tampil bagus di Euro 2020, dia diharapkan mampu memimpin tim meraih prestasi bagus di Qatar.

Eriksen sejatinya tampil bagus pada level individu. Hanya saja, pada level kolektif, Eriksen gagal membawa Denmark tampil sesuai harapan. Denmark gagal lolos dari fase grup Piala Dunia 2022.

Sumber: Bola

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR