FOLLOW US:


Angka-angka Menarik dari Pagelaran Piala Menpora 2021

28-04-2021 14:34

 | Yaumil Azis

Angka-angka Menarik dari Pagelaran Piala Menpora 2021
Arema FC dan Persikabo 1973 memasuki Stadion Manahan Solo dalam pembukaan Piala Menpora 2021 © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Piala Menpora 2021 telah berakhir. Kompetisi pramusim yang satu ini berhasil mengobati kerinduan masyarakat Indonesia akan aksi-aksi para pemain hebat Indonesia di atas lapangan.

Persija Jakarta keluar sebagai juara turnamen pramusim ini, setelah mengalahkan Persib Bandung dengan agregat 4-1.

Piala Menpora 2021 terbilang sukses digelar. Terlepas dari ketidakikutsertaan Persipura Jayapura, tujuan utama digelarnya turnamen ini adalah sebagai test case dan hiburan buat rakyat Indonesia yang sudah rindu sajian sepak bola terbaik Tanah Air.

Piala Menpora juga menjadi ajang percontohan pertandingan sepak bola di tengah pandemi. Ini akan menjadi tolok ukur untuk penyelenggaraan Liga 1.

Protokol kesehatan dijalankan secara teratur dan ketat, tidak ada laporan COVID-19 selama perhelatan, dan animo masyarakat dengan acuan rating tv tinggi menunjukkan bahwa Piala Menpora 2021 berjalan lancar.

Namun, ada satu catatan penting, yakni suporter yang masih harus menahan diri untuk tidak melanggar protokol kesehatan dan berbuat rusuh.

Berikut ini rangkuman berbagai catatan dan informasi dari Piala Menpora yang tersaji dalam angka-angka berikut ini.

1 dari 2

Piala Menpora dalam Angka

365+5 hari

Piala Menpora 2021 dibuka pada 21 Maret, ditandai dengan duel Arema FC Vs Persikabo 1973 di Stadion Manahan, Solo. Pertandingan ini jadi sejarah kembalinya sepak bola Tanah Air setelah setahun lebih atau 370 hari vakum akibat pandemi COVID-19.

17 klub

Piala Menpora 2021 diikuti 17 klub Liga 1 2020. Hanya satu kontestan Liga 1 yang absen dalam ajang ini, yakni Persipura.

4 Venue

Piala Menpora 2021 digelar di empat venue. Babak penyisihan grup digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Maguwoharjo, Sleman.

4 Gol

Top scorer Piala Menpora mencetak 4 gol, yakni striker Persiraja Banda Aceh yang sudah pindah ke Persis Solo, Assanur Rijal Torres. Ia merupakan satu-satunya pemain yang mencetak hat-trick.

2 dari 2

Piala Menpora dalam Angka

12 kartu kuning

Pertandingan PSM Makassar versus Persija Jakarta pada leg pertama semifinal mencetak rekor kartu kuning, yakni 12. Total 12 kartu kuning dan satu kartu merah yang diobral Hamim Tohari mencetak rekor di Piala Menpora. Akibat hobinya bagi-bagi kartu, partai PSM kontra Persija menjadi pendulang kartu kuning terbanyak.

3 adu penalti

Ada tiga pertandingan fase gugur yang harus ditentukan lewat adu penalti, yakni pada perempat final PSIS Semarang Vs PSM Makassar (PSM menang), PSS Sleman Vs Bali United (PSS menang), dan semifinal leg kedua PSM Makassar Vs Persija Jakarta (Persija menang).

5 Gol di final

5 Gol tercipta pada laga final Piala Menpora antara Persija Jakarta versus Persib Bandung. Pada leg pertama, Persija menang 2-0. Kemudian pada leg kedua, tim Macan Kemayoran menang 2-1 dan memastikan gelar juara.

Disadur dari: Bola.com (Wiwig Prayugi)

Diunggah pada: 28 April 2021