FOLLOW US:


Akan Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021, Kemenpora Prihatin dengan Kerusuhan Suporter di GBT

30-10-2019 19:59

 | Dimas Ardi Prasetya

Akan Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021, Kemenpora Prihatin dengan Kerusuhan Suporter di GBT
Gatot S Dewa Broto © Fitri Apriani

Bola.net - Kerusuhan yang terjadi usai laga antara Persebaya Surabaya melawan PSS Sleman pada pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (29/10/2019), tak luput dari perhatian Kementerian Pemuda dan Olaharaga (Kemenpora). Kejadian tersebut sangat disesali oleh Kemenpora.

Hal itu dikarenakan kerusuhan tersebut mengakibatkan sejumlah fasilitas di lapangan rusak, seperti e-board, bench pemain, jala gawang, tunnel, dan sebagainya. Padahal, Stadion GBT merupakan salah satu kandidat venue untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Tentu saja kita prihatin atas kejadian tadi malam. Yang namanya kericuhan itu kan ada dua, pertama kericuhan yang internal karena kekecewaan, seperti yang kemarin di PSIM Yogyakarta. Lalu yang kedua kericuhan antar suporter, ini yang sering terjadi," ujar Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"Tapi apapun bentuknya, kami tentunya prihatin dan sesalkan. Apalagi GBT itu merupakan salah satu stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021. Nanti pertengahan November FIFA mau datang inspeksi," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Meminta Bertanggung Jawab

Oleh sebab itu, Gatot meminta kepada Persebaya dan pendukungnya untuk bertanggung jawab. Peringatan ini juga diberikan kepada tim-tim lain.

"Kalau recovery fisik stadion mungkin tidak sulit, yang sulit itu recovery image. Makanya kami minta kepada Persebaya dan suporternya untuk menunjukkan tanggung jawab. Ini juga berlaku untuk suporter klub lain-lainnya," imbuh Gatot.

Adapun sebelumnya, suporter tuan rumah mengamuk dan menyerbu ke dalam lapangan sesaat setelah peluit panjang dibunyikan wasit. Mereka melakukan invasi menyusul kekalahan 2-3 Persebaya dari PSS Sleman.

(Bola.net/Fitri Apriani)