FOLLOW US:


Ada Klub Tunggak Gaji, Menpora Singgung Pentingnya Kontrol Verifikasi Klub

15-08-2017 00:37
Ada Klub Tunggak Gaji, Menpora Singgung Pentingnya Kontrol Verifikasi Klub
Imam Nahrawi © Fitri Apriani

Bola.net - Sejumlah klub di Liga 1 dikabarkan telat membayarkan gaji pada para pemainnya. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi pun menyatakan hal itu tidak akan terjadi apabila klub-klub terverifikasi dengan baik.

Sebagaimana diketahui, tim-tim peserta Liga 1 sudah menjalani semua laga di paruh pertama. Namun, ada kabar bahwa sejumlah klub mengalami kesulitan finansial dan ada yang sampai harus menunggak gaji para pemainnya.

"Ya kita tidak ingin berandai andai bahwa ini menjadi bagian dari kegagalan ataupun dari soal-soal yang perlu dikritisi. Tetapi pengalaman dari tahun-tahun kemarin, liga-liga kemarin itu harus menjadi catatan penting bagi federasi agar tidak terulang lagi," ujar Imam di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (14/8/2017).

"Makanya kontrol verifikasi dari awal akan kesehatan klub itu penting. Dimana sesungguhnya finansialnya, sponsornya, dan disinilah butuh transparansi, sehingga kemudian pemain tidak jadi sasaran dan jadi korban," sambungnya.

Pada awal kompetisi musim ini, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator dengan dorongan dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sudah melakukan verifikasi terhadap klub-klub peserta. Namun, sempat terungkap bahwa tak semua proses verifikasi itu dilakukan secara menyeluruh.

Imam kemudian memberikan sedikit masukan agar di kemudian hari hak para pemain bisa terlindungi. Contohnya dalam kontrak pemain harus tertera poin-poin yang benar-benar bisa menjamin mereka mendapatkan haknya dan apa konsekuensi jika kontrak tersebut dilanggar klub maupun sebaliknya.

"Makanya dari awal harus jelas kontraknya itu. Kontrak pemain dengan klub harus betul-betul mengikat dan pemain juga punya itu. Ini harus dikuatkan secara legal bilamana salah satunya mengingkari, maka harus dilakukan upaya-upaya lebih dari itu," tandasnya.