FOLLOW US:


2 Eks Manchester United yang Nyasar ke Liga Indonesia, Ada yang Masih Ingat?

19-07-2021 18:08

 | Serafin Unus Pasi

2 Eks Manchester United yang Nyasar ke Liga Indonesia, Ada yang Masih Ingat?
Bendera Manchester United © AP Photo

Bola.net - Manchester United punya banyak penggemar di Indonesia. Maka dari itu, jadi berita heboh ketika ada pemain berbau Setan Merah bermain di Tanah Air.

Tapi ini nyata pernah terjadi. Di Liga Indonesia, setidaknya ada dua mantan pemain Manchester United yang pernah mampir bermain. Siapa mereka?

Dua pemain tersebut adalah Eric Djemba Djemba dan Amancio Fortes. Generasi sekarang barangkali kurang mengenal mereka karena moment itu sudah lama terjadi.

Namun, Eric Djemba Djemba dan Amancio Fortes benar-benar pernah berjersey Setan Merah. Lalu ketika bermain di Liga Indonesia, keduanya sama-sama berkostum Persebaya Surabaya yang ketika itu terpecah menjadi dua, Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL).

Lantas, bagaimana kisah keduanya saat bermain di Liga Indonesia? Berikut perjalanan Eric Djemba Djemba dan Amancio Fortes sebagai bekas pemain Manchester United yang berkiprah di Tanah Air.

1 dari 2

Eric Djemba Djemba

Eric Djemba Djemba
Eric Djemba-Djemba © AFP

Pemain asal Kamerun ini didatangkan Manchester United dari Nantes pada musim panas 2003. Manajer Setan Merah ketika itu, Sir Alex Alex Ferguson memandang Eric Djemba Djemba bisa mengisi lapangan tengah yang baru ditinggal pensiun Roy Keane.

Tapi di Manchester United, Eric Djemba Djemba hanya bertahan dua musim pada 2003-2005. Catatannya, hanya bermain dalam 20 pertandingan.

Fakta tersebut memperlihatkan jika pemain yang sekarang berusia 40 tahun itu sulit bersaing mendapatkan tempat utama dalam skuad Setan Merah. Pada akhirnya, Eric Djemba Djemba dijual ke Aston Villa (2005), lalu musim panas 2007 dipinjamkan ke Burnley.

Lepas dari Liga Inggris, nama Eric Djemba Djemba meredup. Ia banyak berpindah klub, mulai Qatar SC, Odense Boldklub, Hapoel Tel Aviv, Partizan, St Mirren, hingga Chennaiyan.

Kemudian pada 2015, Persebaya yang bermain di ISL merekrutnya. Sayangnya belum sampai memainkan laga pertama alias debut, sepak bola Indonesia keburu disanksi FIFA karena intervensi pemerintah terhadap PSSI.

2 dari 2

Amancio Fortes

Amancio Fortes
Amancio Fortes © IPL

Sosok ini belum sampai merasakan tim utama Manchester United. Tapi, bau Setan Merah sudah kental dalam dirinya karena pada 2006-2007 pernah masuk tim remaja.

Ceritanya saat itu, Amancio Fortes bermain di tim muda Real Massama. Kemudian tim pemandu bakat Manchester United tertarik dan membawanya dengan status pinjaman.

Sayangnya, pemain yang bermain di posisi gelandang itu kalah bersaing. Amancio Fortes gagal masuk tim utama Manchester United, dan setelah itu dijual Real Massama ke Uniao Madeira.

Perkenalan Amancio Fortes dengan Indonesia terjadi saat muncul Breakaway League, Liga Primer Indonesia (LPI). Ia direkrut Semarang United pada 2011.

Setahun berikutnya, Amancio Fortes direkrut Persebaya yang bermain di IPL. Tapi kompetisi itu tak berjalan mulus.

Saat ini, Amancio Fortes masih aktif bermain. Terakhir, ia memperkuat klub Polandia, Radomiak Radom.

(Bola.net/Fitri Apriani)