6 Calon Pelatih Baru Persib Bandung: Sosok yang Siap CLBK hingga Luis Milla

Ari Prayoga | 17 Agustus 2022 08:55
Persib Bandung (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Teka-teki mengenai siapa sosok yang menjadi pelatih baru Persib Bandung di BRI Liga 1 2022/2023 masih menjadi misteri. Ada beberapa kandidat yang patut dikedepankan.

Sebelumnya, Persib telah resmi berpisah dengan Roberts Alberts menyusul hasil buruk di awal musim. Budiman Yunus pun ditunjuk menjadi pelatih sementara sembari menunggu juru taktik anyar merapat.

Ada beberapa pelatih yang dirumorkan akan ke Persib, di antaranya Paul Munster asal Irlandia Utara, Mario Gomez asal Argentina, Luis Milla asal Spanyol, Kim Do-hoon asal Korea Selatan, Benjamin Mora dari Meksiko, dan Rodrigo Santana asal Brasil.

Beberapa pelatih asing itu kabarnya ada yang langsung dihubungi oleh manajemen Persib Bandung, ada pula yang melamar langsung ke PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).

1 dari 8 halaman

Segera Mengumumkan Pelatih Baru

Persib Bandung (c) Bola.net

Siapa yang pantas menjadi nakhoda Maung Bandung? Tentu ini menjadi pilihan berat bagi manajemen Persib Bandung untuk menentukan sang nakhoda di BRI Liga 1 2022/2023.

Terlebih tuntutan bobotoh setiap musimnya selalu tinggi. Robert Alberts bukan satu-satunya pelatih yang tumbang di tengah jalan akibat desakan dari ribuan bobotoh.

Manajemen Persib dalam hal ini, PT PBB, berjanji akan segera mengumumkan sosok pelatih baru Maung Bandung musim ini. Namun, seorang petinggi PT PBB menyebutkan arsitek yang menggantikan posisi Robert Alberts masih produk luar negeri.

Dari sekian pelatih asing yang dirumorkan bakal ke Persib, Bola.net mencoba menilik sepak terjang sosok pelatih asing tersebut:

2 dari 8 halaman

Paul Munster (Irlandia Utara)

Paul Munster (c) Bola.net/Fitri Apriani

Mantan pelatih Bhayangkara FC asal Irlandia Utara itu ramai dirumorkan sebagai sosok pelatih yang tepat mengisi posisi kepelatihan Persib Bandung yang ditinggal Robert Alberts.

Selain sudah memiliki pengalaman melatih klub di Tanah Air, Paul Munster juga masih muda dan telah memiliki lisensi UEFA Pro. Terlebih pelatih berusia 40 tahun ini kabarnya belum memiliki klub setelah keluar dari Bhayangkara FC.

Sebelum berkarier di Indonesia, Paul Munster pernah menjadi pelatih Timnas Vanuatu dan pernah menjadi pelatih di tim Liga India, Minvera Punjab FC.

3 dari 8 halaman

Mario Gomez (Argentina)

Roberto Carlos Mario Gomez (c) Mustopa El Abdy

Pelatih bernama lengkap Roberto Carlos Mario Gomez ini tentu sudah tidak asing lagi dengan tim Persib Bandung. Maklum, sosoknya pernah menjadi arsitek Maung Bandung pada musim 2017 hingga 2018.

Pengalamannya sebagai pelatih memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Setelah keluar dari Persib, Mario Gomez sempat berlabuh di Borneo FC, Arema FC, dan kemudian pulang ke Argentina untuk menangani Deportivo Armenio.

Namun, kabarnya saat ini pelatih berusia 65 tahun itu sedang menganggur alias tidak menjadi pelatih di klub mana pun. Mario Gomez sendiri sempat menyatakan kerinduan terhadap Persib. Sinyal itu diberikan ketika ramai tuntutan mundurnya Robert Alberts dari Persib.

"Saya memiliki banyak kenangan yang indah dengan Persib. Saya juga sangat merindukan bobotoh yang fantastis dalam memberikan dukungan," ucap Gomez.

4 dari 8 halaman

Luis Milla (Spanyol)

Luis Milla (c) Inasgoc/Antara

Pelatih berusia 56 tahun ini juga disebut-sebut menjadi bidikan PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) untuk mengisi kursi kepelatihan Persib Bandung pada musim ini.

Luis Milla memang belum pernah menjadi pelatih klub asal Indonesia. Namun, racikannya dalam membangun sebuah klub tentu tidak diragukan lagi, terlebih mantan pemain Timnas Spanyol ini memiliki pengalaman sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 2017 hingga 2018.

Luis Milla ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 21 Januari 2017, menggantikan Alfred Riedl. Sayangnya, bersama Timnas Indonesia, Luis Milla gagal mengukir prestasi dan pada 2018 kontraknya tak dilanjutkan oleh PSSI.

Sosok Luis Milla pun dekat dengan seorang pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi. Kabarnya, Luis Milla senang dengan kemampuan pemain yang karib disapa Bow itu.

5 dari 8 halaman

Kim Do-hoon (Korea Selatan)

Suporter Persib Bandung (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pelatih berusia 52 tahun asal Korea Selatan ini merupakan pelatih yang dirumorkan bakal merapat ke Persib Bandung. Kim Do-hoon memang belum memiliki pengalaman menangani tim asal Indonesia.

Namun, sepak terjangnya sebagai pelatih sudah tidak diragukan lagi. Ia sempat menjadi assiten pelatih Timnas Korea Selatan U-29 pada 2014, pelatih Incheon United pada 2015 hingga 2016, pelatih Ulsan Hyundai pada 2017 hingga 2021, dan pelatih Lion City Sailors pada 2021.

Bahkan dalam dua tahun melakoni Liga Singapura, Kim Do-hoon membawa Lion City Sailors di Liga Singapura pada musim 2021. Kabar Kim Do-hoon ke Persib pun makin kencang. Bahkan dikabarkan sudah mulai melakukan negosiasi harga bersama seorang petinggi PT PBB.

Sebelum terjun sebagai pelatih, ia merupakan seorang pemain Timnas Korea Selatan U-23 (2000), Korea Selatan B (1993), dan pemain Timnas Korea Selatan (1994-2003).

6 dari 8 halaman

Benjamin Mora (Meksiko)

Persib Bandung (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Mantan pelatih Johor Darul Ta'zim ini juga ramai dirumorkan akan menjadi pilihan Persib Bandung untuk menggantikan Robert Alberts sebagai pelatih.

Sama dengan Kim Do-hoon, Mora belum pernah merasakan atmosfer sepak bola Indonesia. Namun, pengalamannya sebagai juru racik sebuah klub cukup menjanjikan.

Ia banyak menghabiskan waktu sebagai pelatih di Malaysia, di mana ia pernah menjadi pelatih tim besar asal Malaysia, yakni Johor Darul Ta'zim sejak 2015 hingga 2022.

Bersama JDT, Mora berhasil membawa juara dua kali, yakni juara Piala Super Malaysia pada 2021 dan 2022. Selain itu, juga menjadi juara Liga Malaysia pada 2021.

Belum jelas apakah Mora benar akan merapat ke tubuh Maung Bandung? Satu yang pasti kabarnya saat ini Mora menjadi pelatih Selangor FC, Malaysia.

7 dari 8 halaman

Rodrigo Santana (Brasil)

Pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers (c) Bola.com/Muhammad Faqih

Pelatih bernama lengkap Rodrigo Marques de Santana asal Brasil ini juga disebut-sebut menjadi bidikan PT PBB untuk mengisi kursi kepelatihan Persib Bandung pada musim ini.

Pelatih berusia 40 tahun itu memang memiliki segudang pengalaman sebagai pelatih di negaranya, Brasil. Ia menjadi pelatih sejak 2010 hingga 2021.

Terakhir, ia menangani tim Confianca, Brasil yakni pada 2021 setelah dipecat pada 26 Juli 2021 lantaran Confiana yang melakoni Serie B berada di posisi terakhir.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR