FOLLOW US:


6 Klub Indonesia yang Pernah Main di Jepang, Tuan Rumah Olimpiade 2020

23-07-2021 21:49

 | Serafin Unus Pasi

6 Klub Indonesia yang Pernah Main di Jepang, Tuan Rumah Olimpiade 2020
Persija kalahkan Persib di leg pertama final Piala Menpora 2021 © Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Olimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka Jumat (23/7/2021). Pesta olahraga dunia empat tahunan itu harus tertunda satu tahun karena pandemi COVID-19.

Jepang sebagai tuan rumah menyambut seluruh atlet dengan protokol kesehatan (protkes) yang ketat. Protkes diberlakukan demi menjamin kesehatan dan keselamatan semuanya.

Bicara soal Jepang, klub Indonesia juga punya sejarah bermain di sana. Tidak hanya satu atau dua, tetapi ada enam tim yang pernah tampil di Negeri Matahari Terbit itu.

Ajang yang diikuti enam klub tersebut ketika di Jepang adalah Liga Champions Asia. Ada yang bermain di Saitama, Osaka, Kashima, hingga Kawasaki.

Cabang olahraga (cabor) sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 juga memakai banyak stadion. Tidak hanya di Ibu Kota Tokyo, tetapi juga daerah lainnya.

Kota di Jepang yang dipakai untuk menggelar pertandingan cabor sepak bola adalah Tokyo, Saitama, Yokohama, Kashima, Rifu, hingga Sapporo. Beberapa kota tersebut juga pernah digunakan klub asal Indonesia.

Lantas, enam tim Indonesia mana saja yang pernah bermain di Jepang? Berikut daftarnya seperti dirangkum Bola.net dari berbagai sumber.

1 dari 6

1. Persija Jakarta

1. Persija Jakarta
Skuad Persija merayakan gol Osvaldo Haay ke gawang Persib dalam partai final leg kedua Piala Menpora, Minggu (25/4/2021) © Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Sebagai juara Liga Indonesia 2001, Persija berhak tampil di Kejuaraan Klub Asia 2001/2002. Namun, tim berjuluk Macan Kemayoran itu harus lewat kualifikasi terlebih dahulu.

Nah, lawan yang dihadapi Persija ketika itu adalah Kashima Antlers. Pertandingan kedua tim seharusnya berlangsung dua leg.

Namun, hanya digelar satu leg saja di Kashima dengan Persija sebagai tim tamu kalah 1-4. Kashima Antlers menolak tampil di Jakarta pada leg kedua karena situasi keamanan Ibu Kota yang mengkhawatirkan.

2 dari 6

2. Persik Kediri

2. Persik Kediri
Persik Kediri © Bola.com/Gatot Susetyo

Gelar juara Liga Indonesia 2003 mengantarkan Persik lolos ke Liga Champions Asia 2004. Tim berjuluk Macan Putih itu bahkan langsung masuk babak utama Grup G.

Salah satu lawan yang dihadapi Persik di grup tersebut adalah Yokohama F. Marinos. Pada 24 Februari 2004, Macan Putih bertandang ke Yokohama dan kalah telak 0-4.

Di Liga Champions Asia 2007, Persik juga kembali ke Jepang untuk bersua Urawa Red Diamons, salah satu lawan di Grup E. Hasilnya, Macan Putih kalah 0-3.

3 dari 6

3. PSM Makassar

3. PSM Makassar
PSM vs Persija di leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 © Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun

Pada 25 Mei 2005, PSM melakoni laga tandang ke markas Yokohama F. Marinos. Pertandingan ini merupakan babak penyisihan Grup F Liga Champions Asia 2005.

Ketika itu, PSM kalah 0-3 dari Yokohama F Marinos. Duel ini juga merupakan laga terakhir fase Grup F.

Di Liga Champions Asia 2005, PSM hanya mengoleksi satu poin, hasil imbang melawan BEC Tero di Makassar. Sisanya berakhir dengan kekalahan, termasuk saat menjamu Yokohama F Marinos di Makassar.

4 dari 6

4. Arema FC

4. Arema FC
Duel Arema FC vs PSIS Semarang di matchday 3 Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/03/2021) malam WIB. © Bola.com/Ikhwan Yanuar

Sejak era Liga Champions Asia, Arema FC sudah dua kali tampil di Jepang. Masing-masing pada musim 2007 dan 2011.

Saat Liga Champions Asia 2007, Arema FC bertandang ke markas Kawasaki Frontale. Hasilnya, tim berjuluk Singo Edan itu kalah 0-3 dari tuan rumah.

Lalu ketika Liga Champions Asia 2011, Arema FC menyambangi kandang Cerezo Osaka. Hasilnya, tim asal Malang itu takluk 1-2.

5 dari 6

5. Sriwijaya FC

5. Sriwijaya FC
Sriwijaya FC © Mustopa El Abdy

Pada Liga Champions Asia 2009, Sriwijaya FC mewakili Indonesia sebagai juara Divisi Utama 2007/2008. Tim berjuluk Laskar Wong Kito itu masuk Grup F, di mana salah satu lawannya adalah Gamba Osaka.

Alhasil, Sriwijaya FC juga punya jadwal ke Jepang untuk menantang Gamba Osaka. Momen itu terjadi pada 8 April 2009, di Stadion Osaka Expo '70, Suita.

Hasil pertandingan ketika itu berpihak ke Gamba Osaka. Sriwijaya FC kalah telak dengan skor 0-5.

6 dari 6

6. Persipura Jayapura

6. Persipura Jayapura
Persipura Jayapura © Bola.com/Vincentius Atmaja

Kashima Soccer Stadium menjadi saksi bisu kekalahan telak 0-5 Persipura dari Kashima Antlers. Laga itu berlangsung pada 24 Maret 2010.

Pertandingan tersebut merupakan babak penyisihan grup Liga Champions Asia 2010. Persipura masuk Grup F bersama Kashima Antlers, Jeonbuk Hyundai Motors, dan Changchun Yatai.

Di akhir fase grup Liga Champions Asia 2010, Persipura menjadi juru kunci. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu hanya memetik satu kemenangan atas Changchun Yatai di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

(Bola.net/Fitri Apriani)