FOLLOW US:


7 Eks Bintang Persib Bandung yang Kini Bermain di Liga 2

12-10-2021 12:26

 | Gia Yuda Pradana

7 Eks Bintang Persib Bandung yang Kini Bermain di Liga 2
Suporter Persib Bandung © Bola.com/Aditya Wani

Bola.net - Banyak pemain bintang yang levelnya masih pantas bermain di Liga 1, tetapi musim ini memutuskan beredar di kasta kedua, Liga 2. Dari sekian banyak nama, ada beberapa yang merupakan mantan pilar Persib Bandung.

Kompetisi Liga 2 musim ini memang punya daya tarik tersendiri buat para pemain. Hal itu tak lepas dari kemampuan finansial beberapa klub yang mulai stabil.

Berkat masuknya pemodal baru dari kalangan artis, pengusaha, hingga anak pejabat, kini klub kasta kedua berani memberi jaminan nilai kontrak tinggi. Plus, paling penting adalah gaji yang lancar.

Persib yang dikenal sebagai tim kosmopolitan atau gemar mengumpulkan bintang memberi label tersendiri buat para mantan pemainnya. Mereka sekarang laku direkrut tim Liga 2 untuk turut andil dalam menggapai prestasi.

Lantas, siapa saja eks bintang Persib yang sekarang ada di klub Liga 2? Berikut ulasan tujuh mantan penggawa Maung Bandung yang bermain di kasta kedua.

1 dari 7

Airlangga Sucipto (Mitra Kukar)

Airlangga Sucipto (Mitra Kukar)
Airlangga Sucipto ketika di Persib Bandung © Bola.com/Asprilla Dwi Adha

Meski usianya sudah 35 tahun, tapi Airlangga Sucipto masih laku bermain di salah satu klub besar Liga 2, yaitu Mitra Kukar. Pengalamannya di klub papan atas Tanah Air terbilang banyak.

Satu di antaranya ketika lama memperkuat Persib, tepatnya pada 2008 hingga 2013. Airlangga yang bermain sebagai striker saat membela Maung Bandung dalam kurun itu mencatat 107 pertandingan.

Ia sempat bermain di Persib lagi pada 2018. Tetapi, Airlangga Sucipto mulai kalah bersaing dengan pemain yang lebih muda.

2 dari 7

Zulham Zamrun (PSG Pati)

Zulham Zamrun (PSG Pati)
Zulham Zamrun © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Zulham Zamrun merupakan bagian dari sukses Persib menjuarai Piala Presiden 2015. Ia sekarang memperkuat PSG Pati yang bermain di Liga 2.

Di Piala Menpora 2021 kemarin, Zulham Zamrun sempat bermain untuk Persib lagi. Tetapi jelang BRI Liga 1 2021/2022 bergulir, ia memilih menerima tawaran bermain di PSG Pati, walaupun kasta kedua.

Zulham Zamrun sekarang berusia 33 tahun. Pemain kelahiran Ternate ini masih bisa bersaing di posisi penyerang sayap.

3 dari 7

Atep (Babel United)

Atep (Babel United)
Mantan kapten Persib Bandung, Atep © Bola.com/Erwin Snaz

Atep pernah menjadi ikon Persib, yang dibuktikan dengan ban kapten selama beberapa musim. Pemain yang identik dengan nomor punggung 7 ini memperkuat Maung Bandung selama 10 tahun, mulai 2008 sampai 2018.

Total, 227 pertandingan dicatatkannya sepanjang membela Persib. Sekarang, Atep hijrah ke Muba Babel United dan sebelumnya pernah di PSKC Cimahi.

4 dari 7

Jajang Sukmara (Dewa United)

Jajang Sukmara (Dewa United)
Jajang Sukmara saat membela Persib Bandung © Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Rekam jejak di Persib dicatatkan pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini pada 2011 hingga 2017. Jadi, Jajang Sukmara merupakan bagian dari tim Persib saat juara Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Piala Presiden 2015.

Karier bersama Persib dulu memberi nilai positif, karena selepas itu ia laris direkrut tim besar seperti Barito Putera (2018) dan PSS Sleman (2019). Namun pada musim ini, Jajang Sukmara memutuskan bermain di Liga 2 bersama klub yang memiliki kemampuan finansial bagus, yaitu Dewa United.

5 dari 7

Shahar Ginanjar (Dewa United)

Shahar Ginanjar (Dewa United)
Shahar Ginanjar © Bola.net/Fitri Apriani

Kiper asal Purwakarta ini tidak akan lupa dengan prestasi yang pernah didapat ketika memperkuat Persib. Hanya tiga tahun membela Maung Bandung, tetapi dapat gelar ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.

Shahar Ginanjar kemudian pindah ke tim lain karena kadang hanya jadi kiper pelapis di Persib. Sekarang bersama Dewa United di Liga 2, ia menjadi andalan.

6 dari 7

Ghozali Siregar (PSMS Medan)

Ghozali Siregar (PSMS Medan)
Ghozali Siregar © Bola.com/Nick Hanoatubun

Pemain yang bermain di posisi sayap ini pernah mengisi tempat reguler Persib pada 2018-2020. Permainannya yang cepat dan taktis, kerap menuai pujian dari Bobotoh.

Musim ini, Ghozali Siregar memutuskan menerima pinangan dari PSMS Medan yang bermain di Liga 2. Perjalanannya bersama Persib dulu membuatnya menjadi andalan Ayam Kinantan untuk merebut tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

7 dari 7

Ferdinand Sinaga (Persis Solo)

Ferdinand Sinaga (Persis Solo)
Ferdinand Sinaga © Liputan6.com/Helmi Fithtriansyah

Ferdinand Sinaga mengambil kesempatan untuk bermain di Persis Solo. Padahal pada Piala Menpora 2021 kemarin, ia sempat menjadi andalan Persib.

Pada 2013 hingga 2014, Ferdinand Sinaga juga pernah bermain untuk Maung Bandung. Satu gelar juara didapat adalah ISL 2014, dan sekarang ingin membawa Laskar Samber Nyawa promosi ke Liga 1.

(Bola.net/Fitri Apriani)