FOLLOW US:


2 Pesepakbola Muda Indonesia Kembali Asah Talenta di Spanyol

12-09-2018 10:04

Setelah menikmati liburan panjang di Tanah Air sejak Juni 2018, dua pesepakbola muda Indonesia, Syukran Arabia Samual dan Andrian Rusdianto harus kembali ke Spanyol. Keduanya akan melanjutkan pelatihan di klub kasta ketiga Liga Spanyol, CDA Navalcarnero.

Sebagai informasi, Syukran dan Andrian mendapatkan beasiswa selama tiga tahun di Akademi CDA Navalcarnero. Keduanya menerima beasiswa tersebut setelah menjalani trial terlebih dulu di turnamen Football Barcelona Cup pada April 2016 lalu bersama Tim SBAI (Sepak Bola Anak Indonesia).

Setahun berlatih bersama CDA Navalcarnero, perkembangan pesat terus ditunjukan kedua pemain jebolan SSB Kabomania ini. Alhasil, beberapa akademi klub ternama di Spanyol terpikat untuk menarik keduanya masuk dalam pusat latihan, seperti Leganes dan Getave.

"Setelah setahun masa percobaan masuk dalam akademi Navalcalnero, grafik perkembangan keduanya cukup pesat. Sampai akhirnya tahun ini mereka diundang untuk masuk kedalam pusat latihanya Leganes dan Getave," ujar Dani Septia Isnandar selaku Ketua Umum SBAI yang juga sebagai pendamping Syukran dan Andrian di Spanyol.

Kesempatan langka ini tentu tak akan di sia-siakan oleh keduanya. Baik Syukran dan Andrian mengaku bakal memanfaatkan momentum ini dengan baik.

"Mungkin menurut saya cukup punya kebanggaan tersendiri juga, saya bisa dilirik oleh klub Leganes, salah satu tim Liga 1 BBVA Spanyol. Ini bakal menjadi penunjang karir saya untuk semakin meningkat lagi, dan saya akan memanfaatkan ini dengan baik," kata Syukran.

"Menurut saya pengalaman selama satu tahun bersama tim Navalcalnero sudah cukup baik untuk modal saya bersama tim Leganes nanti. Selanjutnya saya akan terus belajar dan mengikuti alurnya dengan baik," timpal Andrian.

Suasana keberangkatan Syukran dan Andrian di Terminal 2D, Bandara Soekarno Hatta Tanggerang, Banten, Selasa (11/9/2018) malam, terasa spesial. Selain diantar oleh keluarganya, keduanya juga mendapat suntikan motivasi langsung dari legenda sepakbola Indonesia, Rully Nere yang juga menyempatkan datang.

"Saya kira ini sangat positif dan bagus sekali mereka dapat kesempatan ini, karena mereka ini adalah masa depan sepakbola kita. Mereka ini memang sangat berbakat, bahkan saya yang memilih mereka untuk Piala Menpora tahun lalu. Mereka juga salah satu pemain terbaik yang waktu itu mewakili DKI, dan juga pernah ikut timnas pelajar U-15, mereka ini adalah pemain-terbaik," tutur Rully Nerre.

"Pesan saya mereka harus benar-benar fokus mengikuti kompetisi di sana, ikuti seperti air mengalir, karena kompetisi adalah hal yang paling penting agar mereka semakin matang. Kita tahu kompetisi di spanyol sangat berkualitas, tentu bisa meningkatkan skill mereka, apalagi cara latihan disana sangat terprogram ini tentu sangat menunjang untuk karir mereka," imbuhnya.