4 Pemain Berlabel Timnas Indonesia yang Diparkir Persija di Awal Musim BRI Liga 1: Riko Simanjuntak Masih Bagus Padahal

Serafin Unus Pasi | 25 Juli 2022 18:10
Skuat Persija Jakarta merayakan golnya ke gawang Persebaya Surabaya di pekan ke-25 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (14/02/2022) malam WIB. (c) BRI Liga 1 Official Twitter

Bola.net - Persija Jakarta mengawali BRI Liga 1 2022/2023 dengan kekalahan. Macan Kemayoran terkapar di kandang juara bertahan, Bali United.

Persija takluk 0-1 dari Bali United pada pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (23/7) malam WIB.

Gol kemenangan Serdadu Tridatu dicetak oleh Willian Pacheco melalui sundulan pada menit ke-39 memanfaatkan crossing Irfan Jaya.

Pelatih Persija, Thomas Doll memainkan banyak pemain muda pada pertandingan tersebut. Nama-nama seperti Muhammad Ferarri, Frengky Missa, hingga Resky Fandi menjadi starter.

Selain itu, Thomas Doll juga menurunkan Ginanjar Wahyu Ramadhani sampai Braif Fatari sebagai pengganti. Akan tetapi, pelatih asal Jerman itu memarkir empat pemain berlabel Timnas Indonesia.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

1. Riko Simanjuntak

BRI Liga 1: Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Thomas Doll membiarkan Riko duduk manis di bangku cadangan saat menghadapi Bali United. Winger berusia 30 tahun itu tidak dimainkan sama sekali.

Padahal, Riko mempunyai pergerakan, akselerasi, dan kecepatan untuk merepotkan lini belakang Bali United. Namun, Thomas Doll menghiraukannya.

Riko seolah membuktikan bahwa keputusan Thomas Doll salah. Mantan pemain Semen Padang itu mencetak dua gol dan membuat satu assist ketika Persija diimbangi Chonburi FC 3-3 dalam Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7).

2 dari 4 halaman

2. Hanif Sjahbandi

Hanif Sjahbandi (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Sama seperti Riko, Hanif Sjahbandi juga duduk manis selama 90 menit di bangku cadangan kala Persija kalah 0-1 dari Bali United.

Thomas Doll lebih memilih menduetkan Syahrian Abimanyu, Tony Sucipto, dan Resky Fandi di lini tengah Persija, dengan Braif Fatari sebagai pelapis.

Keesokan harinya, Hanif dimainkan Persija ketika menghadapi Chonburi FC. Gelandang berusia 25 tahun itu bermain baik ketika dipadukan bersama pemain muda.

3 dari 4 halaman

3. Rio Fahmi

Aksi Ilham Rio Fahmi saat berlatih bersama Timnas Indonesia di SEA Games 2021 (c) PSSI

Rio Fahmi sama sekali tidak bermain ketika Persija melawan Bali United. Namanya bahkan nihil dalam Daftar Susunan Pemain (DSP).

Padahal, Rio Fahmi masuk dalam skuad Persija yang dibawa ke Bali. Bek Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 itu diduga kurang fit untuk bermain.

Posisi Rio Fahmi di pos bek sayap kanan Persija diisi oleh Frengky Missa. Pemain berusia 18 tahun itu kerap kelabakan ketika berduel dengan Irfan Jaya.

4 dari 4 halaman

4. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Kasus Ryuji Utomo sama seperti Rio Fahmi. Bek berusia 27 tahun itu juga menghilang dalam DSP Persija saat kontra Bali United.

Nama Ryuji terdaftar dalam skuad Persija untuk melawan Bali dan diangkut ke Pulau Dewata. Tapi, bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 itu menghilang dari tim.

Ryuji kemungkinan tidak dalam kondisi bugar untuk bermain. Perannya waktu melawan Bali United digantikan oleh Muhammad Ferarri.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR