FOLLOW US:


3 Pemain Arema yang Tak Tersentuh di Shopee Liga 1

15-07-2019 10:16

 | Aga Deta

3 Pemain Arema yang Tak Tersentuh di Shopee Liga 1
Arema FC © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Arema FC sudah memainkan enam pertandingan di kompetisi Shopee Liga 1 2019. Selama pertandingan tersebut, ada pemain yang tak pernah tersingkir dalam starting XI Singo Edan.

Tercatat hanya ada tiga pemain yang bisa melakukan hal itu. Hal ini berarti, tiga pemain ini punya stamina prima dan perannya sangat penting di lapangan. Mereka adalah Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi dan Makan Konate.

Tanpa mengesampingkan pemain lain, praktis kiprah dan kontribusi tiga pemain itu buat tim Arema cukup tinggi. Kendati, hingga pertandingan keenam tim Singo Edan baru mengumpulkan poin sembilan, hasil tiga kemenangan dan tiga kekalahan.

Arema saat ini berada di peringkat ke-10 di klasemen sementara. Posisi Arema tentu saja masih bisa naik, apalagi mereka masih memiliki dua sisa pertandingan.

Sebenarnya, masih ada pemain yang bisa juga masuk kategori ini, yakni gelandang Hendro Siswanto.

Namun pemain asal Tuban, Jawa Timur, itu diganti pada babak kedua pertandingan terakhir melawan Semen Padang (12/7/2019), sehingga pemain yang tak tergantikan menyisakan tiga nama saja.

Berikut ini kiprah serta kontribusi tiga pemain itu buat Arema dalam enam laga awal di Liga 1 2019.

1 dari 3

Hamka Hamzah

Hamka Hamzah
Hamka Hamzah © Bola.com/Iwan Setiawan

Usia Hamka Hamzah sudah 35 tahun. Tergolong uzur untuk ukuran pemain belakang. Namun, bek asal Makassar ini ternyata masih bisa bermain penuh dalam enam laga awal. Musim lalu dia bahkan punya rekor bermain penuh dalam 34 pertandingan.

Musim ini, Hamka ingin mencobanya kembali. Meski sudah mengantongi satu kartu kuning, dia akan coba melewati musim ini tanpa akumulasi kartu dan cedera.

"Musim ini saya sudah pemanasan di turnamen Piala Presiden. Bagaimana caranya harus bermain dalam jadwal padat. Dua bulan ini Arema juga dapat jadwal seperti turnamen. Jadi, rasanya sudah terbiasa," kata Hamka.

Namun, dia tidak memungkiri saat ini dia butuh waktu recovery yang agak lama karena usianya tidak muda lagi. Pemain angkatannya mayoritas bahkan sudah pensiun.

Musim ini, sebenarnya Hamka nyaris absen dalam satu pertandingan, yakni melawan Persipura Jayapura (4/7/2019). Ketika itu kondisinya masih belum pulih 100 dari cedera di bagian rahang dan samping kepala yang dialami saat melawan Tira Persikabo (29/6/2019). Namun, mantan pemain Sriwijaya FC ini tetap tampil dengan menggunakan helm pelindung.

Perannya di Arema tidak hanya sebagai palang pintu terakhir melainkan juga sebagai kapten tim yang bisa memberikan komando kepada pemain lain. Tak jarang dia jadi pembakar semangat ketika Arema sudah tertinggal karena dia sering maju menjadi striker dadakan.

2 dari 3

Ahmad Alfarizi

Ahmad Alfarizi
Ahmad Alfarizi © Fitri Apriani

Bek kiri binaan Akademi Arema ini memang punya stamina prima. Alfarizi jarang kehabisan tenaga dalam pertandingan sehingga pemain berumur 29 tahun ini tak tergantikan di awal musim. Hanya cedera dan akumulasi kartu yang biasanya jadi penghalang Alfarizi sebagai starter.

Dia absen dalam tiga pertandingan karena sekali akumulasi kartu dan sakit gejala tifus pada musim lalu.

Alfarizi terlihat lebih matang tahun ini. Dia baru menerima satu kartu kuning. Cara bermainnya juga tidak meledak-ledak seperti dua atau tiga tahun lalu. Maklum, kini usianya sudah di puncak keemasan pemain bola.

Untuk persoalan menjaga kondisi, Alfarizi sudah punya cara sendiri. Tak jarang dia menambah porsi latihan sendiri di rumahnya sehingga fisiknya masih di atas rata-rata pemain Arema.

Dia sadar posisi bermain di bek kiri butuh tenaga ekstra. Tugasnya tidak hanya menghalau serangan lawan, namun juga naik membantu serangan.

Dia berhasil menjalankan tugas itu dengan baik dalam lima tahun terakhir. Siapapun pelatih Arema sejak 2014, akan menaruhnya sebagai pemain inti di bek kiri.

3 dari 3

Makan Konate

Makan Konate
Gelandang Arema FC, Makan Konate, menggiring bola saat melawan Persebaya Surabaya pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Jumat (13/4). Arema FC menang 2-0 atas Persebaya. © Bola.com/Yo

Makan Konate tidak pernah diganti sejak gabung dengan Arema pada pertengahan musim silam. Konate juga selalu bermain di turnamen pramusim, Piala Presiden 2019.

Tidak menutup kemungkinan di akan bermain penuh dalam 34 pertandingan bersama Arema musim ini. Mantan pemain Persib Bandung ini tergolong tahan banting. Tak pernah cedera dan jarang menerima kartu.

Dia belum diganjar kartu oleh wasit sampai saat ini. Justru Konate yang sering dilanggar lawan.

"Program jaga kondisi yang bagus jadi kunci agar selalu prima dalam pertandingan," kata Konate.

Padahal dalam pertandingan, dia jadi salah seorang pemain yang paling banyak bergerak karena posisinya sebagai gelandang serang.

Sepertinya Konate memang dikaruniai fisik kuat seperti kebanyakan pemain asal Benua Afrika. Tahun ini, pemain 28 tahun itu sempat terlambat gabung latihan karena adiknya menikah di Mali.

Namun, hanya butuh waktu beberapa hari saja dia bisa menyetarakan kondisi fisiknya dengan pemain lain yang sudah latihan dua pekan saat pramusim.

Sumber: Bola.com